Penyebab Kenapa AC Tiba tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

  • Ahli HVAC
  • Dec 19, 2022

AC menjadi pilihan yang tepat untuk membuat suhu udara yang panas menjadi dingin dan sejuk, meskipun beberapa masalah muncul dalam penggunaannya. Kenapa AC tiba tiba mati sendiri adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul dari masalah penggunaan AC.

Seperti perangkat elektronik pada umumnya, AC juga rentan mengalami gangguan dan kerusakan apalagi jika para penggunanya kurang hati-hati. Beberapa hal yang mungkin mengakibatkan gangguan pada Air Conditioner (AC) dapat pengguna simak dalam penjelasan berikut ini.

Penyebab AC Tiba tiba Mati Sendiri

Untuk menjawab pertanyaan kenapa AC tiba tiba mati sendiri bukanlah hal yang sulit, karena banyak hal yang dapat melatarbelakangi masalah tersebut. Beberapa jenis dan merk AC tertentu bahkan mungkin seringkali mengalami gangguan tersebut, secara umum penyebabnya adalah sebagai berikut.

1. Termostat Terletak di Tempat yang Buruk

Apabila termostat yang digunakan pengguna diletakkan pada tempat seperti di bawah ventilasi, di samping pintu luar, atau dekat jendela. Hal tersebut bisa membuat HVAC menjadi mati sebelum waktunya, HVAC yang mati ini akan menimbulkan berbagai kendala pada perangkat AC.

2. Saringan Udara yang Kotor

Filter udara pada AC sebaiknya diganti satu bulan sekali atau paling tidak 2 bulan sekali tergantung pada jumlah penghuni rumah. Jika rumah dihuni oleh banyak orang maka pengguna harus lebih sering melakukan perawatan dan membersihkan penyaring AC.

Jumlah penghuni rumah yang lebih banyak biasanya membuat filter AC lebih cepat kotor sehingga perlu lebih sering untuk dibersihkan. Filter udara yang terlalu kotor akan mengakibatkan kumparan evaporator yang juga akan membuat AC tiba-tiba mati sendiri.

3. Unit AC yang Bocor

Refrigeran yang mengalami bocor akan merugikan para pengguna AC karena dapat merusak elektronik dan benda lain yang terkena tetesan air. AC yang bocor ini biasanya juga menjadi tidak bekerja dengan maksimal sehingga udara di ruangan tersebut tetap saja panas.

Jika pengguna melihat adanya tetesan air dari AC artinya refrigerant atau freon tertentu pada AC telah mengalami kebocoran. Pengguna perlu segera mengatasi masalah tersebut  dengan meminta bantuan teknisi yang berpengalaman dari sebuah penyedia jasa service AC yang terpercaya.

Cara Mengatasi AC yang Mati Sendiri

Setelah tahu hal-hal yang mungkin menjadi penyebab AC mati sendiri tiba-tiba maka, para pengguna juga perlu tahu bagaimana cara mengatasinya. Untuk dapat mengatasi gangguan pada air conditioner (AC), para pengguna dapat memperhatikan penjelasan di bawah ini.

  • Periksa Thermostat. Pengguna harus memastikan terlebih dahulu baterai tidak mengalami masalah, jika baterai memang habis pengguna dapat menggantinya dengan baterai yang baru. Letakan komponen AC ini di ruangan yang suhunya tidak terlalu panas serta pastikan agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Bersihkan Filter Udara. Seperti yang telah diketahui filter yang jarang dibersihkan akan menjadi tersumbat maka harus segera dibersihkan dengan hati-hati. Caranya adalah buka filter udara dan bersihkan dengan menggunakan kompresor angin atau dengan disikat secara perlahan kemudian dibilas.
  • Isi Ulang Freon. Kebocoran pada komponen freon akan membuat AC tidak mampu mendinginkan ruangan dan hanya angin saja yang keluar dari AC tersebut. Pada umumnya, kebocoran ini disebabkan karena freon AC sudah habis dan pengguna dapat mengisi ulang freon tersebut dengan memanggil teknisi.

Demikian pembahasan mengenai penyebab kenapa AC tiba tiba mati sendiri yang juga  dilengkapi dengan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Dengan mengetahui kemungkinan penyebab masalah pada AC, para pengguna tentu dapat lebih mudah untuk menentukan langkah perbaikan.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama