5 Bahaya dari Kulkas Bocor di Rumah

  • Ahli HVAC
  • May 20, 2022

Bahaya mengintai dari kulkas bocor di rumah. Selain bisa merusak mesinnya, ada banyak lagi kerugian yang terjadi manakala mendapati kulkas dalam keadaan bocor. Banyak hal yang terjadi ketika kulkas yang biasa menjadi tempat menyimpan makanan bocor, fungsinya akan sangat terganggu dan bisa menyebabkan beberapa bahaya. Berikut sedikitnya 5 bahaya yang bisa terjadi dari bocornya kulkas.

1. Bisa Menjadi Tempat Berkumpulnya Bakteri Jahat

Kulkas yang semula menjadi tempat yang aman untuk menyimpan makanan supaya tahan lama, bisa berubah menjadi sarang bakteri ketika kulkas terjadi kebocoran yang mempercepat membusuknya makanan. Hal ini karena kinerja untuk menjadi tempat bersuhu rendah dan stabil bisa terganggu, sehingga kulkas menjadi lembab saja yang menjadi tempat baik untuk pertumbuhan bakteri. 

Tidak heran jika sudah seperti ini, maka makanan akan cepat basi. Sebelum kulkas betul-betul kehilangan fungsinya, sebaiknya segera ditindaklanjuti manakala kulkas terjadi kebocoran. Ini dilakukan untuk menghindari serta mengantisipasi seawal mungkin hal yang tidak diinginkan lainnya.

2. Mampu Menjadi Penyebab Korsleting Listrik

Air yang bocor dari kulkas bisa masuk ke sistem mesin, sehingga bisa menjadi penyebab dari korsleting listrik. Jadi, apabila menemukan kulkas bocor, sebaiknya cabut semua aliran listrik yang ada untuk menghindari kerusakan dan korsleting dari listrik yang bisa terjadi kapan saja. 

Daripada menanggung risiko yang tidak diinginkan, lebih baik mencegahnya sebelum terlambat. Kulkas yang sudah bocor bisa dilakukan perbaikan oleh ahlinya. Sehingga kecelakaan ini bisa sedini mungkin dihindari.

3. Bisa Menyebabkan Keracunan Refrigerant 

Refrigerant adalah salah satu zat yang berfungsi untuk mendinginkan kulkas. Sayangnya, jika kulkas terjadi kebocoran, zat ini bisa ada kemungkinan untuk terhirup. Apabila terhirup, akan menyebabkan penyakit pernafasan, mual dan muntah, pusing, dan yang paling berbahaya bisa berisiko kematian. 

Jika kulkas sudah terindikasi bocor, segera bawa keluarga jauh dari posisi kulkas. Panggil pertolongan pertama serta orang yang bisa menangani kulkas yang bocor, supaya tidak semakin membahayakan orang lain.

4. Menyebabkan Kerusakan untuk Sistem Pendingin pada Kulkas

Sistem pendingin bisa rusak karena kulkas yang bocor. Hal ini  terjadi lantaran bunga es yang ada pada freezer akan dibersihkan secara paksa sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada evaporator. Jika sudah rusak, cara menanganinya adalah dengan mengganti baru pada freezer. Segera panggil orang yang mampu menanganinya daripada member ke hal yang lebih serius.

Supaya kulkas tetap dalam kondisi yang dingin dan stabil. Sehingga fungsinya sebagai penyimpan makanan bisa terus dimanfaatkan. Selain itu, bisa menghindari penumpukan bakteri akibat fungsi kulkas yang terganggu.

5. Memungkinkan Pengguna Terhirup Gas Freon

Fungsi dari gas freon adalah mengubah panas menjadi dingin pada kulkas. Fungsi ini berlaku untuk kulkas, tapi tidak bagi manusia. Di dalam gas freon ada kandungan karbon monoksida yang tidak baik jika terhirup oleh manusia.

Hal ini menjadi tambahan bahaya lain bila mengambil es di freezer menggunakan benda tajam. Sekaligus menjadi penambah deretan bahaya dari bocornya kulkas di rumah. Solusinya adalah menyerahkannya pada ahli, atau menggantinya dengan yang baru jika sudah tidak memungkinkan untuk digunakan.

Itulah sedikitnya 5 bahaya kulkas bocor yang perlu pengguna ketahui. Selain 5 hal di atas, mungkin masih banyak lagi bahaya yang mengintai di balik kebocoran pada kulkas. Mengetahui bahayanya, bisa menghindari hal yang lebih parah dan bisa mengetahui lebih dulu untuk mengantisipasinya. Hal yang perlu dilakukan saat kulkas terindikasi bocor adalah dengan memanggil ahli atau orang yang bisa memperbaikinya.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama