Ciri ciri Overload Kompresor AC Rusak

  • Ahli HVAC
  • Jul 05, 2022

Tinggal di rumah dengan kondisi lingkungan dan cuaca yang panas tentu membuat penghuninya tidak betah. Maka dari itu perlu menyediakan alat pendingin ruangan yang tepat seperti kipas angin atau AC. Namun sebagai mana alat elektronik pada umumnya AC juga bisa mengalami kerusakan. Berikut ciri ciri overload kompresor ac rusak dan sekaligus kenali pemicu kerusakannya:

Apa itu Overload Kompresor AC?

Sebelum membahas lebih detail mengenai beberapa ciri ciri  overload kompresor AC rusak maka pembaca lebih baik untuk paham terlebih dahulu apa itu kompresor pada AC. Keberadaan dari bagian tersebut memiliki fungsi sebagai sensor pengaman. Jika terjadi kenaikan suhu pada AC secara berlebihan.

Untuk cara kerja overload pada kompresor AC sendiri sebenarnya akan dipengaruhi oleh adanya suhu panas. Sehingga ketika kompresor dalam keadaan dingin maka bagian plat dari dalam overload terhubung. Sedangkan saat suhu terlalu panas maka akan membuat plat juga dalam keadaan overload dan itu berdampak pada pemuaian hingga terputusnya aliran listrik yang menuju ke bagian lilitan kompresor. Sehingga bagian tersebut akan secara otomatis berhenti bekerja. 

Ciri-Ciri Overload Kompresor AC Dan Penyebabnya 

Jadi, secara tidak langsung keberadaan overload ini akan melindungi kompresor saat suhu naik dengan berlebihan. Sehingga kompresor AC tidak akan mengalami overheating. Lalu bagaimana dengan tanda jika bagian tersebut mengalami kesulitan. Maka simak ulasan mengenai ciri ciri  overload kompresor AC rusak berikut ini:

1. Bagian Body Overload Pecah

Hal yang menjadi salah satu ciri ciri overload kompresor ac rusak adalah bagian body overload yang pecah. Bagian tersebut bisa rusak karena adanya pemakaian yang sudah lama. Maka dari itu, jika bagian body overload sudah mulai pecah ada baiknya segera  membawa AC ke tukang servis yang terpercaya.

2. Plat Mengalami Perkaratan

Selanjutnya  sebagai tanda adanya kerusakan pada bagian overload kompresor AC adalah bisa dilihat pada bagian Plat yang terdapat didalamnya sudah berkarat. Hal ini kemungkinan terjadi karena penggunaan yang memang sudah lama. Selain itu bisa juga karena percikan air ketika cleaning outdoor AC.

3. Mengecek Dengan Alat Multitester

Untuk mengecek jika ada kerusakan pada kompresor AC maka bisa digunakan alat multitester. Jika pada kondisi normal jarum bergerak dan menunjukkan nilai hambatanya. Namun, jika terjadi kerusakan maka jarum tidak akan bergerak sehingga juga tidak ditunjukan  nilai hambatannya.

4. Tidak Bisa Menghubungkan Arus Ke Bagian Terminal Kompresor

Selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai indikasi adanya kerusakan pada bagian overload kompresor AC adalah saat bagian tersebut tidak lagi mampu menghubungkan arus pada bagian terminal kompresor. Maka dari itu, jika bagian tersebut sudah mengalami kerusakan tentu akan berdampak pada AC yang tidak lagi dingin.

Cara Mengatasi Overload Rusak

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadi kerusakan di bagian overload AC, tidak ada cara lain selain dengan mengganti mesin overload dengan yang baru. Pasalnya kerusakan overload memang sebagian besar dipicu dengan usia AC yang sudah lama juga. 

Jika pengguna tidak mampu untuk menggantinya sendiri, bisa meminta jasa service AC untuk mengatasinya. Jadi, pengguna tidak perlu lagi repot untuk mengatasinya sendiri. Selain itu menyerahkan kepada tenaga ahli juga membuat pekerjaan semakin ringan. Pengguna tinggal terima beres dan AC bisa kembali normal seperti sedia kala. 

Demikian itu beberapa ciri ciri overload kompresor ac rusak. Tentunya dengan mengenal lebih dini ciri-ciri kerusakannya pengguna bisa segera memperbaikinya. Selain itu, juga dibahas beberapa penyebab kerusakan tersebut sehingga pembaca lebih menjaga agar AC, khususnya bagian kompresor tidak mudah rusak. 

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama