Metode Kerja Serta Bagian- Bagian Dalam Kulkas

  • Ahli Teknik HVAC
  • Sep 29, 2022

Di era saat ini, lemari es ataupun kulkas telah jadi salah satu kebutuhan yang wajib dipunyai tiap warga modern. Kulkas berperan buat menaruh bahan santapan supaya senantiasa awet serta tidak membusuk. Banyak produsen- produsen kulkas, semacam LG, Toshiba, Sharp, ataupun Panasonic berlomba- lomba buat membuat inovasi- inovasi baru. Tetapi bisa jadi banyak yang tidak ketahui gimana metode kerja kulkas itu sendiri. Berikut ini uraian menimpa metode kerja kulkas:

Bagian- bagian kulkas:

Saat sebelum mengenali metode kerja kulkas, terdapat baiknya kita memahami bagian- bagian kulkas terlebih dulu. Kulkas mempunyai 9 bagian ataupun komponen utama, ialah:

Kompresor

Kompresor ialah bagian sangat berarti dari kulkas. Kompresor mempunyai guna buat memompa bahan pendingin( refrigerant) ke segala bagian kulkas.

Kondensor

Kondensor merupakan perlengkapan penukar kalor buat mengganti bentuk gas bahan pendingin pada temperatur serta tekanan besar jadi bentuk cair. Tipe kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas dikala ini merupakan kondensor dengan pendingin hawa. Yang digunakan pada sistem refrigrasi kulkas kecil ataupun lagi. Kondensor semacam ini mempunyai wujud yang simpel serta tidak membutuhkan perawatan spesial. Dikala lemari es bekerja kondensor hendak terasa hangat apabila dipegang.

Filter

Filter( saringan) bermanfaat menyaring kotoran yang bisa jadi terbawa aliran bahan pendingin sehabis melaksanakan perputaran. Sehingga tidak masuk kedalam kompresor serta pipa kapiler. Tidak hanya itu, bahan pendingan yang hendak disalurkan pada proses selanjutnya lebih bersih sehingga bisa meresap kalor lebih optimal.

Evaporator

Evaporator berperan meresap panas dari barang yang di masukkan kedalam kulkas. Setelah itu evaporator menguapkan bahan pendingin buat melawan panas serta mendinginkannya. Cocok gunanya evaporator merupakan perlengkapan penguap bahan pendingin supaya efisien dalam meresap panas serta menguapkan bahan pendingin, evaporator terbuat dari bahan logam anti karat, ialah tembaga serta almunium.

Thermostat

Thermostat mempunyai banyak istilah antara lain temperatur kontrol serta cool control. Apapun sebutannya, thermostat berperan mengendalikan kerja kompresor secara otomatis bedasarkan batas temperatur pada tiap bagian kulkas. Thermostat umumnya diucap saklar otomatis yang bekerja bersumber pada pengaturan temperatur. Bila temperatur evaperator cocok dengan pengatur temperatur thermostat, secara otomatis thermostat hendak memutuskan listrik ke kompresor.

Heater

Nyaris totalitas kulkas nofrost serta sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas( heater). Pemanas berperan mencairkan bunga es yang ada di evaporator. Tidak hanya itu, pemanas bisa menghindari terbentuknya penumpukan bunga es pada bagian rak es serta rak penyimpan buah di dasar rak es.

Fan Motor

Fan motor ataupun kipas angin bermanfaat buat menghembuskan angin. Ada 2 tipe fan yang ada pada kulkas:

Fan motor evaporator

Berperan menghembuskan hawa dingin dari evaporator keseluruh bagian rak( rak es, sayur, serta buah).

Fan motor kondensor

Kipas angin ini diletakkan pada bagian dasar kulkas yang mempunyai kondensor yang berdimensi kecil. Kipas angin ini berperan mengisap ataupun mendesak hawa lewat kondensor serta kompresor. Tidak hanya itu, berperan pula buat mendinginkan kompresor.

Overload Motor Protector

Ialah komponen pengaman yang posisinya menyatu dengan halte kompresor. Metode kerjanya seragam dengan saklar yang bisa menyambung serta memutus arus listrik. Perlengkapan ini bisa melindungi komponen kelistrikan dari kehancuran akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi arus acuan wajar.

Refrigerant

Refrigerant merupakan zat yang gampang diganti bentuknya dari gas jadi cair maupun kebalikannya. Tipe bahan pendingin sangat bermacam- macam. Tiap tipe bahan pendingin mempunyai ciri yang berbeda.

Ciri dari refrigerant:

  • Tidak beracun, bercorak, serta berbau
  • Bukan tercantum bahan yang gampang dibakar.
  • Bukan pemicu korosif
  • Bisa bercampur dengan minyak pelumas kompresor
  • Mempunyai struktur kimia yang stabil
  • Mempunyai titik didih yang rendah
  • Mempunyai tekanan kondensasi yang rendah
  • Mempunyai tingkatan penguapan yang rendah
  • Mempunyai kalor laten yang rendah
  • Mempunyai harga yang relatif murah

Metode Kerja Kulkas

Sistem kerja lemari es diawali dari bagian kompresor selaku jantung kulkas yang berperan selaku tenaga penggerak. Pada dikala dialiri listrik, motor kompresor hendak berbalik serta membagikan tekanan pada bahan pendingin.

Bahan pendingin yang berwujud gas apabila diberi tekanan hendak jadi gas yang bertekanan serta bersuhu besar.

Dengan bentuk semacam itu, membolehkan refrigerant mengalir mengarah kondensor. Serta disaring oleh Dryer/ Filter. Pada titik kondensasi, gas tersebut hendak mengembun serta kembali jadi bentuk cair, Refrigerant cair bertekanan besar hendak terdorong mengarah pipa kapiler. Dengan begitu refrigerant hendak naik ke evaporator akibat tekanan kapilaritas yang dipunyai oleh pipa kapiler.

Dikala terletak di dalam evaporator, refrigerant cair hendak menguap serta bentuknya hendak kembali jadi gas yang mempunyai tekanan serta temperatur yang sangat rendah. Akibat dari proses tersebut, hawa yang terletak di dekat evaporator hendak jadi bersuhu rendah serta kesimpulannya terkondensasi jadi bentuk cair. Pada keadaan yang kesekian hendak membolehkan hawa tersebut hendak mengeras serta hendak jadi butiran- butiran es. Perihal tersebut terjalin pada barang maupun air yang dengan terencana diletakkan pada dekat evaporator.

Perawatan kulkas:

Supaya lemari es di rumah dapat bertahan lebih lama, hendaknya kita melaksanakan sebagian perihal berikut ini. Dengan begitu kita bisa mengirit pengeluaran kamu buat pembelian baru ataupun revisi di tempat servis/ reparasi fitur elektronik. Inilah kiat panduan serta trik menjaga/ membuat awet kulkas( lemari es) kita:

1. Jauhi sangat lama membuka pintu kulkas supaya hawa dingin tidak banyak berhembus keluar sehingga mesin tidak bekerja sangat keras.

2. Masukkan beberapa barang seperlunya tidak kelewatan supaya mesin kulkas gampang mendinginkan ruangan dalam kulkas.

3. Jauhi dari cahaya matahari langsung ataupun dekat dengan benda- benda yang menghasilkan panas. Bila mau memasukkan santapan hendaknya tidak dalam temperatur panas, tunggu sampai temperatur tidak panas.

4. Set temperatur lemari es cocok kebutuhan, jangan diset sangat dingin bila tidak butuh supaya mesin pendingin tidak dituntut bekerja teralu keras dan bisa mengirit bayaran listrik.

5. Bilas kulkas dengan spon ataupun lap lembut dan air hangat. Bila ada kembang es/ bunga es/ batu es di bilik lemari es jangan memakai barang tajam ataupun barang keras, lumayan matikan kulkas, buka pintu kulkas serta tunggu es mencair wajar.

6. Letakkan lemari es tidak melekat di bilik ialah beri jarak kurang lebih 15 centimeter. Pakai bonus roda kulkas bila tidak terdapat rodanya supaya lebih gampang memindahkan serta mensterilkan kulkas.

7. Bilas kulkas secara teratur/ berkala terdapat bagian balik ialah kondensor serta lain- lain supaya tidak banyak debu serta kotoran yang melekat sehingga mesin lemari es gampang melepas panas/ kalor.

8. Simpan kartu garansi lemari es kamu serta mendatangi pusat service formal bila hadapi kendala dikala masih garansi. Jalani petunjuk serta larangan pada novel panduan produk kulkas kamu supaya klaim garansi kamu diterima tanpa permasalahan.

Membetulkan kulkas:

Buat membetulkan kulkas dalam perihal ini sangat butuh kesabaran serta ke hati- hatian dalam pengerjaanya sebab meski pipa kapiler telah di ubah dengan yang baru tetapi apabila salah dalam pengisian freon kulkas pula dapat menimbulkan pipa kapiler ini hendak mampet kembali, Apabila terjalin kebuntuan pada pipa kapiler bisa di obati dengan metode flushing Pipa kapiler kulas, fushing ini universal di jalani buat mensterilkan jalan sirkuit pada mesin pendingin semacam AC, KULKAS Dll.

Metode penggantian pipa kapiler kulkas memanglah sangat susah di jalani untuk yang belum ketahui, Banyak sekali orang yang ketahui tetapi sedikit yang ingin kasih ketahui*kasih tempe teruss* tetapi kalao telah ketahui sih sesungguhnya gampang sekali, sebab posisi/ penempatan pipa kapiler kulkas ini ngumpet di dalam body kulkas.

  • Langkah penggantian pipa kapiler kulkas
  • Buka cover kulkas depan
  • Lepaskan dengan perlengkapan las pipa pipa yang tersambung ke evaporator kulkas
  • Bilas evaporator kulkas dengan metode di flushing
  • Bilas jalan pipa- pipa lainnya
  • Buat lubang pada balik body kulkas*pojok atas kiri* dengan perlengkapan bor
  • Siapkan pipa kapiler yang baru, panjang sesuaikan dengan besar kulkas
  • Masukan ujung pipa kapiler*atas* ke lubang tsb
  • Sambung dengan las pipa kapiler yang baru pada evaporator kulkas
  • Setelah itu di lanjut dengan pengisian freon kulkas

Author Profile

Ahli Teknik HVAC
Ahli Teknik HVAC
Selama bekerja sebagai ahli HVAC, saya mulai memperhatikan kurangnya sumber daya online yang khusus membahas topik HVAC. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem HVAC dan bagaimana memilih, merawat, dan memperbaikinya. Itulah saat saya memutuskan untuk menggabungkan dua minat saya yang kuat: HVAC dan menulis.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama