Kenali 3 Penyebab Kulkas Mati Sendiri dan Cegah Kerusakan Lebih Dini

  • Ahli HVAC
  • Mar 31, 2022

Kulkas sudah menjadi barang elektronik yang harus dimiliki di tiap rumah. Sebab fungsinya yang mampu menyimpan makanan juga minuman agar tidak mudah basi. Namun kulkas seperti barang elektronik lainnya yang bisa saja rusak. Bahkan untuk kulkas dengan kondisi sudah lama, kulkas mati sendiri bisa jadi masalah umum.

Kulkas yang kerap mati hidup sendiri bisa jadi masalah jika tidak diketahui penyebab dan solusinya. Padahal letak permasalahan jika kulkas sering mati hidup sendiri adalah pada kompresor yang yang error. Lantas apa penyebab pasti kulkas mati hidup sendiri? Simak penjelasan singkatnya berikut ini!

1.Kompresor Masih Berproses

Kulkas sering mati hidup karena sedang terjadi proses atau standby pada kompresor. Keadaan ini terjadi jika kulkas mati hidup selama beberapa menit tiap 6 hingga 9 jam sekali. Tapi jangan khawatir! Proses tersebut adalah normal dan memang seperti itulah cara kerja kulkas.

Mesin kompresor terkadang mati dalam beberapa menit bukan hal yang perlu dicemaskan. Hal ini terjadi karena suhu di kulkas telah mencapai titik suhu temperatur yang telah diatur melalui pengaturan suhu. Lalu kulkas akan menyala kembali jika suhu di dalam kulkas mulai kembali naik.

Lalu bagaimana cara membedakan kulkas yang benar-benar rusak dengan kulkas yang kompresornya tengah berproses? Caranya jika kompresor mati dan hidup dalam jangka waktu yang pendek, namun suhu dingin di lemari es tidak kunjung berkurang. Hal ini menandakan ada yang tidak beres pas kompresor kulkas tersebut.

2.Komponen Bimetal atau Overload Sudah Mulai Lemah

Komponen kulkas sangat banyak dan memiliki fungsi yang berbeda. Salah satunya adalah overload yang memiliki fungsi menjaga suhu kulkas agar tidak overheat, sehingga mengurangi resiko korsleting. 

Cara kerja overload sendiri adalah arus listrik dari power supply nantinya akan melewati overload dan baru ke mesin kompresor. Apabila suhu kompresor kelewat panas, maka overload akan memutus arus listrik yang masuk dan kompresor pun mati. Tujuannya adalah agar kompresor tidak bekerja terus menerus, sehingga berpotensi terjadi overheat sampai korsleting.

Namun tidak perlu khawatir jika kulkas mati sendiri karena komponen yang rusak. Karena kini banyak dijual spare part kulkas di toko-toko elektronik dengan berbagai tipe, ukuran bentuk. Sebelum itu pastikan terlebih dulu untuk memastikan ukuran spare part sebelum membeli komponen overload.

3. Kompresor Rusak

Tanda-tanda kulkas rusak lainnya adalah muncul bunyi berdengung yang keras sampai mengganggu telinga. Kemudian tanda-tanda kerusakan lainnya jika kompresor terasa panas atau overheat bila disentuh, namun dalam kulkas suhu tidak dingin. Itu tandanya kompresor harus diganti dengan spare part yang baru.

Apabila penyebab kulkas mati sendiri adalah kompresor yang rusak, maka satu-satunya jalan adalah dengan mengganti spare part. Karena umumnya jika letak permasalahan pada kompresor, komponen tersebut sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Beli kompresor pada toko-toko terpercaya, bisa dengan membeli spare part baru atau bekas. Yang jelas pastikan bahwa ukuran dan tipe kompresor sama agar kulkas bisa bekerja dengan maksimal. Pastikan juga untuk mengecek komponen yang lain agar tidak terjadi kerusakan berkala.

Demikian 3 penyebab kulkas mati sendiri yang perlu diketahui. Pastikan untuk selalu mengecek kulkas secara rutin untuk mencegah masalah-masalah yang tidak diinginkan. Cek seluruh bagian, dari mulai kompresor hingga suhu kulkas. Dan jika kompresor telah menunjukkan tanda-tanda error seperti disebutkan di atas, maka segera ganti spare part di toko-toko terpercaya.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *