Jangan Dibiarkan Terlalu Lama, Ini Dia Cara Memperbaiki Freezer Kulkas Tertusuk Pisau !

  • Ahli HVAC
  • Aug 20, 2022

Bunga es yang menumpuk pada bagian dalam freezer memang susah untuk dibersihkan. Oleh sebab itu seringkali untuk membersihkannya menggunakan bantuan benda tajam seperti pisau untuk mengambil es yang menempel. Namun hal tersebut juga bisa menjadi masalah baru jika freezer kulkas tertusuk pisau.

Kebocoran pada freezer kulkas yang disebabkan tertusuk pisau ini dapat menyebabkan kulkas tidak berfungsi. Pasalnya kebocoran bahan pendingin kulkas atau freon menyebabkan kulkas tidak dingin. Selain itu bau dari freon juga cukup menyengat dan mengganggu. Oleh sebab itu jika mengalami hal tersebut harus segera diperbaiki agar kulkas dapat digunakan kembali.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kulkas Tertusuk Pisau

Ketika freezer kulkas tertusuk pisau hal pertama yang harus dilakukan adalah segera mematikan kulkas tersebut. Pasalnya percuma saja ketika kulkas tetap dinyalakan namun freezer tidak akan bekerja sebagaimana mestinya sebab freon sudah bocor karena tertusuk pisau. Tunggu beberapa saat, kemudian bersihkan isi kulkas.

Keluarkan semua bahan makanan yang ada di dalamnya. Selain itu bersihkan juga air yang ada di freezer. Hal tersebut menghindari resiko air tersebut masuk ke dalam mesin kulkas dari bagian yang bocor karena tertusuk pisau tadi.

Cara Memperbaiki Kulkas Tertusuk Pisau

Apabila mengalami freezer kulkas yang dimiliki tertusuk pisau, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Dengan memperbaiki hal tersebut kulkas dapat bekerja lagi sebagaimana mestinya. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja caranya, simak penjelasan berikut:

1. Menambal Evaporator

Cara pertama untuk memperbaiki freezer kulkas tertusuk pisau adalah dengan menambal pada bagian yang tertusuk tersebut. Hal ini dapat dilakukan apabila kerusakan tidak parah, dengan demikian masih dapat diatasi dengan cara menambal saja. Sebelum menambal, pertama harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian yang bocor.

Untuk mengetahui letak kebocorannya bisa menggunakan air sabun. Oleskan air sabun tersebut pada permukaan evaporator. Pada bagian yang bocor akan muncul gelembung-gelembung. Setelah mengetahui titik kebocoran tersebut langkah selanjutnya adalah mulai menambal.

Untuk menambal bagian yang bocor bisa menggunakan kawat las aluplatinum untuk evaporator. Selain itu bisa juga menggunakan lem hijau dan lem dextone. Untuk lem hijau, cara menggunakannya adalah dengan memanaskan bagian yang bocor kemudian oleskan lem hijau tersebut. Sedangkan untuk lem dextone campurkan lem yang berwarna hitam dan putih dengan perbandingan 1:1.

2. Mengganti Evaporator

Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti evaporator. Hal ini dapat dilakukan jika kerusakan yang terjadi karena kulkas tertusuk pisau cukup parah hingga menimbulkan lubang. Ketika hal tersebut terjadi maka menambal evaporator tidak disarankan karena ada kemungkinan bagian yang berlubang akan menyebabkan kebocoran freon lagi.

Dengan demikian lebih disarankan untuk menggantinya saja dengan yang baru agar menghindari kebocoran lagi kedepannya. Agar dapat diperbaiki dengan maksimal, sebaiknya bawa kulkas ke tempat service untuk mengganti evaporator. Untuk harga evaporator kulkas sendiri berkisar 200 ribu-an. Harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan menambal kulkas.

3. Mengganti Oli Kompresor

Cara yang ketika ini dilakukan apabila oli kompresor pada kulkas bercampur dengan air yang masuk melalui bagian freezer yang bocor. Air yang masuk dan bercampur dengan oli akan menyebabkan endapan sehingga menyebabkan kinerja dari kompresor menjadi terganggu. Kompresor akan menjadi cepat panas dan suara yang dikeluarkan juga kasar.

Itu tadi adalah 3 cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki freezer kulkas tertusuk pisau. Masalah yang satu ini bisa terjadi jika pengguna tidak berhati-hati dalam merawat kulkas yang dimiliki. Oleh sebab itu sebaiknya lebih berhati-hati ketika membersihkan freezer dan tidak menggunakan benda tajam untuk memaksa mengeluarkan es yang menempel.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama