5 Cara Penggunaan Lem Hijau Evaporator untuk Kulkas yang Benar

  • Ahli HVAC
  • May 12, 2022

Evaporator pada kulkas merupakan bagian penting yang berfungsi sebagai penyerapan kalor sehingga dapat menimbulkan suhu dingin dalam kabin. Oleh karena itu, sangat mengkhawatirkan jika evaporator kulkas rusak akibat terkena tusukan benda tajam. Walaupun memang bisa diatasi melalui proses penambalan dengan lem hijau evaporator.

Tapi untuk penanganannya harus dilakukan dengan langkah tepat dan penuh kehati-hatian agar kebocoran pada evaporator tertutup sempurna. Di bawah ini 5 cara yang harus dilakukan jika ingin menambal evaporator dengan lem hijau:

1. Siapkan Lem Hijau

Perlu menyiapkan lem hijau terlebih dahulu untuk menambal evaporator. Nantinya lem hijau inilah yang akan mengatasi kebocoran pada evaporator. Tentu saja melalui proses tertentu agar bisa menyumbat kebocoran pada evaporator.

Lem hijau bisa didapatkan pada toko toko peralatan terdekat. Kalau tidak menemukan, dapatkan lem hijau ini di marketplace untuk lebih praktisnya. Harganya juga terjangkau tidak jauh berbeda dengan harga lem penambal evaporator lainnya. Jadi, tidak perlu khawatir untuk masalah biaya penambalan kebocoran evaporator kulkas.

2. Temukan Area Evaporator yang Bocor

Evaporator yang bocor pasti ditandai dengan titik-titik kebocoran. Baik itu lubangnya besar maupun kecil sehingga menyebabkan fungsi evaporator jadi bermasalah. Hal ini tentu menjadi tugas pemilik kulkas sendiri untuk menemukan area kebocoran tersebut.

Oleh karena itulah, sebelum menggunakan lem hijau evaporator untuk masalah kulkas ini penting mencari titik kebocoran evaporator. Supaya nantinya proses penambalan bisa dilakukan ketika masalah sudah ditemukan. Cara menemukan titik kebocoran tersebut tinggal menyalakan kulkas kembali nantinya akan terlihat titik kebocoran pada evaporator.

3. Pastikan Permukaan Evaporator Kering

Selain mencari titik kebocoran pada evaporator penting juga untuk membersihkan permukaan evaporator kering sebelum ditambal. Sebab, kondisi permukaan evaporator basah bisa membuat lem hijau tidak menempel sempurna pada bagian evaporator yang lubang.

Mengingat masalah ini tentu penting sekali untuk memastikan kondisi permukaan evaporator benar-benar kering. Cara mengeringkannya bisa dengan mengelap dan menjemurnya atau mendiamkannya sampai kering tanpa meninggalkan bebasahan kulkas sedikitpun.

4. Amplas Bagian yang Bocor

Jika pada langkah sebelumnya sudah ditemukan titik bagian evaporator yang bocor dan bagian permukaannya sudah betul-betul kering, selanjutnya amplas titik lubang dengan amplas halus. Lakukan langkah ini dengan teliti dan benar.

Pastikan saat proses pengamplasan tidak membuat debu masuk ke lubang evaporator yang bocor. Selain agar bersih, mencegah timbulnya masalah kulkas baru. Apabila kulkas bertambah kerusakannya, tentu saja akan menambah biaya dan effort yang lebih banyak lagi.

5. Tambal Bagian Evaporator yang Bocor dengan Lem Hijau

Penambalan dengan lem hijau evaporator termasuk salah satu cara untuk mengatasi kebocoran pada bagian penting kulkas ini. Penggunaan lem hijau langkah pertamanya, panaskan terlebih dahulu bagian bawah titik yang bocor tapi jangan mengenai titiknya. Jika sudah tempelkan lem pada bagian inverator yang lubang diamkan sampai lem merata.

Lakukan penambalan ini dengan cepat jangan sampai masuk ke lubang evaporator sebab dapat mengakibatkan penyumbatan. Jika ini terjadi tentu akan menimbulkan masalah kulkas yang baru pastinya akan lebih merepotkan bila tidak diperhatikan.

Itulah cara penggunaan lem hijau evaporator untuk kulkas khususnya dalam masalah penambalan kebocoran evaporator. Pastikan semua caranya dilakukan dengan benar baik dalam pemanasan titik kebocoran, proses penempelan lem. Ikuti sesuai prosedur supaya tidak terjadi kesalahan apalagi yang bisa menimbulkan penyumbatan. Pahami dengan benar langkah-langkahnya di atas agar hasilnya sesuai dengan harapan.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama