Berikut Merupakan Kelebihan AC Split, Wajib Diketahui!

  • Ahli HVAC
  • Mar 25, 2023

AC split saat ini telah banyak digunakan dalam rumah maupun gedung, bahkan penggunaan AC mulai menyaingi pengguna kipas angin. Apalagi karena kelebihan AC split yang membuat para pengguna lebih nyaman menggunakannya daripada kipas angin.

Air Conditioner atau yang biasa disebut AC pertama kali ditemukan oleh Wilis Haviland Carrier pada tahun 1906. Kemudian terus berkembang seiring berjalannya waktu, hingga terbentuklah AC split dengan segala keunggulannya. Apa saja kelebihannya? Simak berikut.

Pengertian AC Split

Seperti yang telah dijelaskan di awal, AC split merupakan hasil perkembangan dari bentuk awal AC yang ditemukan pada tahun 1906. Kemudian manusia terus mengembangkannya agar menjadi pendingin ruangan yang lebih efektif untuk digunakan.

Alhasil lahirlah AC split, yaitu AC yang terdiri dari dua bagian dalam setiap unitnya. Satu bagian ditempatkan di dalam ruangan (bagian pendingin) dan bagian lainnya diletakkan di luar ruangan (bagian pembuang panas).

Karena terdapat dua bagian itulah yang menyebabkan AC ini dinamakan AC split. Selain itu juga dapat diatur dengan suhu yang lebih dingin daripada suhu sekitarnya. AC ini cocok digunakan saat di dalam ruangan (tertutup).

Adapun AC split juga terbentuk dari beberapa komponen. Berikut komponen yang ada dalam AC split yang perlu diketahui oleh penggunanya:

  • Evaporator, yaitu pipa panjang yang berguna untuk penukar udara panas menjadi dingin.
  • Kompresor, berfungsi untuk memompa freon agar dapat mengalir ke semua bagian AC.
  • Kondensor, berguna untuk mendinginkan suhu refrigerant.
  • Pipa Kapiler, berfungsi agar menurunkan dan mengatur aliran pada freon menuju evaporator.
  • Blower, berguna untuk mensirkulasikan udara dari dalam ruangan menuju luar.

Kelebihan AC Split

Pada pembahasan di awal disebutkan bahwa kelebihan dari AC split yang banyak menarik kalangan masyarakat hingga mereka menggunakannya. Lantas apa saja kelebihannya? Simak penjelasannya berikut.

1. Memiliki Bentuk yang Simpel

AC split umumnya memiliki bentuk persegi panjang yang dipasangkan di bagian atas dinding. Sehingga nampak sangat simpel namun tetap dapat mendinginkan ruangan. Keuntungan bentuk tersebut adalah pengguna dapat hemat tempat tanpa harus menyisihkan bagian lantai.

2. Lebih Hemat Dalam Pemakaian

Kelebihan selanjutnya adalah AC split memiliki daya listrik yang rendah dibandingkan jenis AC lainnya. Terhitung pada tipe AC ½ pk hanya memerlukan listrik 350 watt, hal itu akan membuatnya tetap hemat walaupun sering digunakan.

Namun pengguna tetap harus mengontrol pemakaian AC di setiap harinya, seperti mematikan AC saat tidak ada orang dalam rumah. Hal itu akan membuat pengeluaran listrik rumah menjadi hemat.

3. Lebih Cepat Dingin

Walaupun bentuknya simpel (seperti yang dijelaskan di awal) AC split tetap mumpuni untuk mendinginkan suatu ruangan. Bahkan AC ini terbilang cukup superior dibanding AC jenis lainnya, walaupun bentuknya terbilang kecil.

Tak hanya itu, AC split juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendinginkan ruangan. Karena setelah menyalakannya, AC akan segera mendingin dalam waktu yang singkat, sekitar 3 sampai 5 menit.

4. Dapat Dikendalikan dari Jauh

Sudah sangatlah umum jika AC split pasti dibekali dengan remot kontrol yang bisa mengatur AC dari jarak jauh. Bahkan pada keluaran terbaru, AC split juga dapat dikendalikan melalui Hp. Hal itu membuat efisien pemakaian AC.

5. Harga Terjangkau

Untuk sekarang banyak jenis AC split yang terjual terjangkau di pasaran Indonesia. Yaitu sekitar 2 jutaan untuk pengguna dapat membawa pulang AC split. Harga tersebut terhitung cukup terjangkau untuk memiliki AC dengan banyak keunggulan tersebut.

Itulah beberapa kelebihan AC split yang pasti semakin membuatnya semakin unggul dan nyaman untuk digunakan. Jika dirasa cocok bagi pengguna, silahkan membelinya di toko elektronik terdekat.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama