Inilah Cara Mudah Memperbaiki Freezer Box Bocor - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Inilah Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor dengan Cara yang Mudah

Inilah Cara Mudah Memperbaiki Freezer Box Bocor

Biasanya istilah freezer hanya digunakan untuk kulkas sebagai tempat menyimpan bahan makanan seperti daging. Semakin berjalannya waktu, bagian kulkas ini  ternyata sudah terpisah dan dinamakan sebagai freezer box. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa freezer box biasa mengalami kebocoran. Maka dari itu, cara memperbaiki freezer box bocor harus diketahui.

Penyebab Freezer Box Mengalami Kebocoran

Bocor yang terjadi pada beberapa bagian yang terdapat pada freezer box tentu disebabkan oleh beberapa hal. Kebocoran yang terjadi ini sebagai tanda bahwa freezer box tersebut sudah tidak dingin lagi. Dimana barang yang disimpan di dalam freezer tetap pada suhu yang semula. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa freezer box bocor yang paling sering terjadi:

1. Koil Kondensor Kotor

Bagian koil kondensor yang terdapat pada freezer box juga perlu untuk diperhatikan. Jangan sampai freezer box tersebut kotor sehingga peluang terjadinya kebocoran pada freezer sangat rentan. Dimana kapasitas pendingin menurun dan sesuatu yang dimasukkan ke dalam freezer tidak dingin lagi. Koil kondensor pun bisa dibersihkan dengan sendiri.

2. Bocornya Evaporator

Evaporator freezer box juga biasa mengalami kebocoran karena terkena tusukan dari benda tajam sehingga menimbulkan goresan. Bukan hanya menimbulkan goresan saja, namun akibat tusukan ini bisa menimbulkan kerusakan pada dinding freezer box. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bunga es dengan cara hati-hati.

Cara Memperbaiki Freezer Box yang Bocor

Selain dua penyebab yang disebutkan di atas, ada juga penyebab lainnya. Penyebabnya antara lain tertusuk pisau, karet freezer rusak, lubang udara freezer tertutup es batu, dan lainnya. Lantas bagaimana cara memperbaiki freezer box bocor? Berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai langkah yang bisa dilakukan:

1. Mengganti Bagian Evaporator Freezer Box

Apabila freezer box mengalami kebocoran karena rusaknya bagian lubang freezer maka langkah yang diambil adalah mengganti evaporator. Memang langkah seperti ini hanya satu-satunya cara yang bisa dilakukan ketika freezer box bocor karena lubangnya yang tertusuk. Adapun fungsi dari evaporator ini untuk menyerap panas terhadap benda yang dimasukkan ke freezer.

2. Menambal Evaporator Freezer

Jika kebocoran yang dialami pada bagian lubang tidak terlalu dalam, maka cukup dengan menambal evaporator saja. Cara menambal pun tidak sembarangan, dimana seseorang harus menggunakan lem hijau. Selain lem hijau, seseorang pun bisa menggunakan kawat las aluminium. Namun cara yang paling aman dan mudah diterapkan adalah menambal dengan lem hijau.

3. Sebaiknya Mengganti Oli Kompresor

Oli kompresor dapat diartikan sebagai minyak pelumas yang berfungsi untuk memompa refrigerant ke seluruh bagian freezer. Cara yang digunakan pada saat mengganti oli kompresor adalah melepaskan pipa tekan terlebih dahulu. Kemudian lepaskan baut dan buang oli lama. Langkah berikutnya adalah menghidupkan kompresor sambil menuangkan oli kompresor yang baru.

4. Mengganti Pipa Kapiler

Pipa kapiler pun bisa diganti apabila freezer box mengalami kebocoran. Adapun fungsi dari pipa kapiler ini adalah untuk menurunkan tekanan dan merubah wujud gas menjadi cair. Bukan hanya itu saja, pipa kapiler ini digunakan untuk menentukan titik lebur freezer box. Fungsi yang wajib diketahui adalah pipa kapiler memiliki fungsi untuk menghisap gas yang berasal dari evaporator.

Penjelasan mengenai cara memperbaiki freezer box bocor memang wajib untuk diketahui sehingga tidak merasa bingung apabila freezer box mengalami masalah. Cara memperbaiki freezer box pun bisa dilakukan secara sendiri maupun dibawa ke tempat servis. Namun terlebih dahulu harus diketahui apa penyebab dari kebocoran yang terjadi pada freezer box.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =