Komponen AC Split dan Fungsinya Dalam Pendinginan

  • Ahli HVAC
  • May 15, 2023

AC sudah seperti kebutuhan mendasar bagi orang-orang yang hidup di tengah perkotaan. Benda seperti AC bisa mendinginkan ruangan berkat kesatuan komponen didalamnya. Berikut adalah komponen AC split dan fungsinya yang belum banyak orang tahu.

1. Kompressor

Komponen utama dalam sebuah AC split tentu saja sebuah kompresor. Jenis komponen yang satu ini sangat vital peranannya dalam sebuah fungsi kerja AC split. Tugasnya adalah menghisap serta menekan uap dari refrigerant atas evaporator.

Kompresor akan menghasilkan uap panas yang akan dikompresi menjadi suhu dan tekanannya lebih tinggi. Melalui fungsi ini kompressor sudah masuk kedalam komponen utama dari sebuah pendingin udara ruangan atau AC split.

Fungsi lainnya dari sebuah kompresor pada AC split adalah untuk mempertahankan perbedaan tekanan didalam sistem AC split. Benda ini bisa mengalirkan refrigerant ke semua bagian sistem dari pendinginan.

2. Kondensor

Jika pernah melihat sebuah benda yang mirip dengan saringan pada komponen AC, benda tersebut adalah bernama kondensor. Benda ini memiliki fungsi sebagai penukar panas dan kalor dan diubahnya refrigerant yang bentuknya gas menjadi cair.

Proses tersebut dinamakan dengan kondensasi karena menurunkan temperatur dalam refrigerant. Letak dari komponen ini seharusnya ada dalam bagian luar ruangan karena fungsinya juga sebagai pembuang panas.

Itulah kenapa biasanya udara yang dikeluarkan benda ini cenderung panas. Setelah pengembunan terjadi dari sebuah bentuk gas kemudian cairan itu akan dibuang lewat saluran keluar yang biasanya terlihat selalu menetes setiap saat AC digunakan.

3. Evaporator

Dalam proses penguapan, evaporator sangat penting peranannya dalam komponen pendingin ruangan atau AC. Bukan cuma itu evaporator bisa menyerap kalor yang ada pada ruangan sehingga pertukaran udara dapat terjadi antara udara panas dengan udara yang segar.

Zat cair dalam evaporator ini berasal dari kondensor dialirkan dan masuk menuju evaporator. Nantinya cairan tersebut menguap dan berubah jadi gas dingin yang bisa mendinginkan ruangan.

Melalui bantuan fan indoor juga evaporator bisa menyebarkan udara dingin ini keseluruh ruangan. Merubah suhu udara ruangan yang panas menjadi lebih rendah dan sejuk kemudian di sirkulasikan lagi pada ruangan tersebut tempat AC dipasang.

4. Blower

Komponen AC split dan fungsinya akan berlanjut pada sebuah komponen bernama Fan. Pada bagian ini ada dua buah masing-masing ditempatkan di tempat yang berbeda satu di dalam atau indoor. Sedangkan satu lainnya akan ditempatkan di luar atau outdoor.

Tujuan penempatan ini adalah agar sirkulasi udara dan pertukaran udara tetap berjalan lancar. Didalam akan ditempatkan fan untuk membuat udara tetap sejuk. Sedangkan diluar akan ditempatkan blower untuk mendinginkan kondensor.

5. Freon

Ini adalah komponen yang tidak kalah penting juga dalam sebuah sistem AC split. Tugas dari komponen ini agar pendinginan AC bisa lebih cepat dan lebih dingin sehingga AC bisa berfungsi dengan semestinya.

Freon atau refrigerant ini bagian dari AC yang punya bentuk senyawa kimia berupa gas. Fungsinya akan menjadi suatu fluida yang bisa membuat suhu yang AC keluarkan lebih sejuk dan segar. Senyawa ini tidak punya warna maupun bau sehingga tidak akan mengganggu.

Komponen ini bisa habis, jadi untuk fungsinya kembali normal freon ini harus diisi ulang. Jika perlu freon bisa diganti agar fungsi pendinginan bisa tetap berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Itulah sedikit informasi seputar komponen AC split dan fungsinya. AC split atau ac dinding ini banyak digunakan di rumah-rumah untuk mendinginkan ruangan. Dengan mengetahui fungsi komponen pengguna bisa tahu ketika ada masalah pada AC nya.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *