Ruangan Tidak Kunjung Dingin? Kenali 5 Ciri Freon AC Bocor Berikut!

  • Ahli HVAC
  • May 16, 2022

Suhu ruangan tidak kunjung dingin atau lama sejuk dengan penggunaan AC. Hal tersebut menandakan bahwa AC sudah mulai tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya karena adanya kerusakan pada freon AC, misalnya bocor. Ciri freon AC bocor memang beragam, pengguna AC harus mengenalnya satu-persatu agar bisa diprediksi kebocorannya.

Efek yang akan dirasakan oleh pengguna AC dengan freon bocor bukan hanya tidak bisa merasakan lagi udara sejuk di dalam ruangan. Tetapi bahkan membahayakan penghuni ruangan. Oleh sebab itu, kenali ciri-ciri freon AC bocor berikut agar masalah baru tidak terjadi:

1. Keluar Udara Panas pada Ventilasi AC

Ciri paling umum yang menandakan freon AC bocor adalah munculnya udara panas dari ventilasi AC. Hal ini membuat AC tidak lagi menghasilkan udara sejuk atau dingin. Kondisi ini tentu sangat mengganggu penghuni ruangan jika tidak segera diatasi.

Walaupun demikian, adanya aliran udara hangat dari ventilasi tidak selalu menandakan kebocoran pada freon. Tetapi bisa jadi filter AC kotor atau tersumbat sehingga kondisi ini bisa terjadi.

2. Terdengar Suara Desisan Kecil

Freon bocor mudah diprediksi dengan munculnya bau manis dan kloroform dari freon. Tapi ciri freon AC bocor lainnya bisa diamati apabila terdengar suara desisan kecil saat AC nyala. Suara tersebut diakibatkan karena adanya lubang pada saluran AC. Pada kondisi ini tentu AC harus segera diperbaiki agar masalahnya tidak semakin parah.

Apalagi kondisi ini sangat mengganggu penghuni ruangan. Tentu saja, kalau tidak segera diperbaiki ruangan menjadi kurang nyaman untuk ditempati. Apalagi kalau kebocoran freon terus dibiarkan bisa membahayakan kesehatan penghuni ruangan.

3. Timbul Bunga Es pada Pipa

Pipa sambungan merupakan salah satu konektor unit AC indoor dan outdoor. Apabila pada pipa sambungan tersebut keluar bunga es, itu menandakan bahwa ada kebocoran pada freon. Sebab, kondisi tersebut biasanya dikarenakan kurang rapatnya bagian pergelangan pipa atau bagian pipa mengalami pengkaratan.

Penanganan pertama untuk menyikapi masalah ini yaitu berhenti menggunakan AC. Setelah itu hubungi jasa service AC untuk mengganti pipa sambungan yang rusak tersebut. Upaya ini dapat menghentikan kebocoran freon akibat masalah jalur pipa sambungan tersebut.

4. Tagihan Listrik Membengkak

Selain udara ruangan tidak kunjung dingin dan beberapa ciri freon AC bocor lainnya yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya tandanya lagi biaya listrik semakin mahal. Hal ini AC yang mengalami kebocoran pada freon akan mengeluarkan energi ekstra untuk mengeluarkan udara sejuk. Sebab memang kondisi ini tidak sampai membuat fungsi AC terhenti total.

Daya ekstra yang dibutuhkan saat mengeluarkan suhu dingin tersebut tentu akan berujung pada membengkaknya biaya listrik. Oleh sebab itu, jika sudah tanda-tanda seperti terciumnya bau freon bocor atau ciri lainnya bisa segera tindaklanjuti dengan mengunjungi teknisi AC agar dapat menekan biaya tagihan listrik.

5. Merasakan Gejala Keracunan

Tanda yang paling mengkhawatirkan dari masalah freon bocor yaitu timbulnya gejala keracunan pada tahun ini ruangan. Kandungan senyawa kimia pada freon sangat berbahaya untuk kesehatan. Senyawa kimia tersebut adalah fluorinated hidrokarbon.

Gejala yang ditimbulkan karena efek senyawa fluorionated hidrokarbon diantaranya mual, pusing sampai sesak nafas. Senyawa kimia ini tidak memiliki tanda apapun seperti berbau ataupun berwarna. Memprihatinkan kondisi ini tentu penting untuk rutin memeriksa kelayakan unit AC dan mengamati tanda-tanda kebocoran pada freon AC.

Lakukan pengecekan AC secara rutin dan berikan tindakan yang tepat jika ciri freon AC bocor sudah nampak. Jangan sampai membiarkan masalah ini berujung kerusakan permanen pada AC atau sampai penghuni ruangan mengalami keracunan. Selain mengamankan keuangan untuk mengganti AC tentu menjaga kesehatan keluarga juga sangat penting kan?

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama