Ingin Tahu Penyebab Listrik Turun Saat Menyalakan AC? Simak di Sini!

  • Ahli HVAC
  • Apr 29, 2022

Menggunakan alat elektronik secara rutin termasuk seperti Air Conditioner terkadang memang memberikan dampak yang besar terutama terkait dengan daya listriknya. Apalagi saat ini, banyak ditemukan beberapa peristiwa yang mengkhawatirkan seperti listrik turun saat menyalakan AC bahkan untuk kapasitas lebih dari sekali. Padahal rencananya alat tersebut ingin segera dipakai dalam situasi genting.

Secara sederhana, penggunaan alat elektronik seperti AC maupun yang lainnya memang bisa menguras banyak daya listrik dan memunculkan permasalahan baru. Namun bukan berarti, setiap pengguna bisa membiarkannya begitu saja dan harus segera mencoba untuk mencari tahu tentang penyebab dari peristiwanya. Silakan simak secara lebih lanjut melalui uraian di bawah ini:

1. Suhu yang Salah

Hal pertama yang bisa menjadi salah satu penyebab utama dari kondisi daya listrik yang turun adalah kesalahan dalam penentuan suhu. Masih banyak yang tidak tahu bahwa penentuan suhu yang salah dan tidak sesuai dengan ruangan yang dipakai bisa berakibat buruk. Bahkan jika diulangi secara terus menerus, maka nantinya menjadi boros.

2. Tirai yang Terbuka

Selain itu, ada hal yang lainnya yang memiliki dampak yang besar terhadap penggunaan AC berlebihan yang menyebabkan daya listrik turun. Misalnya saja, ketika terbiasa untuk menghidupkan Air Conditioner tepat ketika siang hari di dalam kamar dengan tirai yang terbuka langsung. Padahal seharusnya tirai tersebut ditutup saja ketika sedang menggunakan AC.

3. Ampere Kompresor Tinggi

Kemudian ada penyebab yang lainnya untuk  listrik turun saat menyalakan AC yang harus dikenali dahulu agar bisa mencegah kedua kalinya. Kali ini, setiap orang sebaiknya lebih memberikan perhatian kepada komponen kompresor yang biasanya berperan penting dalam memastikan udara yang keluar. Jangan sampai nanti besaran kompresornya lebih tinggi dan tidak wajar.

4. Kapasitor yang Lemah

Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan detail di atas, setiap pengguna juga wajib melakukan pemeriksaan secara rutin pada bagian bernama kapasitor. Apalagi jika ternyata alat seperti Air Conditioner yang dipakai tersebut diaplikasikan secara rutin bahkan dalam jangka waktu yang berlebihan dan memaksa. Pastikan tidak ada kapasitor yang lemah atau bahkan malah terbakar.

5. Ada Kabel Terkelupas

Sementara itu, untuk salah satu penyebab yang lainnya dari  listrik turun saat menyalakan AC yang wajib dikenali adalah bagian kabelnya. Harap selalu melakukan proses pemeriksaan yang lainnya terutama berkaitan dengan apakah ada kabel yang aman atau malah sudah terkelupas beberapa. Sebaiknya segera ganti jika tidak ingin daya listrik menjadi lebih boros.

6. Daya yang Rendah

Walaupun memang masih ada beberapa jenis alat elektronik lainnya yang membutuhkan daya yang besar, AC sebenarnya juga memakan daya yang besar. Kemudian menjadi hal yang sangat penting bagi setiap pengguna untuk memastikan daya yang dipakai di rumah dan ruangan memang cukup. Jika tidak, maka sebaiknya segera ganti sehingga menghindari masalah lainnya.

7. MCB yang Lemah

Untuk penyebab yang terakhir ini secara sederhana berkaitan erat dengan kebutuhan besaran ampere secara khusus untuk bagian dari MCB AC. Apalagi berbeda dengan beberapa jenis komponen yang lainnya, ternyata memang dibutuhkan jumlah ampere yang lebih kecil agar AC berjalan dengan optimal. Jika tidak, maka akan sering ditemui beberapa kondisi listrik turun.

Uraian yang menjelaskan mengenai beberapa  penyebab dari gejala seperti  listrik turun saat menyalakan AC seperti di atas wajib untuk dikenali. Apalagi ternyata pada masa sekarang, memang semakin banyak ditemukan peristiwa sejenis ini terutama setelah menggunakan alatnya dalam waktu yang lama. Bahkan selain itu, beberapa solusi bisa muncul setelah mengenali penyebabnya.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *