Inilah 7 Faktor Mengapa AC Tidak Dingin Lagi

  • Ahli HVAC
  • Dec 30, 2022

Merasa AC di rumah atau tempat kerja sudah tidak sejuk? Biasanya situasi seperti ini dirasakan ketika usia pendingin ruangan sudah cukup lama. Ada banyak faktor mengapa AC tidak dingin lagi. Di bawah ini merupakan tujuh penyebab yang paling mungkin terjadi:

1. Kondisi Ruangan Tidak Mendukung

Ruangan yang tidak terlalu menyerap panas adalah tempat di mana AC dapat bekerja dengan maksimal. Contohnya adalah ruang dengan dinding berbahan kapur. Bahan yang satu ini memang dapat memberikan sensasi dingin.

Sebenarnya kapur membuat ruangan menjadi kurang kokoh. Maka dari itu, hindari dinding yang tidak mengandung kapur dan hanya berbahan semen serta pasir. Selain itu, AC juga kurang terasa di ruangan yang terkena langsung paparan sinar matahari.

2. Ampere Kompresor Over

Ampere yakni alat pengukur besar kecilnya tegangan arus rangkaian listrik pada AC. Biasanya ampere ditemukan di susunan seri. Bila pengukur sudah menunjukkan tegangan sudah melebihi batas, maka AC bisa berpotensi rusak.

Alasan yang menyebabkan meteran ampere AC melebihi batas adalah voltase listrik yang tidak stabil. Kemudian, komponen outdoor yang terlalu kotor dan kipas yang berputar lambat juga menjadi penyebab turunnya fungsi sebuah pendingin ruangan.

3. Kehabisan Freon

Air Conditioner membutuhkan campuran zat kimia bernama freon yang diedarkan di dalam mesin. Pengguna harus rutin untuk memeriksa dan mengisi ulang freon agar komponen tidak rusak. Pergantian dapat dilakukan dengan menghubungi servis AC resmi atau khusus barang elektronik.

Habisnya freon juga dapat disebabkan karena adanya kebocoran. Biasanya kebocoran tersebut terjadi pada komponen kompresor, MCB, atau evaporator. Jadi lakukan pula pemeriksaan komponen secara berkala.

4. Cuaca Panas

Salah satu faktor mengapa AC tidak dingin yang selanjutnya adalah karena cuaca memang sangat panas. Ada kalanya pendingin ruangan tidak dapat mengalahkan cuaca pada wilayah tempat ruangan berada.

Di samping itu, banyaknya orang dalam ruang tersebut juga menjadi pertimbangan. Semakin banyak orang, maka semakin susah bagi AC untuk membantu mengurangi suhu sekitarnya. Hal ini disebabkan karena manusia dan barang-barang elektronik dalam ruangan memancarkan energi panas.

5. Sistem yang Tidak Sesuai

Sistem yang dimaksud adalah perkiraan antara AC serta ukuran ruangan serta tempat memasangnya. Ukuran ruangan harus disesuaikan dengan besarnya PK sebagai daya yang dibutuhkan AC untuk bekerja sebagai pendingin ruangan.

Oleh karena demikian, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada sales produk pendingin ruangan yang dibeli atau dengan ahli lainnya. Perlu diingat pula bahwa Air Conditioner dapat bekerja dengan maksimal jika pintu serta jendela pada ruangan tidak banyak dibuka.

6. Besaran PK Tidak Tepat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, PK atau bisa disebut daya kuda merupakan besaran untuk mengukur kemampuan AC mendinginkan ruangan. Sederhananya PK harus mengikuti ruangan tempat diletakkannya AC. Semakin besar ruangan, daya kuda harus semakin tinggi.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, AC dengan daya kuda besar di ruangan yang kecil membuat suhu terlampau dingin. Jadi memang lebih baik jika bijak dalam membeli serta lakukan konsultasi dengan yang lebih ahli.

7. Filter AC Kotor

Kemungkinan penyebab AC tidak dingin paling akhir yaitu filter yang sudah kotor. Di dalam mesin terdapat penyaring udara yang seringnya menangkap debu halus yang akan menumpuk. Kalau mengalami masalah ini, cukup bersihkan sendiri karena caranya mudah dan sebenarnya tidak perlu ahli.

Demikian tujuh faktor mengapa AC tidak dingin dan sejuk lagi. Segera cek pendingin ruang yang memiliki kemungkinan rusak karena penyebab-penyebab di atas. Jangan lupa untuk mencari solusi perbaikannya atau segera bawa ke tempat servis.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama