Ingin Tahu Ciri Ciri Kompresor Kulkas Rusak_ Simak Penjelasannya! - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Kompresor Kulkas

Ingin Tahu Ciri Ciri Kompresor Kulkas Rusak_ Simak Penjelasannya!

Kulkas memang menjadi salah satu elektronik modern yang sangat dibutuhkan saat ini. Tidak hanya untuk membuat es saja, keberadaan kulkas sangat besar pengaruhnya terutama untuk urusan rumah tangga. Kebutuhan makanan yang akan lebih tahan lama menjadikan banyak orang menggunakan kulkas ini. Namun tahukah bahwa banyak orang yang tidak mengetahui ciri-ciri kompresor kulkas yang rusak?

Kompresor ini menjadi salah satu komponen penting dalam pendingin makanan. Hal ini karena kulkas akan berfungsi dengan baik dan maksimal jika kompresor normal, begitu pula dengan kebalikannya. Ketika komponen yang satu ini rusak, maka biasanya minuman atau makanan yang ada didalamnya tidak akan dingin. Nah, untuk lebih lanjut mengenai apa saja ciri-ciri kompresor yang rusak, simak ulasannya berikut ini:

1. Pendinginan Yang Dilakukan Tidak Maksimal

Dalam mesin pendingin, kompresor memiliki pengaruh yang sangat besar bahkan bisa dibilang menjadi inti nya. Ketika perangkat yang satu ini mengalami kendala, maka hawa yang dihasilkan tidak akan maksimal. Secara sederhana untuk bisa mengetahui apakah rusak atau tidak bisa dengan membekukan air di freezer. Ketika hasil dari air tersebut tidak menjadi es, bisa dipastikan bahwa komponen tersebut rusak.

Namun meskipun begitu jangan serta merta memvonis bahwa kulkas tersebut rusak. Bisa saja ketika air tidak membeku secara sempurna, biasanya pintu dari kulkas tidak tertutup secara sempurna. Hal ini menjadikan udara dari luar akan masuk ke dalam dan tidak memberikan kinerja yang optimal.

2. Sering Muncul Suara Dengung

Ketika kulkas mengalami sebuah masalah terlebih tidak bisa dingin, alangkah lebih baik melakukan pengamatan suara yang dihasilkan dari kulkas tersebut. Pasalnya ketika kulkas tersebut memiliki suara yang dengung, hal ini menjadi pertanda bahwa kompresor tersebut rusak.

Biasanya ketika muncul suara dengung tersebut karena tegangan listrik yang bisa saja tinggi atau bahkan sebaliknya. Hal ini menjadikan komponen perangkat cepat rusak Karena tidak stabil. Untuk itu pastikan diamati apakah suara yang dihasilkan wajar atau tidak.

3. Suara Yang Tidak Wajar

Salah satu ciri-ciri kompresor kulkas yang rusak yaitu dengan memperhatikan suara yang dihasilkan. Ketika suara terdengar keras dan juga berisik, maka hal tersebut menjadi identifikasi kompresor rusak. Banyak sekali orang yang mengalami hal ini dan dalam beberapa hari bisa mati total.

Perlu diketahui  bahwa akibat yang satu ini biasanya karena usia dari kompresor yang sudah terbilang lama dan telah usang. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan segera menggantinya dengan yang baru.

4. Peningkatan Ampere Yang Tidak Normal

Ketika ampere sebuah kompresor dirasa melebihi batas normal, hal ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa kulkas akan rusak. Pastikan untuk melakukan pengecekan pada freo karena memiliki pengaruh pada tekanan  yang ada,

Agar bisa mengetahui apakah ada peningkatan ampere atau tidak, bisa dengan mengetahui PSI tekanan Freon. Tidak semua kulkas memiliki tanda yang sama, jadi sangat penting untuk mengetahui jenis kulkas yang digunakan.

5. Mati Total

Untuk ciri-ciri yang satu ini tentu bisa dilihat dari kulkas yang dicolokkan ke tegangan listrik namun tidak menunjukkan tanda hidup. Ketika mengalami hal ini, menjadikan pertanda memang komponen tersebut sudah benar-benar rusak dan telah mati.

Untuk bisa mengetahui hal ini, pasti akn untuk memberikan tegangan listrik pada kompresor. Jika tidak menunjukkan apapun, maka memang harus mengganti kompresor agar kulkas bisa maksimal.

Dengan mengetahui ciri-ciri kompresor kulkas rusak tersebut tentunya bisa menjadikan sarana pengetahuan ketika kulkas tidak memberikan hasil yang diharapkan. Sebagai komponen utama tentu menjadi hal penting yang harus diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + sixteen =