Inilah Cara Pump Down AC Split, Minimalisir Pencemaran Saat Memindah AC

  • Ahli HVAC
  • Apr 15, 2023

Masalah utama pada AC adalah pencemaran yang disebabkan oleh freonnya. Karenanya, ketika pemindahan unit AC harus disertai dengan cara pump down AC split. Apa sebenarnya pump down itu dan bagaimana cara yang bisa dilakukan? Simak selengkapnya.

Apa Itu Pump Down

AC Split banyak dipasang pada bangunan yang ruangnya tidak besar. Ada dua bagian dari AC split yaitu blower indoor dan kipas outdoor. Keduanya memiliki fungsi masing-masing dan saling mendukung dalam menjalankan fungsinya.

Bagian yang penting pada proses sirkulasi udara pada AC adalah freon yang bertugas menurunkan suhu udara. Pada AC split, freon akan terletak di bagian blower indoornya. Ternyata, peletakan freon yang seperti ini memungkinkan adanya residu saat memindahkan unit.

Untuk itu, sangat disarankan untuk melakukan pump down. Pump down dilakukan untuk mendorong freon ke unit outdoor milik AC split yang memiliki penyimpanan besar dan lebih aman. Dengan begitu, freon tidak akan tercecer dan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Cara Pump Down Pada AC Split

Pump down menjadi salah satu bentuk penggunaan AC yang bertanggung jawab. Melakukan pump down sama saja dengan mencegah pencemaran lingkungan karena freon. Pump down sendiri bisa dilakukan dengan cara pump down AC split berikut ini:

1. Pump Down Dengan Manifold

Cara yang pertama adalah melakukan pump down dengan bantuan sebuah alat bernama manifold. Alat ini akan menjadi perantara penyaluran freon saat dilakukan pump down. Begini cara mudahnya:

  • Siapkan satu set manifold yang akan digunakan dalam pump down ini.
  • Lengkapi peralatan dengan dua buah kunci inggris dan kunci L.
  • Posisikan AC split dalam keadaan ON sehingga blower indoor dalam keadaan terbuka.
  • Putus semua sumber listrik yang mengalir ke AC split agar tidak membahayakan teknisi yang melakukan pump down.
  • Pasang semua selang yang ada pada manifold sesuai dengan tekanan yang dapat ditanggung.
  • Kemudian, buka penutup yang ada pada kran 2 way valve dan 3 way valve.
  • Menggunakan kunci L, tutup kran 2 way valve yang berupa pipa kecil hingga indikator manifold menunjukkan angka 0.
  • Setelahnya, saat jarum indikator bergerak turun, tutup kran 3 way valve sebelum jarum masuk ke area vacuum.
  • Jika semua kran sudah ditutup, matikan AC segera agar tidak terjadi kemungkinan kerusakan kompresor.

2. Pump Down Tanpa Manifold

Jika pump down menggunakan manifold tidak memungkinkan untuk digunakan, pump down AC split juga bisa dilakukan tanpa manifold. Bedanya, tekanan yang ada pada saluran AC tidak bisa dideteksi dengan mudah. Berikut langkahnya:

  • Siapkan peralatan berupa dua buah kunci inggris dan satu kunci L untuk membantu membuka dan menutup kran saluran.
  • Sebagai pengganti manifold yang mengukur tekanan, gunakan stopwatch atau alat semacamnya untuk menandai waktu pembuangan yang berlangsung.
  • Saat memulai, posisikan AC dalam keadaan menyala sehingga mulut blower terbuka.
  • Tutup kran 2 way valve dengan bantuan kunci L dan atur waktu hingga beberapa detik untuk menurunkan tekanannya.
  • Selain waktu, suara dari aliran freon juga bisa diperhatikan.
  • Jika sudah, segera tutup kran 3 way untuk mencegahnya mencapai titik vacuum.
  • Setelah beberapa detik, langsung hentikan semua sumber listrik yang mengarah ke AC split.

Sekian pembahasan tentang pump down dan cara pump down AC Split. Pastikan untuk melakukan pump down sebelum memindahkan AC untuk meminimalisir pencemaran akibat freon ya. Dengan begitu, pencemaran dari AC akan bisa sedikit ditekan.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu