Kenapa Kulkas Nyetrum, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya Disini !

  • Ahli HVAC
  • Jun 30, 2022

Walaupun bukan salah satu kebutuhan pokok, namun keberadaan Kulkas bagi sebagian besar orang sangat penting. Pasalnya kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang memiliki banyak manfaat. Namun, ada momen dimana kulkas malah nyetrum tentu ini akan membahayakan. Maka dari itu ketahui alasan kenapa kulkas nyetrum serta cara mengatasinya di sini:

Penyebab Kulkas Nyetrum

Sebagai alat elektronik yang penggunaannya memang harus dialirkan listrik, memang rawan membuat alat tersebut seperti TV ataupun kulkas nyetrum. Lalu sebenarnya kenapa kulkas nyetrum? Temukan jawabannya disini. Tentunya dengan mengetahui penyebabnya diharapkan para pengguna kulkas lebih berhati-hati akan kulkas tidak mengalami permasalahan tersebut. 

Untuk penyebab utamanya adalah saat kabel pada kulkas mengelupas. Menjadi salah satu alasan kenapa kulkas nyetrum adalah karena kabel yang rusak alias mengelupas. Tepatnya ada pada kabel instalasi, atau yang sering terjadi adalah pada bagian sambungan kabel yang tidak terisolasi telah menempel pada bagian body kulkas.

Permasalah ini tanpa disadari pemiliknya karena tidak sengaja kabel tertarik dengan kuat. Dan hal tersebut memicu kabel yang terlepas dan menempel pada dinding kulkas. Sehingga akan ada arus yang berada di dinding tersebut. 

Tidak hanya itu, penyebab lainnya juga bisa karena ulah tikus atau kecoa yang menggigit kabel sehingga kabel kembali terkelupas. Lalu pada bagian kompresor short body isolasi gulungan juga bisa mengelupas pada kompresor tersebut.

Cara Mengatasi Kulkas Yang Nyetrum

Setelah membaca memahami apa saja yang menjadi pemicu kulkas bisa nyetrum. Maka saatnya pengguna belajar bagaimana cara mengatas keadaan kulkas yang nyetrum tersebut. Sebagaimana langkah ini juga untuk menjaga keluarga agar tidak terkena arus listrik yang tidak pada tempatnya tersebut. Berikut ulasan cara mengatasi kulkas yang nyetrum:

1. Mengecek Pada Bagian Kabel Yang Terkelupas

Cara pertama yang bisa dilakukan saat kulkas nyetrum adalah dengan mengecek bagian mana saja yang kabelnya terkelupas. Pasalnya ini akan berguna untuk proses perbaikan selanjutnya. Maka dari itu proses pengecekan ini tergolong berbahaya. 

Sehingga ada baiknya pengguna kulkas melepas sambungan listrik dengan kulkas tersebut. Kemudian pengguna bisa memperhatikan pada bagian belakang kulkas. Cari kabel yang terkelupas dan menggantinya jika perlu.

2. Melakukan Penggantian Pada Bagian Kompresor

Salah satu cara yang bisa dilakukan saat hendak mengatasi kulkas yang nyetrum adalah dengan melakukan penggantian pada bagian kompresor. Pasalnya jika kompresor sudah short body maka memang jalan terbaiknya adalah dengan menggantinya. 

Pasalnya jika bagian isolasi di kawat kompresor sudah mengelupas maka memang lebih baik untuk diganti. Daripada membahayakan pemiliknya. Dimana bagian tersebut pemicu kulkas nyetrum.

3. Memasang Grounding

Selanjutnya adalah dengan melakukan pemasangan grounding. Untuk kabel grounding ini memang lebih baik jika dialirkan pada bagian tanah daripada tembok. Caranya mudah siapkan kabel dan tempelkan pada bagian body  kulkas. Selanjutnya pastikan ujung kabel telah tertanam pada tanah.

Namun jika tidak memungkinkan bisa diletakkan pada tembok. Akan tetapi, sebelumnya pastikan sudah dipasang paku di bagian ujung kabel. Jadi cara ini sangat sangat efisien dan efektif untuk mengatasi kulkas yang nyetrum di rumah.  Tunggu apalagi segera perbaiki kulkas yang nyetrum agar penghuni rumah lebih aman dengan keberadaan kulkas tersebut. 

Demikian itu beberapa alasan kenapa kulkas nyetrum. Selain pembaca jadi mengetahui penyebabnya, pengguna juga bisa mengatasi permasalahan tersebut. Pasalnya jika didalam rumah ada kulkas nyetrum tentu akan membahayakan pemiliknya, terlebih kepada anak-anak. Maka dari itu simak ulasan tersebut dan semoga informasinya dapat membantu pembaca.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama