Kulkas Tidak Bisa Dingin, Inilah Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

  • Ahli HVAC
  • Feb 19, 2022

Terkadang kulkas tidak bisa dingin pada waktu tertentu karena ada penyebab permasalahan yang mendukungnya. Pada umumnya jika kulkas bermasalah, maka akan memunculkan bau dan makanan di dalamnya tidak tahan lama. Hal ini terjadi sistem atau proses pengawetan terkendala.

Kulkas tidak dingin tentunya tidak bisa untuk menyimpan makanan atau minuman, maka dari itu akan cepat membusuk dan tidak bisa digunakan lagi. Suhu normal kulkas tentu fungsinya untuk menjaga kualitas barang yang ada di dalamnya. Berikut bisa simak penyebab kulkas yang tidak bisa dingin agar dapat diatasi dengan cepat.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Pengguna akan merasa khawatir jika ada permasalahan atau penyebab kulkas tidak dingin yang biasa terjadi kapan saja. Pengguna akan menentukan solusinya jika hal itu terjadi. Penyebab kulkas tiba-tiba tidak dingin sama sekali, antara lain sebagai berikut ini:

  • Adanya bunga es yang terlalu tebal dan permasalahan pada pengaturan suhu kulkas.
  • Proses penyimpanan makanan panas terhadap suhu kulkas dan salahnya tata letak kulkas.
  • Adanya masalah sumber listrik dan kebocoran freon pada bagian dalam kulkas.
  • Pengecekan kondisi pintu kulkas dan thermostat yang tidak teratur dengan semestinya.

Cara Atasi Kulkas Tidak Bisa Dingin

Ada cara untuk mengatasi permasalahannya dengan mudah dan cepat sesuai dengan penyebab yang ada di atas. Pengguna dapat mengatasi hal tersebut tanpa harus bersusah payah dan dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing, yaitu antara lain:

1. Pastikan Kulkas Mendapat Cukup Daya pada Stop Kontak

Pengguna dapat mengatasi kulkas tidak bisa dingin dengan memastikan kulkas mendapatkan cukup daya listrik. Ini biasa terjadi karena adanya kabel listrik di kulkas tersebut dalam kondisi cukup longgar pada stop kontak.

Selain itu, ada gangguan kabel yang akan membuat kulkas tersebut mati dan tidak beroperasi seperti sebelumnya. Untuk mengeceknya, pengguna bisa membuka pintu. Jika lampu menyala maka kemungkinan ada gangguan pada aliran listriknya.

2. Periksa Pengatur Suhu Kulkas untuk Suhu Optimal

Ada kalanya pengguna memeriksa pengaturan suhu kulkas dengan kisaran suhu optimal agar makanan yang disimpan tetap terjaga kualitasnya. Pengguna secara tidak sadar dapat mengubah pengaturan suhu pada kulkas dan mengubahnya menjadi lebih rendah.

3. Uji Segel Pintu Kulkas Secara Berkala

Apabila segel pintu kulkas tersebut sudah kotor dan udaranya semakin dingin dari dalam, seringkali bisa membuat udara keluar. Pengguna dapat mengeceknya dengan meletakkan uang kertas di tengah pintu dan kemudian bisa tutup pintu tersebut.

Ada hambatan saat menariknya keluar dan tanda segel pintu kulkas masih bisa berfungsi dengan baik. Jika segel tersebut mudah untuk dilepaskan, maka pengguna dapat mengganti karet pintu kulkas tersebut.

4. Membersihkan Kumparan Kondensor Kulkas

Kumparan kondensor yang kotor bisa menjadi penyebab kulkas di rumah tidak dingin, maka dari itu pengguna harus membersihkan kumparan kondensor tersebut. Kemudian pengguna harus berhati-hati agar tidak menekuk atau merusak kumparan kondensor kulkas.

5. Menempatkan Kulkas pada Permukaan yang Rata

Penyebab kulkas tidak bisa dingin ini kadang tidak diketahui oleh pengguna, seperti kulkas diletakkan pada permukaan yang tidak rata. Kemudian kulkas yang relatif baru dengan segel pintunya masih lentur, sehingga masih dapat mengeluarkan udara dingin dari dalam kulkas.

Pengguna harus tetap menutup pintu kulkas secara berkala, jika susah maka segera untuk servis kulkas tersebut. Jadi, walaupun pintu tersebut berat tidak dapat tertutup dengan rapat, maka kulkas akan dalam posisi miring.

Demikian informasi tentang kulkas tidak bisa dingin, baik pada penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Setelah itu, pengguna dapat melakukan solusinya dengan baik sesuai permasalahan yang terjadi.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama