Mengetahui Jenis AC Split Sebelum Menggunakannya 

  • Ahli HVAC
  • Feb 25, 2023

Ada berbagai jenis AC split yang diluncurkan ke masyarakat untuk menjawab kebutuhan masyarakat atas pendingin ruangan. Perlu diakui, pendingin ruangan menjadi perangkat yang semakin umum dan banyak digunakan oleh masyarakat. 

Jenis AC yang paling ideal untuk digunakan di kehidupan sehari-hari adalah AC split yang mudah dalam segi instalasi dan hemat biaya listrik. Namun, ternyata jenis dari AC split ini dibagi-bagi lagi menjadi beberapa kategori. 

Mengenal Perangkat AC Split 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, AC Split merupakan jenis AC yang banyak digunakan masyarakat luas. Terutama, untuk kebutuhan penggunaan di rumah. Namun, apa yang disebut dengan AC Split itu sendiri. 

AC Split merupakan jenis AC yang memiliki kemampuan mengatur suhu ruangan sesuai dengan para penggunanya inginkan. Terutama, untuk membuat suhu di dalam ruangan agar lebih rendah dibandingkan suhu lingkungan yang ada di areanya. 

Sesuai dengan namanya, AC split memiliki dua komponen yang diletakkan di dalam ruangan sebagai ACnya sendiri. Kemudian ada pula komponen kipas yang diletakkan di luar ruangan. Unit outdoor sebagai perangkat untuk mengeluarkan hawa panas tersebut. 

Perangkat ini bekerja dengan menghisap dan mensirkulasikan udara yang ada di ruangan secara terus menerus. Selain itu untuk mengeluarkan udara panas dari ruangan dengan paduan dua komponen di dalam dan di luar ruangan tersebut. 

Untuk mendinginkan ruangan, perangkat ini menggunakan bahan pendingin yang bernama freon. Kemudian melakukan proses refrigerasi jadi suhu yang dikeluarkan dari unit AC bisa lebih dingin dan lebih sejuk. 

Jenis AC Split yang Ada di Pasaran 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis dari AC split. Jenis-jenis ini sudah beredar di pasaran dan para pengguna bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Ada baiknya bagi para calon pembeli untuk memahami berbagai jenis dari AC Split ini. 

Jadi, ketika akan membelinya para pengguna bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut bisa disimak berbagai jenis dari AC split yang paling umum beredar di pasaran. 

1. AC Split Jenis Inverter 

Jenis pertama dari AC split adalah jenis AC Inverter. Jenis AC ini terbilang jenis dengan teknologi terbaru. Ciri khasnya adalah pemanfaatan frekuensi listrik untuk mengatur cooling power yang dikeluarkan oleh AC agar sesuai dengan keinginan. 

Kelebihan dari jenis AC ini adalah pengaturan suhunya yang akan lebih stabil. Hal ini membuat pemakaian listrik tidak akan terlalu besar. Karena mulai dari nol watt dan naik secara bertahan namun berhenti jika ruangan sudah cukup dingin. 

2. AC Split Jenis Low Watt

Jenis Low Watt adalah jenis AC dengan tegangan listrik yang rendah dan cocok untuk orang yang ingin konsumsi listrik yang minimal. Namun, konsumsi listrik yang minimal ini membuat ruangan tidak bisa dingin dengan cepat namun perlu waktu yang bertahap. 

Walaupun terkesan hemat listrik, namun penggunaan AC jenis ini bukan untuk penghematan listrik. Penggunaan jenis AC ini lebih ditujukan untuk rumah dengan tegangan listrik yang kecil. 

3. AC Split Standar 

Jenis standar merupakan tipe AC Split yang banyak digunakan di pasaran. AC jenis ini punya kelebihan bisa mendinginkan udara dengan lebih cepat dan penggunaan listrik yang stabil. Walaupun memang lebih besar dibandingkan dengan yang low watt. 

Berbeda dengan AC jenis inverter, tarikan jenis AC ini ketika pertama kali dinyalakan sangatlah besar. Sangat ideal untuk penggunaan yang terus-menerus. 

Itulah berbagai jenis AC Split yang banyak beredar di pasaran. Para calon pembeli memiliki lebih banyak opsi untuk membeli. 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama