Kenali! Ciri Ciri Freon AC Bocor yang Dapat Membahayakan Tubuh

  • Ahli HVAC
  • Jun 18, 2022

Pengguna AC sekarang telah banyak, tetapi tidak sedikit dari mereka mengeluarkan keluhan. Misalnya, AC yang kadang malah jadi panas, atau lainnya. Jika mengalami hal tersebut bisa saja karena masalah dari freon AC. Dimana, freon tersebutlah yang menghasilkan suhu dingin. Untuk itu, berikut ada ciri ciri Freon AC bocor:

1. Suhu Pada Ruang Tidak Terasa Dingin

Seperti halnya yang diketahui bahwa AC merupakan alat pendingin ruangan. Selain itu, menjaga kelembaban udara serta penstabilan suhu. Tetapi, apa jadinya ketika alat pendingin ruangan ruangan yang digunakan tidak terasa dingin. Tentu, hal tersebut sangat membuat tidak nyaman.

Apalagi, ketika AC digunakan dalam suhu rendah seharian itu. Untuk itu, jika mengalami hal tersebut, pengguna bisa langsung memanggil jasa service AC. Sebab, itu merupakan salah satu ciri ciri freon AC bocor. Apabila, pengguna tetap memaksa untuk menyalakannya maka akan memperparah AC.

2. Lampu Indikator Menyala Berkedip dan Pipa AC Tidak Dingin

Selanjutnya, ciri-ciri adanya kebocoran dan habis freon AC adalah berkedipnya lampu indikator. Setiap dari AC indoor, tentu memiliki lampu timer indikator. Dimana, lampu tersebut akan menyala ketika terdeteksi adanya masalah dalam AC. Misalnya seperti freon yang habis.

Tentu pengguna harus mengenali kapan terakhir freon terisi, jika ternyata lebih cepat habis dari jadwalnya maka ada kesalahan seperti kebocoran freon AC. Selain itu, jika pengguna menemukan bunga es pada pipa, maka perlu diwaspadai. Sebab, hal tersebut bisa terjadi karena tekanan pada freon AC yang berkurang.

3. AC Mengeluarkan Hawa Panas dan Berisik

Apabila AC mengeluarkan hawa panas, maka perlu diwaspadai juga karena itu merupakan salah satu ciri ciri freon AC bocor. Hal itu terjadi, karena AC tidak dapat menyerap hawa panas dan mengubahnya jadi dingin dengan maksimal. Selain itu, freon yang bocor akan mengeluarkan bunyi berisik pada AC.

Ciri ini akan sangat mudah dikenali, sebab bunyi yang dikeluarkan memang sangat mengganggu. Apalagi, jika AC terpasang di kamar tidur, akan sangat mengganggu ketika tidur. Tentu saat terjadi seperti ini, segeralah perbaiki supaya tidak terjadi hal lebih parah.

4. Air AC bocor dan Mesin Bagian Luar Tidak Panas

Jika suatu freon AC bocor maka akan cepat habis penggunaannya. Nah ketika freon ini habis, maka akan membuat penggumpalan pada evaporator AC. Itulah yang umumnya dinamakan dengan kebocoran AC.

Selain itu, dalam kondisi normalnya mesin AC yang ada di luar ruangan akan panas. Namun, ketika terjadi kebocoran maka mesin AC yang diluar akan terasa biasa saja atau tidak panas. Jika sudah terjadi seperti ini, segeralah memanggil tukang service AC.  

5. Merasakan Gejala Keracunan dan Tagihan Listrik Membengkak

Freon ini merupakan sebuah senyawa yang berbau, jadi ketika terhirup oleh manusia akan berbahaya. Jadi, salah satu ciri ciri freon AC bocor terkadang akan memunculkan bau. Dimana, seseorang yang menghirup freon tersebut akan merasakan gejala keracunan.

Untuk itu, perlu melakukan pengecekkan pada freon dengan rutin. Selain itu, ciri yang sering terjadi ketika freon bocor yaitu pembengkakan pada tagihan listrik. Hal tersebut, terjadi karena ketika freon bocor maka AC akan bekerja terlalu ekstra. Sehingga, akan membutuhkan banyak daya listrik biar bisa bekerja dengan normal.

Itulah tadi, ciri ciri freon AC bocor yang perlu dikenali dan diketahui. Supaya nantinya bisa ditangani segera dan tidak membuat kerusakan yang lebih parah. Tentu, jangan menyepelekan atas apa yang terjadi pada AC, sebab bisa membahayakan Kesehatan juga.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu