Kulkas Ketuk Nyala: Review, Informasi, Dan Tutorial

  • Ahli Teknik HVAC
  • Sep 20, 2023
Promo LG GCX247CKAV Kulkas Side by Side [624 Liter] di Seller KIOS
Promo LG GCX247CKAV Kulkas Side by Side [624 Liter] di Seller KIOS

Pengenalan Kulkas Ketuk Nyala

Kulkas ketuk nyala adalah jenis kulkas yang tidak membutuhkan listrik untuk dapat dioperasikan. Kulkas ini bekerja dengan cara menyerap panas dari lingkungan sekitar dan membuang panas tersebut. Kulkas ketuk nyala biasanya digunakan di tempat-tempat yang sulit untuk dijangkau oleh listrik, seperti di kawasan pegunungan atau di perahu nelayan.

Cara Kerja Kulkas Ketuk Nyala

Kulkas ketuk nyala bekerja dengan menggunakan prinsip termodinamika. Didalamnya terdapat bahan pendingin yang disebut amonia. Saat amonia terkena panas dari lingkungan sekitar, amonia akan berubah menjadi gas. Gas amonia kemudian akan bergerak naik ke dalam pipa-pipa di dalam kulkas. Di dalam pipa tersebut, gas amonia akan bertemu dengan air dan membentuk larutan yang disebut amonia air. Setelah itu, larutan amonia air ini akan mengalir ke dalam evaporator dan mengalami proses pendinginan. Proses ini dilakukan dengan cara mengalirkan air dari ember ke pipa yang terdapat di dalam evaporator. Air tersebut kemudian akan menurunkan suhu di dalam pipa dan membuat larutan amonia air menjadi dingin. Dinginnya larutan ini kemudian akan menyerap panas dari lingkungan sekitar dan mendinginkan bahan yang ada di dalam kulkas. Saat larutan amonia air telah menyerap panas dengan maksimal, larutan tersebut akan berubah menjadi gas amonia. Gas amonia ini kemudian akan mengalir ke dalam kondensor, dimana gas amonia akan bertemu dengan udara dingin dan berubah menjadi cairan lagi. Cairan amonia ini kemudian akan mengalir kembali ke dalam pipa-pipa di dalam kulkas dan siklus ini akan terus berulang.

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Ketuk Nyala

Kulkas ketuk nyala memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Kelebihan dari kulkas ketuk nyala adalah tidak membutuhkan listrik untuk dapat dioperasikan, sehingga cocok untuk digunakan di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh listrik. Selain itu, kulkas ketuk nyala juga lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Namun, kulkas ketuk nyala juga memiliki kekurangan. Kulkas ini tidak dapat menjaga suhu bahan makanan dengan stabil seperti kulkas biasa yang menggunakan listrik. Selain itu, kulkas ketuk nyala juga memerlukan perawatan yang lebih sering karena lebih rentan terhadap kerusakan.

Cara Memilih Kulkas Ketuk Nyala

Saat memilih kulkas ketuk nyala, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, pastikan kulkas yang akan dibeli memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Kedua, pastikan kulkas tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama. Ketiga, pastikan kulkas tersebut dilengkapi dengan aksesori yang diperlukan, seperti ember dan pipa-pipa evaporator.

Cara Mengoperasikan Kulkas Ketuk Nyala

Untuk mengoperasikan kulkas ketuk nyala, pertama-tama pastikan kulkas tersebut sudah terisi penuh dengan bahan makanan atau minuman yang akan disimpan. Setelah itu, masukkan ember yang berisi air ke dalam evaporator dan biarkan air mengalir ke dalam pipa-pipa di dalam evaporator. Air ini akan menurunkan suhu di dalam pipa dan membuat larutan amonia air menjadi dingin. Setelah itu, kulkas ketuk nyala sudah siap digunakan. Pastikan kulkas tersebut ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering agar dapat bekerja dengan maksimal.

FAQ

Apa itu kulkas ketuk nyala?

Kulkas ketuk nyala adalah jenis kulkas yang tidak membutuhkan listrik untuk dapat dioperasikan. Kulkas ini bekerja dengan cara menyerap panas dari lingkungan sekitar dan membuang panas tersebut.

Di mana kulkas ketuk nyala dapat digunakan?

Kulkas ketuk nyala biasanya digunakan di tempat-tempat yang sulit untuk dijangkau oleh listrik, seperti di kawasan pegunungan atau di perahu nelayan.

Apa kelebihan kulkas ketuk nyala?

Kelebihan dari kulkas ketuk nyala adalah tidak membutuhkan listrik untuk dapat dioperasikan, sehingga cocok untuk digunakan di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh listrik. Selain itu, kulkas ketuk nyala juga lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Apa kekurangan kulkas ketuk nyala?

Kekurangan dari kulkas ketuk nyala adalah tidak dapat menjaga suhu bahan makanan dengan stabil seperti kulkas biasa yang menggunakan listrik. Selain itu, kulkas ketuk nyala juga memerlukan perawatan yang lebih sering karena lebih rentan terhadap kerusakan.

Bagaimana cara memilih kulkas ketuk nyala yang baik?

Saat memilih kulkas ketuk nyala, pastikan kulkas yang akan dibeli memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga kulkas tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama, serta dilengkapi dengan aksesori yang diperlukan, seperti ember dan pipa-pipa evaporator.

Author Profile

Ahli Teknik HVAC
Ahli Teknik HVAC
Selama bekerja sebagai ahli HVAC, saya mulai memperhatikan kurangnya sumber daya online yang khusus membahas topik HVAC. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem HVAC dan bagaimana memilih, merawat, dan memperbaikinya. Itulah saat saya memutuskan untuk menggabungkan dua minat saya yang kuat: HVAC dan menulis.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama