Kenali 5 Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak untuk Penanganan Cepat - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Kenali 5 Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak untuk Penanganan Cepat

Kenali 5 Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak untuk Penanganan Cepat

Kompresor merupakan komponen penting yang terdapat di setiap alat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin. Kulkas, sebagai salah satunya juga mempunyai komponen tersebut sebagai bagian pokok yang penting. Jika rusak, maka akan menyebabkan masalah serius yang harus segera ditangani. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali ciri-ciri kompresor kulkas rusak berikut ini:

1. Tidak Lagi Bisa Mendinginkan

Salah satu tanda yang paling mudah diamati adalah kulkas tidak lagi bisa mendinginkan seperti biasanya. Hal ini karena kompresor merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan suhu dingin. Oleh sebab itu, saat kulkas yang ada di rumah sudah kehilangan fungsi utamanya sebagai pendingin, maka patut mulai curiga.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk menguji hal ini, yaitu dengan memasukkan sekantong air ke dalam freezer. Jika dalam rentan waktu berjam-jam air tersebut belum beku, maka kemungkinan kompresornya sudah rusak. Tapi, ini bukan menjadi satu-satunya tanda karena permasalahan lain juga mempunyai tanda yang sama. Maka, amatilah tanda atau ciri-ciri selanjutnya.

2. Adanya Suara Keras yang Mengganggu

Ciri-ciri selanjutnya, yaitu adanya suara yang cukup keras dari kulkas yang tidak biasanya terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya dengarkan dan perhatikan baik-baik suara yang keluar dari kulkas. Suara tersebut menjadi salah satu tanda jika ada kerusakan dalam kompresor yang bahkan bisa membuatnya mati hanya dalam beberapa hari saja.

Suara yang berasal dari kompresor biasanya terjadi karena kompresor kulkas tersebut sudah aus. Masalah ini bisa timbul karena diakibatkan oleh usia pemakaian kompresor yang sudah cukup lama. Jika hal ini terjadi, maka segeralah mengganti kompresor kulkas tersebut dengan yang baru.

3. Adanya Peningkatan Ampere Kompresor

Ciri-ciri kompresor kulkas rusak juga bisa dilihat dari besaran ampere dari kompresor tersebut. Coba perhatikan besaran ampere tersebut masih di batas normal atau sudah melebihi batas normal yang biasanya terjadi. Jika sudah melebihi batas normal, maka hal tersebut sudah menjadi pertanda jika ada kerusakan pada kompresor.

Hal yang perlu diketahui adalah pada beberapa kasus, naiknya ampere kompresor itu disebabkan hal lain, seperti freon. Oleh sebab itu, sebelum memberikan kesimpulan, cek terlebih dahulu tekanan freonnya. Selain itu, penting juga untuk mengetahui tekanan normal freon dan juga kompresor agar tidak salah menyimpulkan.

4. Suara Dengungan dari Kompresor

Ternyata, suara berisik bukan satu-satunya tanda kerusakan pada kompresor kulkas, melainkan juga suara seperti berdengung. Suara tersebut biasanya berasal dari dalam kompresor itu sendiri sebagai akibat dari tekanan listrik. Biasanya, tekanan listrik yang menyebabkan masalah ini adalah tekanan yang terlalu rendah atau yang terlalu tinggi.

Permasalahan ini bisa berakibat pada permasalahan lain yang sudah dibahas di poin sebelumnya. Jad, saat terjadi suara berdengung tersebut, biasanya akan mengakibatkan ampere kompresor meningkat. Hal selanjutnya, yaitu kompresor bisa benar-benar mati dan tidak berfungsi lagi.

5. Kompresor Mati

Ciri-ciri yang terakhir ini menjadi ciri-ciri pokok yang sudah pasti menunjukkan adanya kerusakan pada kompresor. Namun, pastikan dahulu jika kompresor tersebut sudah dialiri listrik sebelumnya. Jadi, jika sudah dialiri listrik dan kompresor masih tetap tidak bekerja atau tidak menyala, artinya sudah rusak.

Beberapa tanda atau ciri-ciri di atas saling berkaitan satu sama lain dan benar benar harus dipastikan terlebih dahulu. Hal ini karena beberapa permasalahan terkadang mempunyai tanda yang sama. Oleh sebab itu, sangat penting memahami bagaimana ciri-ciri kompresor kulkas rusak agar tau bagaimana mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =