Apa Itu Evaporator AC Split? Simak Pengenalan Lengkapnya!

  • Ahli HVAC
  • May 07, 2023

Keberadaan evaporator AC split wajib untuk diketahui mengingat ini termasuk komponen penting.  Terutama dalam hal penyerapan hawa panas yang terdapat dalam sebuah udara. Sebelum diubah menjadi yang udara dingin sehingga memastikan kinerja AC berfungsi dengan baik.

Sementara udara dalam ruangan justru tidak rendah bisa saja terjadi kerusakan pada evaporator. Maka ini termasuk dalam komponen vital dari segi kinerja sebuah AC. Jadi dari itu tidak ada salahnya dengan menyimak bahasan lengkapnya berikut ini:

Mengenal Evaporator AC

Pembahasan pertama tentunya berkaitan dengan pengenalan singkat evaporator AC split. Jika diartikan ini merupakan sebuah bagian yang bersumber dari sebuah pipa tembaga. Serta adanya panjang atau diameter tertentu yang telah diukur dan disesuaikan berdasarkan penggunaannya.

Selain tembaga biasanya juga dikombinasikan dengan penggunaan aluminium dalam pembuatannya. Kemudian sengaja dibentuk menyerupai huruf U. Serta pada bagian ujung saling tersambung. Kegunaan dari aluminium ini memiliki fungsi untuk melindungi pipa dengan bentuk sirip.

Serta memiliki tujuan agar uap yang telah dihasilkan dapat langsung mengalir ke bagian pembuangan air. Dari segi bentuk sengaja dibuat lebih berlekuk hal tersebut dengan tujuan membuat lebih efisien dan efektif ketika digunakan.

Terutama dalam hal penyerapan udara panas dari udara ruangan. Selain itu sifat dalam kandungan evaporator ini adalah bersuhu rendah atau dingin. Ketika udara berhasil melewati bagian ini, langsung berubah dari segi temperatur menjadi lebih rendah.

Atau ada juga yang mengenalnya dengan istilah tempat penampungan uap dingin yang bersumber dari refrigerasi. Dengan cara pengubahan tekanan untuk mendapatkan uap dingin tersebut.

Penyebab Kerusakan Evaporator

Setelah memahami penjelasan singkat evaporator ac dan ada baiknya membahas hal lain. Misalnya saja berkaitan dengan sejumlah penyebab yang bisa menjadi sumber kerusakan dari evaporator AC split. Tentu ini adalah hal yang tidak boleh dilewati.

Jika proses atau bagian evaporator ini terganggu dan mengalami kerusakan tentu tidak akan membuat ruangan menjadi sejuk. Atau lebih dingin, hal tersebut karena fungsi utamanya saja sudah terganggu.

Maka dari itu perintah apapun yang dilakukan dengan remote control tidak akan berfungsi. Jadi agar lebih mengenalnya, simak bahasan berikut ini:

1. Usia Terlalu Tua

Penyebab pertama kerusakan evaporator AC split adalah karena termakan usia. Misalnya jika usianya sudah terlalu tua bisa menyebabkan terjadinya erosi. Alias pengikisan pada bagian evaporator lambat laun hal ini menyebabkan terjadinya kebocoran Freon.

2. Terkena Benda Tajam

Penyebab kerusakan dari komponen evaporator selanjutnya adalah terkena benda tajam. Karena dalam penggunaan berbagai benda tajam ini justru dapat membuat freon bocor.

Maka dari itu juga berpengaruh besar dalam hal evaporator secara umum. Jadi saat membersihkannya haruslah menggunakan bahan atau benda yang aman.

3. Penumpukan Kotoran

Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab kerusakan bagian evaporator adalah adanya penumpukan kotoran. Misalnya saja tidak rutin melakukan pembersihan.

Sehingga terjadinya penyumbatan karena kotoran membuat uap dingin ini tidak bisa disebarluaskan secara maksimal. Maka dari itu mengurangi kadar kedinginan AC.

Jadi itulah berbagai bahasan singkat terkait dengan evaporator AC split. Misalnya saja berkaitan dengan pengenalan singkat serta juga penyebab kerusakannya maka dari itu harus benar-benar mengetahui komponen ini. Serta berupaya untuk menjaganya sebaik mungkin.

Karena dengan hal tersebut juga membuat proses kinerja evaporator menjadi lebih maksimal setiap waktu. Serta tidak mengeluarkan dana besar untuk biaya perbaikan. Apabila terjadi kerusakan tersebut karena rutin dalam menjaga kondisi barang elektronik.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *