Evaporator Kulkas Bocor? Begini Cara Paling Mudah Mengatasinya!

  • Ahli HVAC
  • Nov 07, 2022

Evaporator merupakan komponen kulkas yang berfungsi untuk menjaga suhu kulkas tetap dingin dan stabil. Jika evaporator kulkas mengalami kebocoran, tentu suhu kulkas juga akan bermasalah. Bagaimana ciri evaporator kulkas bocor dan hal apa yang harus dilakukan? Simak ulasan berikut ini!

Mengenal Evaporator Kulkas, Fungsinya dan Penyebab Kebocoran Evaporator

Evaporator kulkas merupakan satu komponen yang penting dan harus terjaga kestabilannya di kulkas. Cara kerjanya adalah dengan menyerap suhu panas dan menghasilkan suhu dingin.

Fungsi evaporator kulkas tentu saja menjaga suhu kulkas agar tetap dingin, sehingga makanan yang disimpan didalam kulkas tetap aman dan terjaga keawetannya. Jika evaporator kulkas bocor tentu saja kestabilan suhu dingin kulkas akan terganggu, sehingga makanan yang disimpan dikulkas bisa cepat basi.

Kebocoran evaporator kulkas biasanya disebabkan oleh usia kulkas yang sudah lama, korosi ataupun faktor lain seperti tertusuk benda tajam saat proses membersihkan kulkas. Untuk itu hindari penggunaan pisau untuk membersihkan bekuan es yang tertinggal di kulkas, agar kulkas dapat lebih awet digunakan.

Ciri-ciri Evaporator Kulkas Bocor

Setelah memahami fungsi dan pentingnya komponen evaporator di kulkas, tentunya pengguna juga harus mengetahui bagaimana ciri-ciri jika evaporator mengalami kebocoran. Berikut ciri-cirinya:

1. Kulkas Tidak Dingin meskipun Kompresor Panas

Ciri pertama yang menjadi pertanda jika evaporator kulkas mengalami kebocoran adalah suhu kulkas yang tidak berubah meskipun kompresor sudah bekerja.

Karena banyak sekali komponen yang mendukung kulkas untuk menjadi dingin dan stabil, maka jika salah satu komponen sudah bekerja dengan baik tetapi kulkas tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tentu pengguna wajib mencurigai kerusakan atau permasalahan pada komponen yang lain.

2. Freezer Tidak Membeku

Selanjutnya di bagian kedua ciri-ciri evaporator mengalami kebocoran ataupun kerusakan adalah freezer yang tidak membeku. Secara umum, fungsi freezer tentu saja untuk membekukan barang yang disimpan dan menjaganya agar tetap awet serta tidak cepat basi.

Apabila kulkas tidak dingin dan freezer tidak membeku, tentu saja itu berarti kulkas mengalami permasalahan. Entah itu pada evaporatornya ataupun komponen kulkas yang lain menjadi menunjang kulkas menghasilkan suhu dingin.

3. Tagihan Listrik yang Mengalami Kenaikan

Mengapa bisa kerusakan evaporator kulkas berhubungan dengan kenaikan tagihan listrik bulanan? Tentu saja bisa, karena kerusakan pada evaporator menyebabkan dinamo kulkas terus berputar dan bekerja. Alhasil dapat membuat tagihan listrik membengkak dan mengalami kenaikan.

Cara Memperbaiki Evaporator Kulkas Bocor

Jika kerusakan kulkas berada pada evaporator yang bocor, jangan buru-buru untuk ganti dan membeli kulkas baru. Karena pengguna dapat mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu.

Untuk mengatasi permasalahan evaporator kulkas bocor, pengguna dapat melakukan penambalan pada area yang bocor. Berikut ini cara menambal bagian evaporator yang mengalami kebocoran, yaitu antara lain:

  • Temukan titik evaporator yang mengalami kebocoran atau berlubang.
  • Amplas dengan menggunakan amplas halus.
  • Tambal bagian yang bocor dengan lem bakar atau lem dextone sampai semua bagian yang bocor tertutup sempurna.
  • Cek lagi apakah masih perlu proses pengeleman lagi atau tidak.
  • Jika tidak, berarti prose penambalan bagian evaporator yang bocor telah selesai.

Itu dia ulasan mengenai evaporator kulkas bocor, bagaimana ciri-cirinya, cara untuk memperbaikinya serta fungsi dan kegunaan evaporator kulkas itu sendiri. Kini pengguna tak perlu risau lagi jika kulkas tidak dingin, karena pengguna sudah mengetahui apa saja penyebabnya yang paling mudah.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama