Ketahui 5 Penyebab Kulkas Nyetrum Agar Tidak Salah Penanganan - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Inilah Spesifikasi Freezer Aqua 4 Rak Terlengkap

Ketahui 5 Penyebab Kulkas Nyetrum Agar Tidak Salah Penanganan

Lemari pendingin menjadi salah satu perabot rumah tangga yang efektif untuk menyimpan makanan. Kulkas dalam kondisi baru umumnya memiliki ketahanan lebih serta kinerja yang optimal. Lain halnya dengan kulkas lama, terkadang muncul masalah seperti permukaan kulkas yang nyetrum ketika disentuh. Ada baiknya, pemilik kulkas memahami berbagai penyebab kulkas nyetrum agar tidak salah penanganan.

Meski hanya sebatas getaran kecil yang dirasakan ketika memegang pintu maupun permukaan kulkas dan tidak akan berarti apa-apa bagi orang dewasa. Tetapi kondisi kulkas yang demikian akan sangat dikhawatirkan bilamana tersentuh oleh sang buah hati. Secara umum, masalah ini berhubungan dengan kelistrikan. Berikut 5 hal yang dapat menyebabkan permukaan kulkas nyetrum saat dipegang:

1. Kabel Heater Terbakar

Umumnya lemari pendingin menggunakan kabel heater frame sebagai komponen, meskipun ada beberapa di antaranya menggunakan pipa freon untuk kulkas yang berukuran kecil. Salah satu penyebab kulkas nyetrum dapat disebabkan oleh terbakarnya kabel heater frame yang mana menyentuh bagian kulkas. Sehingga kondisi ini mengakibatkan munculnya getaran ketika badan kulkas dipegang.

2. Instalasi Kelistrikan Perlu Diperbarui

Ada kalanya kabel yang berhubungan dengan kelistrikan kulkas telah usang dan perlu diperbarui. Kemungkinan kabel yang patah dan terbuka ketika menyentuh badan kulkas yang terbuat dari besi mengakibatkan timbulnya getaran. Untuk itulah perlu adanya pemeriksaan terhadap instalasi listrik yang terhubung dengan kulkas.

Bila ada kabel yang patah sebaiknya segera matikan aliran listrik dan isolasi bagian sambungan dengan rapi agar listrik tidak mengalir pada badan kulkas. Namun, setelah kabel selesai diisolasi kondisinya masih tetap sama. Sebaiknya segera mengganti instalasi listrik dengan kabel baru untuk mencegah kulkas yang nyetrum.

3. Gulungan Kompresor Mengelupas

Gulungan kompresor pada dasarnya sangatlah penting, sebab aliran listrik pada badan kulkas bisa saja terjadi ketika gulungan kompresor terlepas atau mengelupas. Bila hal demikian yang terjadi, maka jalan satu-satunya yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti kompresor baru. Sehingga permukaan kulkas akan kembali aman dan tidak nyetrum.

4. Sambungan Kabel Terkena Air

Keteledoran ketika menyimpan air maupun tetesan air hujan yang mengenai kabel juga dapat menjadi penyebab kulkas nyetrum. Biasanya, hal ini terjadi ketika air membasahi sambungan kabel yang kemudian melekat pada permukaan kulkas. Pemilik kulkas dapat mengetahui ketika terasa ada getaran kecil saat membuka pintu kulkas.

Meski getaran yang dihasilkan samar-samar dan tidak terlalu besar, kondisi tersebut tentu akan mengagetkan orang-orang ketika membuka lemari pendingin. Terlebih akan berbahaya bila tanpa sengaja pintu kulkas tersentuh orang tua dan anak-anak. Sehingga lebih baik bila sambungan kabel diperbaiki atau pun diperbarui bila kerusakan sambungan sangat parah.

5. Pembungkus Kabel Terkelupas

Terkelupasnya pembungkus kabel dapat disebabkan karena gigitan hewan kecil seperti tikus, kucing, atau pun anjing. Meski hanya sebagian kecil yang terkelupas, namun akan berbahaya ketika tidak segera diisolasi. Sebab, nantinya aliran listrik akan diteruskan dari kabel yang pembungkusnya lepas ke permukaan kulkas dari besi yang mampu menghantarkan listrik.

Demikianlah 5 penyebab kulkas nyetrum yang umumnya terjadi, mengetahui penyebabnya lebih dini tentu akan mempermudah cara penanganan. Akan tetapi, bila instalasi listrik sedang baik-baik saja sedangkan kondisi kulkas tetap nyetrum. Tidak ada salahnya bila pemilik segera melakukan servis untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat bagi kulkas di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 5 =