Kenali 6 Ciri Ciri Freon AC Habis Agar Terhindar Bahaya

  • Ahli HVAC
  • Apr 09, 2022

Freon memiliki peran penting dalam AC. Jadi, ketika AC memiliki gangguan seperti tidak dingin, bisa jadi itu karena freon. Namun, tidak hanya itu saja sebuah freon yang habis itu memiliki berbagai akibat. Untuk itu mengenali ciri ciri freon yang habis sangat penting untuk cegah rusak yang lebih parah. Berikut ciri ciri freon AC habis:

1. Ruangan Memiliki Suhu yang Tidak Dingin

Ciri ciri freon AC habis yang pertama biasanya ditandai dengan suhu ruangan yang tidak terasa dingin padahal AC telah dinyalakan. Sebab, semestinya AC ini akan menjaga suhu dalam ruangan tetap dingin sesuai dengan tingkat pengaturannya. Namun, ketika freon ternyata habis  maka suhu dingin pun tidak akan terasa.

Tentu dengan adanya hal tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan. Apabila terjadi hal semacam ini, jangan dibiarkan begitu saja. Sebab, jika AC dibiarkan dan tetap memaksa dinyalakan nantinya akan memperparah keadaan. Maka dari itu, segeralah memanggil teknisi untuk mengisi kembali freon.

2. Lampu Indikator Menyala Berkedip dan Pipa AC Tidak Dingin

Selanjutnya, ciri ciri freon AC habis adalah berkedipnya lampu indikator. Setiap dari AC indoor, tentu memiliki lampu timer indikator. Dimana, lampu tersebut akan menyala ketika terdeteksi adanya masalah dalam AC. Misalnya seperti freon yang habis.

Tentu pengguna harus mengenali kapan terakhir freon terisi, jika ternyata lebih cepat habis dari jadwalnya maka ada kesalahan seperti kebocoran freon AC. Selain itu, jika pengguna menemukan bunga es pada pipa, maka perlu diwaspadai. Sebab, hal tersebut bisa terjadi karena tekanan pada freon AC yang berkurang.

3. AC Mengeluarkan Hawa Panas dan Berisik

Apabila AC mengeluarkan hawa panas, maka perlu diwaspadai juga karena itu merupakan salah satu ciri ciri freon AC habis. Hal itu terjadi, karena AC tidak dapat menyerap hawa panas dan mengubahnya jadi dingin dengan maksimal. Selain itu, freon yang habis akan mengeluarkan bunyi berisik pada AC.

Ciri ini akan sangat mudah dikenali, sebab bunyi yang dikeluarkan memang sangat mengganggu. Apalagi, jika AC terpasang di kamar tidur, akan sangat mengganggu ketika tidur. Tentu saat terjadi seperti ini, segeralah perbaiki supaya tidak terjadi hal lebih parah.

4. Air AC Bocor dan Mesin Bagian Luar Tidak Panas

Freon ini merupakan suatu senyawa kimia yang ketika habis akan membuat suatu gumpalan. Gumpalan tersebut tentu akan sangat berdampak ketika dibiarkan. Biasanya akan menyumbat pada evaporator AC. Itulah yang umumnya dinamakan dengan kebocoran AC.

Selain itu, dalam kondisi normalnya mesin AC yang ada di luar ruangan akan panas. Namun, ketika terjadi kebocoran maka mesin AC yang diluar akan terasa biasa saja atau tidak panas. Jika sudah terjadi seperti ini, segeralah memanggil tukang service AC. 

5. Merasakan Gejala Keracunan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa freon merupakan senyawa kimia. Dimana, senyawa kimia tersebut akan beraksi yang bisa menyebabkan ketika habis. Maka dari itu, ciri-ciri freon AC habis yang biasa dirasakan pengguna yaitu mereka akan merasakan gejala keracunan. Tentu hal tersebut sangatlah membahayakan Kesehatan. Apalagi, jika hal tersebut berlangsung lama dan dibiarkan begitu saja.

6. Tagihan Listrik Membengkak

Apabila tagihan listrik membengkak pada AC maka bisa jadi itu karena freon habis. Mengapa demikian? sebab ketika cairan freon habis maka AC akan bekerja lebih keras. Ketika AC bekerja lebih ekstra maka akan berdampak pada konsumsi listrik. Dengan demikian, konsumsi listrik yang tinggi menyebabkan tagihan membengkak.

Itulah tadi beberapa ciri ciri freon AC habis yang bisa dikenali. Setelah mengetahui ciri-ciri diatas, tentu akan membuat pengguna lebih memahami dan peka terhadap freon AC habis. Sehingga, ketika terjadi demikian bisa ditangani dengan segera.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *