Kenali Penyebab dan Ciri Kompresor Kulkas Rusak di Rumah - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Kompresor Kulkas

Kenali Penyebab dan Ciri Kompresor Kulkas Rusak di Rumah

Selain pendingin ruangan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, ada juga mesin pendingin lainnya seperti kulkas. Kulkas mempunyai berbagai macam merek yang dapat dijadikan pilihan oleh masyarakat. Akan tetapi masyarakat juga harus mengenali ciri kompresor kulkas rusak di rumah.

Mengapa Kompresor Cepat Rusak?

Memang sangat banyak merek dari mesin pendingin yang satu ini dan dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Namun setiap merek kulkas juga mempunyai kekurangan masing-masing seperti kompresor yang cepat rusak. Lantas apa yang menjadi penyebab kompresor dari kulkas cepat rusak? Berikut penjelasan singkat mengenai hal tersebut:

1. Jarang Membersihkan Kulkas

Kompresor dari kulkas cepat rusak apabila jarang dibersihkan. Hal tersebut ditandai dari munculnya bunga es pada bagian freezer. Dengan adanya bunga es ini dapat menutupi selang yang ada pada kulkas sehingga tidak menimbulkan dingin. Olehnya itu, seseorang harus rajin dan rutin untuk membersihkan kulkas yang dimiliki.

2. Pintu Tidak Rapat

Hal kecil yang juga menjadi salah satu faktor penyebab kompresor menjadi rusak karena pintu kulkas sering tidak ditutup dengan rapat. Sehingga kulkas menjadi lebih banyak dalam memakan daya cukup tinggi. Bahkan kulkas juga menjadi rusak karena udara dingin selalu keluar yang membuat mesin bekerja ekstra.

Ciri-ciri Kompresor Kulkas yang Rusak

Setelah mengetahui faktor yang menjadi penyebab kompresor kulkas lebih cepat rusak, tentu seseorang juga harus mengenali ciri-cirinya. Memang ada ciri-ciri kompresor kulkas yang rusak dan tanpa disadari oleh pemilik. Olehnya itu, berikut merupakan pembahasan lengkap mengenai ciri kompresor kulkas rusak yang wajib diketahui:

1. Pendingin Tidak Bekerja dengan Baik

Kompresor merupakan komponen pada kulkas yang tentunya mempunyai peran penting. Apabila pendingin kulkas tersebut tidak berfungsi secara maksimal maka hal tersebut dapat menjadi ciri-ciri jika kompresor tersebut rusak. Sangat mudah mengenali ciri-ciri ini karena seseorang bisa melihat air yang disimpan di freezer tidak membeku.

2. Menimbulkan Suara yang Keras

Pada umumnya, suara dari kompresor kulkas lebih ringan dan tentunya tidak ribut. Namun suara kompresor akan berubah jika mengalami kerusakan. Kompresor dapat menimbulkan bunyi lebih keras dari biasanya dan bisa saja kulkas tersebut mati total. Terjadinya hal tersebut punĀ  dapat dipengaruhi dari usia kulkas yang sudah tua.

3. Ampere Sudah Lebih Batas Normal

Gejala lain yang dapat juga membuat kompresor menjadi rusak karena ampere kulkas meningkat sehingga melebihi batas normal. Jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya cek tekanan yang dimiliki freon kulkas tersebut. Karena freon ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap kerusakan ampere tersebut.

4. Mengeluarkan Bunyi Berdengung

Meskipun kulkas tetap menyala namun suara berdengung pada kulkas tetap terjadi sebagai ciri kompresor kulkas rusak. Hal ini biasanya terjadi apabila tegangan yang digunakan sangat rendah atau sangat besar. Dengan begitu, ampere yang ada pada bagian kompresor akan naik dan menyebabkan mesin mati.

5. Kompresor Mati Total

Kompresor terdapat di bagian belakang yang bisa saja mati total apabila kompresor tersebut rusak. Jika sudah terjadi hal seperti ini sebaiknya periksa relay PTC yang biasanya putus. Cara mengeceknya pun cukup mudah dengan memberikan tegangan listrik secara langsung atau bisa membawa ke tukang service.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan ciri kompresor kulkas rusak. Memang bagian kulkas ini memiliki peran penting untuk membuat kulkas menjadi lebih dingin. Jika kompresor rusak tentu sangat kecil kemungkinan kulkas tersebut dapat diperbaiki seperti sebelumnya. Olehnya itu, hindari faktor yang membuat kompresor cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =