5 Poin Penting Instalasi AC Split Duct yang Perlu Diperhatikan

  • Ahli HVAC
  • Mar 09, 2023

Keunggulan AC Split Duct sebagai pendingin ruangan yang merata, ekonomis dan estetis membuat penggunaannya semakin diminati terlebih di industri. Inilah mengapa sejumlah poin dalam instalasi AC Split Duct diperlukan agar keunggulan yang dimiliki bisa dirasakan.

Untuk mengetahui apa saja poin instalasi, silahkan simak dengan baik rangkuman berikut. Walaupun bukan seorang teknisi setidaknya wawasan tentang AC Split Duct dapat sedikit dipahami.

1. Pelajari Lokasi dan Tempat Instalasi 

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi dan tempat pemasangan AC Split Duct. Dimana tidak boleh sampai ada gangguan yang nantinya dapat menghambat sirkulasi udara baik unit indoor maupun outdoor.

Kemudian jarak instalasi unit outdoor nilai minimalnya 20 cm (sisi kiri) dan 30 cm (sisi kanan). Sedangkan untuk jarak unit indoor sisi depan umumnya 70 cm.

Lalu pembuangan udara unit outdoor dan indoor jangan sampai dekat dengan sumber panas. Pastikan pula tempat perawatan termasuk service kedepannya (kalau-kalau ada masalah) tidak sulit dijangkau. 

2. Peletakan Aliran Listrik

Poin selanjutnya yang harus diamati, terkait peletakan aliran atau jaringan listrik mulai dari tegangan, ukuran kabel, hingga sistem grounding. Untuk tegangan listrik nilai normal yang umum digunakan sebesar 220 V dengan frekuensi sekitar 50 Hz.

Sementara sistem grounding digunakan sebagai wadah pembuangan arus listrik (saat terjadi kebocoran). Penambahan stabilizer juga diperlukan agar tidak menyebabkan kebakaran akibat tegangan yang tinggi.

Stop kontak yang disarankan dalam instalasi AC Split Duct berupa model kaki tiga dengan kualitas terbaik. Untuk jaringan listrik sendiri dibutuhkan yang secara khusus guna mengalirkan listrik ke unit dan sub unitnya.

3. Pemipaan Unit Indoor dan Unit Outdoor 

Pada poin berikut perhatikan setiap diameter pipa dengan kesesuaian standar unit AC kemudian penggunaan armaflex sebagai heat insulation. Disusul pembuangan freon yang dites terlebih dahulu lewat manifold dan skala ampere.

Di samping mengecek freon yang keluar, pengujian kebocoran gas harus diketahui cara tepatnya. Pengecekan hambatan pemipaan unit indoor dan outdoor juga perlu dilakukan.

Estetika pemipaan juga harus diamati secara baik dengan tujuan agar letak pipa tidak mengganggu keindahan ruang. Pasang pipa sesuai kebutuhan dengan tetap mempertahankan estetika (bersifat opsional).

4. Perihal Sistem Saluran

Terkait sistem saluran atau ducting system pastikan ukuran pipa, heat insulation (sistem isolasi), getaran, dan suara yang keluar sesuai. Estetika turut penting dalam pemasangan sistem saluran yang dikerjakan.

Khusus untuk drainase perhatikan pembuatannya karena dapat memberikan dampak pada musim hujan. Pipa drainase sebaiknya dipasang dengan posisi yang bukan ke arah atas.

Kemudian khusus evaporator, cek dahulu apakah air dapat keluar dengan baik atau tidak. Pengecekan evaporator bisa dilakukan dengan sederhana, yang mana air dituangkan dalam bagian evaporator lalu lihat kelancarannya.

5. Estimasi Biaya Pemasangan AC

Seperti kebanyakan air conditioning lainnya, instalasi AC Split Duct pun membutuhkan estimasi bujet pemasangan. Meskipun terkenal dengan keekonomisan, namun pekerjaan instalasi terbilang cukup rumit.

Ini artinya instalasi AC biaya yang harus disiapkan bisa jadi tidak sedikit nominalnya. Apalagi menggunakan jasa instalasi yang memiliki kecakapan yang mumpuni dengan jam terbang tinggi.

Bukan hanya sekedar estimasi bujet instalasi, perawatan AC Split Duct tidak boleh begitu saja terlewati. Siapkan dana simpanan kalau-kalau AC mengalami masalah yang memerlukan biaya tambahan.

Demikian 5 poin penting instalasi AC Split Duct yang sebaiknya diperhatikan dengan benar sebelum melakukan pemasangan pada ruangan atau bangunan. Intinya rancangan, pengoperasian, dan perawatan instalasi harus dilakukan dengan teliti serta tidak bisa asal-asalan.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama