7 Ciri-Ciri Freon AC Habis, Wajib Tahu!

  • Ahli HVAC
  • Mar 27, 2022

Memiliki alat elektronik yang menguntungkan seperti Air Conditioner yang ternyata malah tidak bisa dipakai dengan maksimal bisa memunculkan rasa frustasi. Misalnya saja, para pengguna harus dihadapkan pada kondisi zat freon pada alat tersebut yang habis sehingga penggunaannya pun menjadi terbatas. Sayangnya, ciri-ciri freon AC habis masih banyak yang tidak dikenali.

Mengingat zat freon merupakan zat yang paling penting dalam memastikan cara kerja dari AC, dampak kehabisannya sangat merugikan bagi para pengguna. Namun untungnya, sudah ada beberapa jenis tanda atau ciri-ciri yang dapat dikenali sejak awal sehingga nantinya bisa mengatasinya dengan mudah. Simak uraian secara lengkapnya dalam uraian seperti di bawah ini:

1. Ada Gejala Keracunan

Ciri yang pertama ini secara sederhana bisa dilihat tidak pada alat AC yang dipakai melainkan pada para pengguna di rumah. Misalnya saja, jika ditemukan ada beberapa tanda keracunan dalam tubuh pengguna AC, maka mungkin saja zat freon AC sudah habis. Gejalanya seperti batuk atau sakit tenggorokan yang sering dianggap wajar.

2. Biaya Listrik Bertambah

Memang tidak dapat dielakkan bahwa ada juga tanda dari kerusakan AC yang lainnya yang didasarkan pada biaya listrik untuk setiap bulan. Biaya yang diperlukan untuk dibayarkan memang tidak sedikit apalagi jika memiliki lebih dari satu AC, namun bukan berarti akan selalu membengkak. Jika jumlah biaya tagihan tersebut terlalu besar, maka segera atasi.

3. Kedipan Lampu Indikator

Jika ingin tahu contoh ciri-ciri freon AC habis yang lainnya, maka jangan sampai lewatkan untuk mengecek bagian lampu pada indikatornya. Ditambah lagi, jika lampu tersebut sejak awal memiliki peran yang besar dalam memastikan setiap alatnya dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Jika ada kedipan tidak wajar, maka segera periksakan AC masing-masing.

4. Air yang Bocor

Jenis tanda yang berikutnya ini secara sederhana bisa dikatakan sebagai tanda yang paling mudah ditemui bahkan sampai pada masa sekarang. Ditambah lagi, ciri yang berikutnya ini bisa menimbulkan adanya dampak yang lebih besar terutama jika air yang bocor terlalu banyak. Belum lagi nantinya akan membuat para pengguna menjadi tidak nyaman.

5. Bagian Luar Tidak Panas

Untuk ciri-ciri freon AC habis yang kelima ini sebenarnya juga bisa ditemui dengan mudah sehingga bisa menghindari kerusakan yang lainnya. Kali ini, setiap pengguna dari alat yang mahal ini bisa langsung mengecek apakah ada bagian luar yang tidak panas seperti biasanya. Padahal jika alatnya berjalan baik, maka pasti bagiannya terasa panas.

6. Pipa yang Hangat

Selanjutnya, ada juga ciri-ciri yang lainnya yang jangan sampai ketinggalan untuk dikenali dahulu sejak awal agar alatnya berfungsi dengan baik. Kali ini, setiap pengguna juga tidak perlu lagi merasa khawatir dan hanya perlu memeriksa apakah pipa pada AC memang terasa hangat. Belum lagi jika bentuk pipanya malah tidak seperti yang seharusnya.

7. Tidak ada Perubahan Suhu

Terakhir, ada juga jenis indikator yang lainnya yang menunjukkan adanya kerusakan pada AC atau zat freon yang habis di dalamnya. Biasanya, keberadaan zat yang penting seperti freon yang habis dapat dikenali melalui tidak adanya perubahan suhu yang seharusnya malah terjadi. Alhasil, AC tersebut tidak membuat udara ruangan menjadi lebih sejuk.

Uraian yang menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa ciri-ciri freon AC habis di atas memang seharusnya dikenali oleh para penggunanya langsung. Walaupun nantinya, tidak semua permasalahan yang terjadi pada AC bisa diatasi secara mandiri, setidaknya mengenal tandanya bisa mencegah kerusakan berat. Belum lagi jika yang rusak adalah bagian freon pada kompresornya.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu