Cara Pasang Thermistor AC Split Paling Mudah

  • Ahli HVAC
  • Mar 29, 2023

Bagaimana cara pasang thermistor AC split patut disosialisasikan agar tidak terjadi kerusakan yang melebar kemana-mana. Pasalnya ketika hanya memasang thermistor saja, pengguna tidak perlu untuk memanggil tukang service ke rumah karena bisa dilakukan sendiri.

Semua komponen yang terpasang pada AC tentu saja sangat berguna sebagai penggerak dari mesin pendingin ruangan tersebut. Begitu juga dengan thermistor yang rasanya masih belum familiar dan berikut akan diberikan beberapa penjelasan termasuk cara pasangnya.

Mengenal Komponen Thermistor pada AC

Seperti apa thermistor sebenarnya hanyalah berupa kabel tipis yang cukup panjang dimana di ujungnya terdapat lampu led berukuran kecil. Meskipun berbentuk kecil namun kegunaan dan fitur di dalamnya sangatlah lengkap termasuk dengan ketersediaan dari sensor.

Komponen ini memang harus selalu terpasang dalam keadaan dan posisi yang benar sesuai pada dimana tempatnya berada. Bagi pengguna yang mengerti akan komponen AC, maka cara kerja dari thermistor dan freon selalu diutamakan setiap bulannya.

Untuk itu pengguna memang harus lebih mengetahui seperti apa bentuk dari thermistor sebenarnya sehingga tidak ada kebingungan. Ketika pengecekan rutin setiap bulannya berlangsung, pengguna dapat mencoba untuk melakukan pengecekan secara khusus pada komponen tersebut.

Fungsi dan Ciri Thermistor Harus Diganti

Apa saja fungsi ciri komponen ini harus diganti perlu diketahui sebelum mengetahui cara pasang thermistor AC split yang benar. Fungsi utama dari thermistor sendiri adalah sebagai alat pendeteksi suhu yang ada pada AC untuk disebarkan.

Dengan adanya lampu kecil yang tersedia di ujungnya tersebut merupakan sebuah sensor untuk mendeteksi suhu dan juga penyambungan pada remot. Berikut adalah ciri ketika thermistor harus diganti yang menandakan adanya sebuah kerusakan adalah sebagai berikut:

  • Remot AC Sulit Digunakan. Karena memiliki sensor langsung dengan remot AC maka pengguna dapat memperhatikan kinerja dari remot pengatur itu sendiri. Selain karena masalah baterai, biasanya remot AC yang sulit digunakan dipengaruhi juga dengan kondisi thermistor yang rusak.
  • Suhu AC Tidak Konsisten. Thermistor sendiri dasarnya memang berfungsi untuk mendeteksi suhu dalam AC apakah dinginnya sesuai yang diminta atau tidak. Jika suhu AC dirasa berubah tanpa pengaturan dari penggunanya, biasanya patut disadari jika ada kendala pada komponen tersebut.

Cara Pasang Thermistor AC Split

Mungkin bisa dianggap dengan pemasangan ini memang berada di antara mudah dan sulit karena perlu dilakukan dengan yang pengetahuan lebih.Terutama Karena ukuran dari komponen ini yang tidak begitu besar maka perlu perhatian khusus ketika memegang hingga memasangnya.

Untuk itu berikut adalah bagaimana cara mudahnya untuk memasang thermistor AC yaitu sebagai berikut ini:

  • Siapkan seluruh peralatan yang diperlukan dan letakkan di lokasi dekat tempat pemasangan untuk memudahkan dan menghemat waktu.
  • Sebelum melakukan pembongkaran, pengguna dapat mematikan seluruh sambungan listrik di rumah.
  • Buka kap AC yang berada dalam ruangan.
  • Lepaskan thermistor yang lama yang masih menempel pada komponen lain yaitu PCB.
  • Masukkan dan pasang thermistor yang baru dengan posisi yang sama dengan sebelumnya.
  • Pasang kembali kap AC yang telah dibongkar sebelumnya.
  • Selesai. Pengguna dapat mencoba untuk menyalakan aliran listrik dan AC tersebut kembali.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara pasang thermistor AC split ketika pengguna memilih untuk memasangnya sendiri agar menghemat biaya. Namun jika memang dirasa terlalu sulit maka pengguna dapat memanggil ahli perangkat tersebut untuk menangani kerusakannya.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama