Inilah Fungsi Overload Kulkas yang Harus Diketahui

  • Ahli HVAC
  • Feb 11, 2022

Setiap alat elektronik, misalnya kulkas, memiliki banyak komponen-komponen kelistrikan yang saling terhubung. Salah satu komponen penting dari kulkas adalah Overload. Banyak yang tidak mengetahui fungsi overload kulkas, padahal komponen inilah salah satu yang paling vital pada elektronik rumah tangga tersebut.

Kerusakan yang terjadi pada alat elektronik yang digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman ini sering berasal dari komponen overload. Ketika overload mengalami sedikit gangguan maka jika dibiarkan komponen lain yang saling terhubung tersebut juga akan mengalami kerusakan.

Pengertian Relay Overload Kulkas

Komponen penting bernama overload ini terdapat pada sistem refrigerator yang dapat ditemukan di mesin pendingin seperti AC, kulkas dan freezer. Apabila MCB listrik sering turun atau jepret padahal daya listriknya cukup, kemungkinan ini karena ampere pada MCBnya yang terlalu kecil.

Cara kerja pada  relay overload kurang lebih sama dengan MCB dimana jika ampere peralatan elektroniknya lebih besar maka, listrik turun. Arus listrik yang terkadang tidak stabil dan dapat membahayakan ini akan diatasi oleh sistem pada MCB dan overload.

Fungsi Overload pada Kulkas

Overload ini biasanya menempel langsung pada komponen kompresor, ada yang dapat dilepas pasang dan memakai soket. Ada juga yang ditanam langsung pada kompresor, overload model tanam ini tidak dapat diganti namun biasanya memang lebih awet. Berikut penjelasan terkait fungsi overload kulkas perlu diketahui:

1. Mengatur Arus Listrik Pada Kompresor

Salah satu fungsi utama dari overload kulkas adalah mengatur arus listrik yang masuk ke dalam kompresor kulkas. Seperti sistem MCB pada arus listrik bangunan, jika daya listrik elektronik lebih besar dari daya MCB maka daya akan otomatis diputus.

Tegangan arus listrik adakalanya rendah dan sekali waktu juga bisa menjadi terlalu tinggi, arus yang tidak stabil inilah yang dapat menyebabkan kompresor rusak. Akibatnya kulkas tidak lagi berfungsi dengan seharusnya dan bahkan tidak lagi mampu mendinginkan makanan dan minuman yang disimpan.

2. Melindungi Kompresor Kulkas

Fungsi lain dari overload kulkas yaitu untuk melindungi kompresor agar tidak mengalami gangguan dan kerusakan. Overload pada kulkas akan membantu mengatur dan menjaga suhu pada kompresor kulkas ketika terdapat beban listrik yang berlebih.

Hal ini akan membuat kulkas menjadi sangat panas dan biasanya disertai dengan bunyi berisik yang sangat mengganggu. Apabila tidak segera diperbaiki kemungkinan kulkas akan semakin rusak dan tidak bisa lagi digunakan sesuai fungsi utamanya.

Tanpa komponen overload, mesin kulkas akan terus menerus menyala meskipun temperatur kompresor sedang sangat tinggi dan melebihi batas normal. Seperti komponen pada elektronik pada umumnya yang mudah mengalami kerusakan, overload juga bisa rusak karena beberapa hal berikut.

  • Overload Keropos. Hal ini terjadi karena sering terkena panas, overload yang keropos membuat kompresor tidak bekerja karena tidak ada arus yang masuk ke dalam kompresor.
  • Overload Kotor. Debu atau kotoran yang menempel pada overload dapat menghambat arus listrik sehingga mesin tidak bisa menyala dan kulkas menjadi tidak dingin.
  • Platina rusak. Hal ini biasanya disebabkan karena usia overload sudah cukup lama. Platina yang rusak ini membuat overload tidak dapat mendeteksi arus listrik yang masuk sehingga suhu kompresor terus meninggi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan fungsi overload kulkas, dengan mengetahui hal tersebut pengguna akan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulkas. Ketika mendapati kulkas mulai tidak berfungsi dengan baik, pengguna harus segera memperbaikinya ke tukang service yang profesional.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *