5 Ciri Ciri Kompresor Ac Split Kurang Oli Dan Harus Segera Mengambil Tindakan

  • Ahli HVAC
  • Feb 15, 2023

Pengguna AC memang harus lebih memperhatikan ciri ciri kompresor ac split kurang oli yang kemungkinan saja terjadi. Karena ketidaktahuan tentang hal ini bisa membuat AC rusak. Karena bagaimanapun kompresor menjadi bagian penting dalam AC. 

Kompresor juga butuh perawatan khusus, seperti misalnya menambahkan oli di dalamnya. Karena itu, kali ini akan diuraikan mengenai ciri-ciri kompresor pada AC split ini kekurangan oli. Sehingga saat ada ciri-ciri ini bisa langsung mengambil tindakan. 

1. Tidak Ada Udara Dingin Yang Keluar 

Salah satu ciri-ciri bahwa kompresor pada AC ringan kekurangan oli adalah AC ini tidak mampu mengeluarkan udara dingin. Tentu ciri-ciri ini akan mudah dikenali. Sebab dapat dinilai saat pengguna mengaktifkan AC ini. 

Jika kompresor kekurangan oli, maka bukan udara sejuk lagi yang keluar, namun justru udara hangat. Hal ini nantinya akan mengakibatkan suhu ruangan menjadi panas. Atau masih bisa mengeluarkan suhu dingin hanya saja dalam jumlah kecil. 

2. Kompresor Panas Dan Sering Mati 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa saat kompresor ini kekurangan oli maka AC akan mengeluarkan hawa hangat sehingga akan menabur ruangan panas. Hal ini disebabkan karena kompresor panas. Bisa dikarenakan digunakan selama 24 tanpa henti. 

Penggunaan AC selama 24 jam penuh tanpa henti juga akan membuat oli cepat berkurang. Jika dilakukan terus menerus maka akan membuat kompresor kekurangan oli. Jika tidak diperhatikan, maka akan semakin membuat kompresor semakin panas. 

Tak hanya itu saja permasalahannya, jika kompresor ini kekurangan oli maka bisa menyebabkan kompresor ini sering mati. Tentunya dengan begini akan membaut suhu ruangan tidak stabil. Namun di beberapa kasus, kompresor tidak bisa hidup lagi. 

3. Mengeluarkan Bunyi Bising 

Lalu pada ciri ciri kompresor ac split kurang oli berikutnya adalah AC ini akan mengeluarkan bunyi bising. Karena oli sendiri berfungsi sebagai pelumas. Sehingga gesekan kompresor dengan komponen lain ini tidak sering terjadi.

Dengan begini, tidak akan ada suara berisik yang timbul. Berbeda saat kompresor kekurangan oli, menyebarkan banyak gesekan terjadi antara kompresor dengan komponen lain. Sehingga menyebabkan suara bising timbul.

4. Freon

Komponen paling penting dalam AC adalah freon yang berfungsi sebagai fluida. Freson sendiri memiliki peran penting dalam mendinginkan ruangan, sehingga akan sangat fatal jika sampai freson ini mengalami kebocoran. Namun inilah yang terjadi saat kompresor kekurangan oli. 

Saat kompresor kekurangan oli, maka bisa mengakibatkan freon mengalami kebocoran. Jika sampai freon ini bocor maka harus cepat dalam mengambil tindakan. Sebab jika tidak maka bisa menyebabkan terpapar zat kimia, dan juga masalah lainnya. 

5. Tidak Adanya Air Pembuangan Atau Hanya Sedikit Dan Keluar Bau Tidak Sedap Dari Ac

Kemudian ciri-ciri selanjutnya yang juga kemungkinan terjadi adalah tidak ada pembuatan air. Seperti yang diketahui, bahwa AC ini ada dua bagian yang terpasang satu di dalam dan satu diluar. Pada AC bagian luar ini biasanya ada selang. 

Selang digunakan sebagai pembuangan air, jika pembuangan ini tidak ada air sama sekali mungkin penyebabnya adalah karena kompresor kekurangan oli. Meski saat terlalu banyak air yang dibuang juga tidak baik. Namun alangkah baiknya segera memeriksa. 

Jika AC dalam keadaan normal, maka tidak akan mengeluarkan bau apa pun dari AC tersebut. Namun berbeda saat kompresor AC mengalami kekurangan oli. Maka yang akan terjadi Adah AC ini akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

Demikian adalah ulasan mengenai ciri ciri kompresor ac split kurang oli yang bisa dipelajari. Jika suatu saat AC mengalami beberapa hal yang telah disebutkan maka segera mengambil tindakan. Sebab jika tidak, maka bisa mengakibatkan kerusakan total.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *