Apa Itu Kondensor AC Split? Simak Selengkapnya

  • Ahli HVAC
  • May 13, 2023

Berbagai jenis perangkat elektronik pasti memiliki komponen yang menyusunnya. Termasuk untuk kondensor AC split yang merupakan bagian inti keberadaan dan kinerja AC. Jika hal ini tidak ada atau terganggu pasti akan mempengaruhi kinerja dari struktur lain.

Misalnya saja dapat menyebabkan AC jadi tidak maksimal dalam memberikan udara yang dingin. Atau bahkan menjadi rusak lalu tidak bisa dipakai. Maka ada baiknya untuk membahas penjelasan berikut ini:

Mengenal Kondensor AC

Pembahasan pertama tentunya berkaitan dengan pengenalan singkat apa itu kondensor AC split. Jika diartikan kondensor ini bagian dalam komponen inti untuk sebuah AC. Karena memiliki fungsi dalam hal penukaran zat panas atau kalor.

Sebelum kemudian diubah menjadi bentuk yang lebih cair atau menyerupai gas. Dengan bantuan refrigerant sekaligus juga memiliki fungsi dalam hal penurunan temperatur suhu.

Mengingat jika ini merupakan komponen penting dan inti maka dari itu harus dipastikan kesehatannya. Selain dari memastikan berbagai jenis komponen pendukung serta kelistrikan untuk sebuah AC. Termasuk juga berkaitan dengan komponen yang dapat mendinginkan suhu tersebut.

Secara umum bahan utama dari pembentukan kondensor AC ini bersumber dari tembaga. Kemudian memiliki bentuk menyerupai model pipa. Tetapi belakangan ini pembuatan kondensor AC juga bersumber dari sejumlah aluminium.

Fungsi Kondensor AC

Pembahasan selanjutnya berkaitan dengan fungsi kondensor AC split. Seperti namanya tentu kondensor ini sendiri berperan dalam hal proses pendinginan. Tetapi juga memiliki fungsi lain berkaitan dengan keberadaannya yang dinilai fatal.

Karena secara umum didefinisikan bahwa fungsinya sendiri adalah untuk membuang zat panas . Sebelum kemudian udara yang masuk bisa diubah atau ditransformasikan menjadi bentuk lain. Misalnya berupa zat cair karena terjadinya proses pengembunan.

Atau dengan kata lain banyak juga yang menyebutnya dengan istilah pengubahan zat berupa Freon. Untuk dijadikan dalam bentuk cair. Mengingat pentingnya ini maka harus rutin dilakukan perawatan agar tidak sering melakukan perbaikan.

Kondensor ini sendiri memiliki posisi yang dekat dengan unit outdoor dari AC. Jadi apabila bagian sirip dari bentuk kondensor ini kotor bisa membahayakan dan menurunkan kinerja dari AC. Misalnya saja dapat membuat ruangan jadi tidak dingin.

Cara Perawatan Kondensor AC Split

Masuk pada pembahasan berikut yaitu berkaitan dengan cara singkat untuk perawatan dari kondensor AC split. Pastikan semua barang elektronik ini harus dijaga sebaik mungkin. Atau dengan kata lain dirawat dengan maksimal.

Karena semua hal tersebut sebenarnya memiliki manfaat baik bagi masing-masing pengguna sendiri. Contohnya saja adalah tidak memberatkan dalam perbaikan yang mungkin saja dapat rusak sewaktu-waktu.

1. Mencuci Sendiri 

Jenis perawatan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pencucian sendiri. Tetapi untuk ini tentu harus lakukan secara hati-hati. Terutama dengan membersihkan sejumlah komponen yang kotor atau bagian kondensor ini.

2,. Menggunakan Tenaga Ahli

Cara berikutnya dalam melakukan perawatan tersebut adalah dengan menyerahkannya langsung kepada teknisi ahli. Misalnya yang berkaitan dengan teknisi AC. Karena lebih paham berkaitan dengan komponen penting terutama berkaitan dengan kelistrikan.

Jadi itulah bahasan singkat berkaitan dengan kondensor AC split. Maka dari itu sudah dipastikan butuh kesadaran penting berkaitan dengan perawatan dari kondens.or ini. Mengingat ini fungsi utama yang harus dipenuhi untuk membuat tahan lama

Selain dari mengurangi biaya tentu juga akan menghemat dari pembelian AC yang tidak dilakukan dalam waktu dekat. Atau dapat memperpanjang usia pemakaian dari sebuah produk elektronik itu sendiri. Maka dari itu semuanya penting untuk diperhatikan.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *