Jenis AC Yang Dipasang Pada Bangunan Gedung - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Jenis AC Yang Dipasang Pada Bangunan Gedung Bertingkat

Jenis AC Yang Dipasang Pada Bangunan Gedung

Mengenai Kapsitas pendinginan Dari AC kerap dipakai dengan istilah PK atau Btu ukuran apakah itu ?. PK ialah Hose energy atau Tenaga kuda. 1 pk =746 watts. Tetapi tidak boleh di kacau-balaukan dengan pk atau watts dalam pengertian Input power Listrik pada mesin AC. PK dalam masalah ini ialah kemampuan pendinginan yang dapat dibuat oleh mesin AC tersebut, atau yang gampang dipahani ialah berapakah kalori kemampuan pendingina mesin tersebut setiap jamnya, atau setiap menitnya.

Tetapi kecuali PK ada ukuran yang lain lasim di pakai untu tenaga/ kemampuan AC,Yakni : BTU/h atau Btu perjam.

BTU ialah ringkasan dari Britis termal Unit. Yakni ukuran kemampuan panas yang Berawal dari Britis (inggris) sedang jika di Indonesia di saat sekolah dahulu umumnya yang populer ialah Kalori atau Kilo kalori (yakni jumlahnya panas untuk menaikan temperatur air 1 drajat C. seberat 1kg air) pada penekanan 1 atmosfir.Berikut ini ialah beberapa kesamaan/ alterasi ukuran tenaga /kemampuan pendinginan atau pemanasan.

1 Calori=3,96 btu…..1kcal=3968 btu

I Ton Refrigerant(tr)=12000 btu/h atau (12000btu perj am)

AC Window

Dari pemahaman kata AC Window tipe ini bermakna AC jendela.dan itu benar karena Ac mannequin ini di pasang di tembok yang memiliki bentuk frame nya serupa jendela,sisi Evaporator Ac ada dalam tembok/dinding, sedang sisi kondensor ada di bagian luar jendela pada dinding. Sedang Kompressor menjadi satu didalamnya. AC mode ini saat ini telah jarang-jarang di pakai karena memiliki bentuk kurang trendi. Ukuran Ac ini di antara ¾ pk s/d 2pk. (tenaga kuda kemampuan pendinginan). Kehadiran mode ini telah semakin tertekan oleh AC tipe Split.

Ac Split

AC split ialah Mode AC yang banyak anda jumpai di sekarang ini. AC tipe ini sering digunakan di dalam rumah individu atau gedung tingkat untuk peranan Apartement. AC split Ialah mannequin AC yang Evaporatornya terpisah dari Kondensor dan Kompressornya.

Evaporator (indoor) akan di pasang dalam Ruang atau kamar, sedang Kondensor dan Kompressornya diletakkan di luar ruang ( Out Door). Di antara dua perlengkapan itu di sambungkan oleh sepasang pipa2 tembaga. Terhitung kabel energy atau kabel controlnya.

Kemampuan AC split biasanya di antara 1 pk s/d 4 pk. Tetapi untuk kind Ac multi split atau vvr ukuranya dapat semakin besar kembali.

AC Split dipisah beberapa sort atau instalasi. Diantaranya Model AC Multi Split dan mode lainnya ialah VVR.

AC Multi Split

Multi split ialah tipe AC Split dengan Satu Out door tetapi memiliki indoor 2 sampai 4 indoor. Di mana per cabangan pipa tembaganya telah diawali/dipisah dari sejak Out Door. Contoh AC multi Split dengan 2 indoor karena itu pipa tembaga dari outdoor ialah 2 pasang, masing-masing berisi 2 pipa tembaga pipa provide ke evaporator atau pipa balik dari evaporator( narow pipe dan Wide pipe).jadi untuk 2 indoor semuanya ada 4 pipa tembaga penyambung.

AC VVR

Sedang model VVR ialah AC split di mana Outdoornya 1 biji dengan kemampuan lumayan besar tetapi di pakai oleh beberapa indoor. Perbedaannya dengan multi split ialah langkah pembagianya percabangan pipa 2 tembaganya. AC Split tipe VVR pipa yang keluar dari Out Door Hanya satu pasang (Narow dan Wide pipe) tetapi natinya di cabang2 dimulai dari indoor pertama sampai indoor teahkir. Yang penting diingat di mode ini ialah cara pengisian Preon dari mesin ini harus di simpan2 baik2. Karena tanpa tutorial dari catalog dari pembikin mesin tehnisi akan susah tentukan berat preon yang betul ;. sesuaikan dengan panjang pipa tambahan di atas lapangan. Status peletakan Indoor AC Split ada beberapa jenis. Yakni:

Wall Mounting.:yakni: peletakan melekat pada dinding.

In Ceiling Mekanisme yakni peletakan Di langit2( plapon).

Standing aspect sistem Berdiri dilantai seperti Kulkas.

Seterusnya kita masuk di Mode AC Paket atau kerap disebutkan Insttalasi AC sentra Unit/paket. Ada 2 sort dalam tipe AC sentra tipe ini yakni Tipe Air Coolled dan Tipe Water Coolled.

Tipe Air Coolled yakni di mana pendinginan Kondensor memakai udara luar dengan temperatur reguler udara luar yang perputaran udaranya menggunakan batuam Kipas yang kemampuannya sesuai yang di perlukan.

Tipe Water coolled adalah pendinginan kondensor menggunakan air dingin (temperatur biasa) dari Coolling tower.di mana air ini di alirkan lewat pipa baja di alirkan ke setiap kondensor di masing2 mesin AC paket ada.

Sedang pendistribusian udara dingin dari Evaporator biasanya memkai ducting.Yang ditolong dengan sebuah blower atau kipas besar pada bagian belakang evavorator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + ten =