Mengenal Chiller Itu Apa Dan Bagian – Bagian Kulkas Lainnya

  • Ahli HVAC
  • May 30, 2022

Bagi sebagian orang pasti tidaklah asing dengan barang elektronik bernama kulkas, jenis bagian kulkas sendiri salah satunya adalah chiller. Sebenarnya chiller itu apa? Istilah tersebut adalah sebuah bagian pendinginan kulkas yang membentuk fungsi – fungsi tertentu. Sehingga kulkas memiliki jenis -jenis bagian yang bisa dibedakan yakni freezer, refrigerator, dan chiller.

Bagi pengguna kulkas yang awam pastinya mengira ketiga bagian kulkas tersebut sama, padahal setiap bagian berbeda fungsi dan cara penggunaannya. Dengan mengetahui beberapa bagian kulkas dan fungsinya, maka pengguna kulkas akan bisa menyesuaikan menaruh makanan yang sesuai dengan tempatnya. Maka dari itu simak uraian dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Mengenal Bagian – Bagian Kulkas

Dengan memahami dan mengetahui bagian kulkas, maka akan memberikan edukasi untuk menyimpan makanan dan mengatur agar sirkulasi kulkas baik dan benar. Sehingga kulkas akan lebih awet dan tidak gampang rusak. Maka dari itu berikut uraian mengenai bagian – bagian kulkas yang bisa dipahami.

1. Freezer

Bagian kulkas yang bernama freezer ini akan menyimpan dengan kapasitas suhu sekitar -23 sampai -18 derajat celcius. Bagian kulkas ini cocok untuk membekukan sesuatu atau bisa dimanfaatkan untuk membuat es batu. Tempat dengan suhu yang minus akan memperlambat bakteri dan mikroorganisme untuk berkembang biak.

Adapun beberapa makanan yang cocok untuk dimasukkan ke dalam freezer adalah daging ayam, daging sapi, segala jenis makanan yang dibekukan. Sehingga untuk bagian ini tidak cocok diisi dengan sayuran karena akan membuat sayuran kering dan layu. Penggunaan barang – barang tajam juga harus dihindari untuk bagian freezer ini, karena akan merusak fungsi bagian freezer kulkas.

2. Refrigerator

Sebelum menuju pada chiller itu apa pada kulkas, maka bagian kulkas lain yang bernama refrigerator juga perlu diketahui. Bagian ini menjadi salah satu yang tidak bisa dipisahkan dengan chiller pada sebuah kulkas. Sehingga bagian ini menjadi pembentuk sebuah kulkas.

Refrigerator umumnya memiliki tampilan yang lebih luas dibanding dengan freezer. Kapasitas suhu yang diberikan mulai 3 – 5 derajat celcius, dengan suhu seperti itu maka mikroba tidak akan dapat berkembang. Hal yang perlu diperhatikan penggunaan refrigerator ini tidak boleh sampai penuh, agar sirkulasi udara kulkas dapat terjaga.

3. Chiller

Suhu kapasitas yang diberikan pada bagian chiller ini adalah 2 – 5 derajat celcius. Tampilan dari chiller sendiri memiliki sekat – sekat yang berfungsi untuk memberikan kondisi lebih dingin daripada refrigerator. Sehingga chiller ini cocok untuk bahan makanan yang segar.

Chiller cocok untuk bahan makanan yang tidak dapat bertahan pada suhu normal. Berapa bahan makanan yang cocok disimpan pada bagian chiller adalah susu, keju, sayuran, serta yogurt. Sehingga bahan makanan akan terjaga kelayakannya untuk tetap bisa dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu.

Setelah mengetahui chiller itu apa dan bagian kulkas lainnya, akan memberikan pertimbangan bagi pengguna kulkas menyimpan makanan dengan sesuai. Sehingga bahan makanan yang disimpan dalam kulkas akan terjaga kandungan dan nutrisinya. Hal tersebut dimungkinkan agar penggunaan kulkas juga efektif dan benar.

Demikian uraian berkaitan dengan bagian – bagian kulkas yang bisa dipahami dan dicermati, untuk diterapkan pada kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat dan membantu bagi para pengguna kulkas untuk mengetahui bagian kulkas dan fungsinya. Semoga dengan penjelasan diatas dapat memberikan gambaran dan pemahaman bagaimana menggunakan kulkas dengan tepat dan sesuai.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama