Mencari Tahu Fungsi Evaporator AC Split, Penting Untuk Tetap Dingin 

  • Ahli HVAC
  • Mar 03, 2023

Fungsi evaporator AC split sangat krusial dalam komponen pendingin ruangan. Karena komponen inilah yang berperan besar sebagai tempat pendinginan udara yang akan dikeluarkan dalam ruangan. Komponen ini perlu dirawat dan dijaga dengan baik. 

Karena jika ada kerusakan sedikit saja pada komponen ini. Maka, AC tidak akan bisa berjalan secara maksimal. Bahkan, tidak akan mampu menjalankan fungsi untuk mendinginkan udara yang masuk ke dalam komponen AC. 

Mengenal Komponen Evaporator AC Split 

Sebelum mengetahui fungsi dari komponen ini, tidak ada salahnya untuk mengenal komponen ini lebih jauh. Evaporator merupakan bagian dari AC Split dan seperti yang disebutkan sebelumnya, merupakan komponen yang sangat penting. 

Peran evaporator dalam AC split adalah sebagai tempat penampungan uap dingin. Uap dingin ini dihasilkan dari proses refrigerasi yang terjadi pada komponen AC. Proses pendinginan udara ini tidak bisa berjalan sendiri. 

Namun, dibantu oleh bahan pendingin yang disebut dengan freon. Karena itu, evaporator juga menjadi tempat penyimpanan freon. Komponen ini biasanya dibuat dari bahan tembaga maupun aluminium. 

Bentuknya seperti huruf U dengan ujung-ujungnya dibuat masih saling berhubungan. Kemudian, dilengkapi dengan sirip-sirip yang melindungi pipa bagian dalamnya. Sirip-sirip ini bukan hanya sekedar untuk perlindungan. 

Bentuk ini berfungsi agar uap yang sudah berubah bentuk menjadi air. Dapat dialirkan langsung melalui talang dan dibuang langsung ke bagian luar komponen AC. 

Fungsi Evaporator AC Split 

Setelah memahami sekilas mengenai komponen ini, berikutnya akan dijelaskan fungsi dari komponen evaporator AC Split itu sendiri. Sebenarnya, fungsi dari komponen ini tidak terbatas pada pendinginan udara saja. Berikut ulasan yang jelas mengenai fungsinya. 

1. Mengubah Tekanan Udara 

Pada evaporator tekanan udara yang dihasilkan ada diubah dari udara yang bertekanan rendah menjadi udara dengan tekanan tinggi. Hal inilah yang menghasilkan uang dingin yang nantinya dimanfaatkan untuk mendinginkan ruangan. 

Ruang di dalam evaporator berfungsi untuk mengubah tekanan tersebut dengan proses yang dimaksud dengan refrigerasi. Merupakan aspek penting untuk menghasilkan hawa dingin dari perangkat AC.

2. Menyimpan Freon pada Komponen AC 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, proses untuk menghasilkan uap dingin tidak bisa dilakukan sendiri. Komponen AC membutuhkan bahan pendingin yang dinamakan freon. Karena proses refrigerasi terjadi pada evaporator, maka freon disimpan pada bagian ini. 

Freon adalah komponen yang penting dalam komponen pendingin ruangan. Karena zat pendingin inilah yang akan membuat uap dan udara dingin terbentuk yang nantinya akan dinikmati oleh para pengguna AC. 

Freon ini bisa habis seiring dengan penggunaan AC, karena itu evaporator dan tempat penyimpanan freon di desain agar bisa dibuka dan dibongkar. Tujuannya, agar dapat melakukan pengisian ulang komponen freon. 

3. Memfiltrasi Udara yang Akan Keluar dari AC 

Evaporator juga memiliki sistem filtrasi untuk menyaring udara yang akan keluar dari komponen. Hal ini untuk memastikan bahwa kualitas udara dingin yang dihasilkan AC tidak hanya sejuk namun juga sehat. 

Karena adanya proses filtrasi, evaporator bisa menjadi kotor seiring dengan penggunaannya. Penting untuk membersihkan komponen ini secara rutin. Karena jika bagian ini kotor, maka udara dingin tidak bisa disebarkan dengan maksimal. 

Itulah berbagai fungsi evaporator AC Split, ternyata komponen ini jauh lebih penting dari yang orang duga. Perawatan dan penjagaan pada komponen ini sangat penting. Karena akan langsung mempengaruhi kualitas udara yang akan dihasilkan oleh komponen. 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama