Ketahui Harga Evaporator Cold Storage dan Apa saja Fungsinya - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
HARGA EVAPORATOR COLD STORAGE

Ketahui Harga Evaporator Cold Storage dan Apa saja Fungsinya

Penggunaan cold storage dalam waktu lama hingga bertahun-tahun tentunya berpotensi mengalami kerusakan. Salah satu komponen yang cukup sering rusak adalah evaporator karena komponen ini memiliki kinerja yang cukup berat. Kalau sudah begini tentunya pemilik coldstorage harus mencari tahu harga evaporator cold storage, lalu membelinya. Harganya pastinya beragam sesuai dengan spesifikasi serta kemampuan kinerja dari evaporator itu sendiri.

Harga Evaporator Cold Storage

Evaporator pada cold storage pada umumnya bekerja untuk mengatur suhu dan kelembapan udara di dalam ruang penyimpanan. Selain itu evaporator juga menjadi komponen penting dalam mengawetkan makanan yang disimpan di dalam cold storage.

Evaporator yang rusak tentunya harus segera diganti supaya tidak mempengaruhi kualitas dari makanan yang disimpan. Adapun harga evaporator cold storage sangat beragam, ada yang di bawah Rp1 juta bahkan ada juga yang menjual dengan harga mencapai belasan juta rupiah. Yang membedakan harga dari evaporator adalah kualitas dan material pembuatnya.

Evaporator yang dapat digunakan untuk penyimpanan makanan atau food grade tentunya memiliki harga yang lebih mahal. Sebab, evaporator ini dirancang supaya dapat membunuh bakteri jahat dan membuat bakteri yang ada di dalam makanan tidak berkembang menjadi lebih banyak.

Selain itu ketebalan dan plat pelapis evaporator juga akan mempengaruhi harga dari evaporator itu sendiri. Meskipun demikian harga evaporator yang dijual murah misalnya Rp4 juta hingga Rp5 juta bukan berarti evaporator ini memiliki kualitas yang buruk.

Fungsi Evaporator Cold Storage

Mengingat komponen ini merupakan komponen paling berperan dalam cold storage maka penting untuk mengetahui apa saja sebenarnya fungsi dari evaporator. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari evaporator yang wajib diketahui bagi pengguna cold storage:

1. Menyerap Udara Panas dalam Cold Storage

Bahan makanan yang baru dimasukkan ke dalam Konferensi tentunya memiliki suhu yang lebih tinggi dan lebih panas. Supaya suhu serta udara di dalam kulkas storage tetap stabil Maka evaporator bekerja untuk menyerap udara panas di dalam bahan makanan yang baru dimasukkan tersebut. Makanan yang memiliki suhu stabil dengan suhu kos Torres tentunya bisa bertahan lebih lama dari masa kadaluarsanya.

2. Menghembuskan Udara Dingin

Setelah berhasil menyerap udara panas dari makanan yang baru dimasukkan tugas atau fungsi evaporator berikutnya yaitu menghembuskan udara dingin di dalam cold storage. Udara dingin ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk mengawetkan makanan secara alami, sama halnya seperti dengan menyimpan makanan di dalam kulkas.

3. Mengatur Suhu Agar Tetap Stabil

Evaporator juga berfungsi mengatur suhu di dalam kulkas storage agar tetap stabil sehingga tidak merusak makanan yang disimpan. Pada cold storage yang memiliki mode pengaturan suhu otomatis evaporator pun akan bekerja menstabilkan suhu penyimpanan secara otomatis.

4. Menjaga Kualitas Makanan

Makanan yang disimpan dalam ruang pendingin tentunya akan terjaga kualitasnya. Hal ini dikarenakan adanya evaporator yang mampu menjaga kelembapan udara dalam ruang pendingin sehingga tidak akan merusak nutrisi dari makanan itu sendiri. Tanpa evaporator, menyimpan makanan dalam cold storage sama saja dengan menyimpan pada wadah biasa.

5. Mencegah Tumbuhnya Bakteri

Evaporator dengan tipe food grade mampu mencegah tumbuh dan berkembangnya bakteri pada makanan yang disimpan. Dengan begitu makanan tidak akan menjadi busuk dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Fungsi evaporator satu ini juga akan membuat makanan tidak terkontaminasi bakteri.

Demikian informasi seputar harga evaporator cold storage dan apa saja fungsinya. Harga evaporator memang beragam karena disesuaikan dengan spesifikasinya dan bagi pengguna sebaiknya mengetahui lebih lanjut spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan cold storage serta sesuai dengan sifat makanan yang akan disimpan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen − 2 =