Inilah 5 Ciri Ciri Freon AC Bocor Penting Untuk Diketahui - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
spesifikasi kulkas sharp sj 237 mg

Inilah 5 Ciri Ciri Freon AC Bocor Penting Untuk Diketahui

Padatnya tingkat mobilitas kendaraan membuat polusi dan suhu udara semakin meningkat.  Mengatasi kondisi itu, kini banyak orang memilih menggunakan AC. Alih-alih membuat udara menjadi dingin, ternyata penggunaan AC dapat berdampak buruk ketika freon mengalami kebocoran. Mengantisipasi hal ini penting bagi pengguna utuk ciri ciri freon AC bocor. Ciri-ciri masalah tersebut di antaranya seperti:

1. Mesin Pendingin Mengeluarkan Udara Panas

Ketika freon AC mengalami kebocoran akan membuat kinerjanya menjadi menurun. Akibatnya, bukan udara dingin yang dikeluarkan melainkan suhu panas. Hal itu disebabkan karena freon dalam kondisi kosong, sehingga udara yang dihembuskan tidak terasa sejuk. Apabila AC yang digunakan mengalami hal seperti ini, maka akan lebih baik untuk dilakukan pengecekan.

Pasalnya, jika AC tersebut bisa menjadi salah satu tanda freon mengalami kebocoran sehingga mengakibatkan zat khusus di pompa AC habis. Jika dibiarkan kondisi tersebut bisa berakibat fatal seperti menimbulkan keracunan, karena dalam freon terdapat senyawa yang berbahaya ketika terkena tubuh manusia.

2. Proses Pendinginan Ruangan Lebih Lama

Freon merupakan komponen utama yang membuat mesin AC bisa menghembuskan udara dingin. Ketika komponen ini bermasalah seperti mengalami kebocoran, akibatnya fungsi utama mesin tersebut mengalami penurunan sehingga proses untuk mendinginkan ruangan menjadi lebih lama.

Umumnya, AC yang memiliki kinerja maksimal dapat mendinginkan suhu ruangan dalam kurun waktu 15 menit. Berbeda halnya jika dalam durasi tersebut AC belum bisa membuat udara di ruangan menjadi lebih sejuk maka patut waspada. Pasalnya, kondisi tersebut dapat menandakan terjadinya kebocoran pada freon.

3. Pipa AC Mengeluarkan Bunga Es

Hal lain yang menandakan terjadinya kebocoran pada freon bisa juga dilihat dari pipa AC. Ciri ciri freon AC bocor biasanya ditandai dengan adanya bunga es pada pipa. Saat menemukan bongkahan es kecil-kecil, maka waktunya dilakukan pengecekan.

Terdapatnya bunga es di bagian pipa AC bukanlah hal yang normal terjadi. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena terdapat masalah di komponen utama evaporator. Apabila dibiarkan persoalan itu mengakibatkan terjadinya kondensasi AC di bagian dalam dan membuat freon menjadi bocor. Kebocoran tersebut lama kelamaan mengubah cairan dan udara di pipa menjadi gumpalan es.

4. Tekanan Udara AC Menjadi Rendah

Apabila tekanan udara yang dikeluarkan AC mengalami penurunan secara tiba-tiba, bisa jadi hal itu menandakan penurunan fungsi mesin. Biasanya, kondisi tersebut dipicu karena terjadinya kebocoran pada komponen utama freon sehingga gas khusus yang terdapat dalam AC habis.

Akibatnya, fungsi utama mesin mengalami penurunan ditandai dengan menurunnya tekanan udara yang dihasilkan AC. Cara paling tepat untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu memanggil tenaga ahli untuk melakukan pengecekan mesin, khususnya di area freon.

5. Tagihan Listrik Melonjak Tajam

Bingung kenapa tagihan listrik tiba-tiba melonjak tajam? Bagi pengguna AC apabila mengalami seperti ini maka patut waspada dan sebaiknya segera melakukan pengecekan mesin. Alasannya, karena naiknya tagihan listrik bisa jadi dipicu karena freon AC mengalami kebocoran.

Mungkin banyak orang yang bertanya kenapa itu terjadi? Perlu dipahami, ketika freon mengalami kebocoran maka mesin membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk mengoptimalkan fungsinya. Artinya, energi yang diperlukan juga semakin besar akibatnya hal tersebut berdampak pada membengkaknya tagihan listrik.

Demikian, ulasan singkat seputar tanda-tanda fungsi utama freon AC sedang bermasalah. Semoga sekilas informasi di atas tentang ciri ciri freon AC bocor dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Terutama bagi para pengguna mesin pendingin ruangan supaya dapat mengambil tindakan tepat ketika mengalami persoalan seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − two =