Cara Merawat Kulkas agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

  • Ahli HVAC
  • Jan 29, 2023

Kulkas merupakan barang elektronik yang cukup penting dan hampir dimiliki setiap rumah. Sama halnya dengan peralatan elektronik lain, kulkas juga perlu perawatan rutin agar bisa awet digunakan. Berikut ini cara merawat kulkas agar awet dan tidak cepat rusak.

1. Hindarkan Kulkas dari Suhu Panas

Fungsi kulkas secara umum memang sebagai tempat penyimpanan agar makanan tidak cepat busuk. Tentu saja ada beberapa hal penting bersifat umum yang perlu pengguna  ketahui untuk merawat kulkas agar awet digunakan. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah menghindarkan kulkas dari suhu panas.

Untuk itu jika makanan ataupun minuman yang akan disimpan di kulkas masih sangat panas, lebih baik dibiarkan dahulu di suhu ruang hingga suhu panas menurun dan baru disimpan ke dalam kulkas. Cara ini dapat membantu menjaga kulkas agar tidak cepat rusak dan kehilangan fungsinya.

2. Bersihkan Kulkas dan Freezer secara Rutin

Tips kedua untuk menjaga kulkas agar awet dan lama digunakan adalah rajin membersihkan kulkas dan freezer. Bersihkan kulkas dengan air dan diberi sedikit sabun antiseptik, fungsi sabun antiseptik sendiri mencegah kulkas agar tidak berkarat dan menghilangkan bau.

Sedangkan untuk membersihkan bagian freezer, pengguna cukup menggunakan air dan jangan menggunakan benda tajam seperti pisau jika membersihkan batu es yang mengkristal karena dapat mengikis, merusak dan membuat komponen kulkas mengalami kebocoran.

3. Beri Jarak antara Kulkas dengan Dinding

Cara merawat kulkas agar awet selanjutnya adalah dengan memberikan jarak antara kulkas dengan dinding tempat kulkas diletakkan. Mengapa harus diberi jarak? Tujuannya adalah untuk memberi celah pada kondensor mengeluarkan suhu panas kulkas sehingga suhu dingin tetap stabil.

Jarak antara kulkas dengan dinding yang disarankan adalah sekitar 15 sampai dengan 20 cm. Dengan jarak demikian, kondensor dapat maksimal mengeluarkan suhu panas dan kestabilan suhu dingin pada kulkas terjaga. Sehingga kulkas dapat awet dan tahan lama digunakan.

4. Isi Kulkas Secukupnya dan Tutup Rapat Pintu Kulkas

Tips lain yang dapat dilakukan agar kulkas awet adalah dengan mengisi kulkas secukupnya dan menutup rapat pintu kulkas setelah selesai digunakan. Mengisi kulkas secukupnya tentu saja menjadi tips lain untuk menjaga keawetan kulkas.

Mengisi kulkas dengan beban yang berlebih tentu membuat beban kerja kulkas juga bertambah, selain itu jika isi terlalu banyak kulkas juga akan susah ditutup pintunya. Hal ini tentu dapat membuat kulkas cepat rusak, karena digunakan terlalu berlebihan.

5. Atur Suhu pada Temperatur yang Tepat

Pengaturan suhu pada temperatur yang tepat tentu sangat berpengaruh pada kondisi kulkas. Suhu yang salah dapat menambah beban kerja kulkas itu sendiri, sehingga dapat menjadi penyebab kulkas mengalami kerusakan.

Temperatur suhu kulkas yang disarankan agar kulkas awet adalah di suhu 2 sampai dengan 4 derajat celcius dan temperatur freezer di suhu minus 17 derajat celcius. Selain pengaturan suhu yang tepat, hal-hal lain juga harus tetap diperhatikan agar kulkas awet terjaga!

6. Pastikan Penggunaan Kulkas saat Pemadaman Listrik Tepat

Jika listrik mengalami pemadaman, tentu saja kulkas juga akan berhenti berfungsi karena aliran listriknya mati. Tapi tenang saja, kulkas masih dapat menyimpan makanan yang ada hingga waktu 48 jam.

Setelah listrik menyala, jangan buru-buru menggunakan kulkas biarkan kulkas dalam keadaan dingin dulu selama kurang lebih 5 menit. Cara ini membantu kompresor untuk bekerja secara maksimal terlebih dahulu setelah mengalami mati listrik. Hal ini dapat membantu menjaga kulkas agar awet serta tidak gampang rusak.

Itu dia beberapa cara merawat kulkas agar awet dan tetap terjaga fungsinya. Penggunaan yang benar dan sesuai dengan kebutuhan tentu dapat membantu kulkas untuk tetap terjaga fungsinya sebagai mesin pendingin. Untuk itu, gunakan kulkas sesuai dengan keperluan dan kapasitasnya.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama