Cara Menyimpan Air Kelapa Di Kulkas, Hilangkan Bau Basi dan Pasti Tahan Lama

  • Ahli HVAC
  • Dec 03, 2022

Meskipun sudah menyimpan air kelapa di kulkas dengan sangat baik, tetapi terkadang berbau basi. Ini membuat seseorang menjadi jengkel dan panik sehingga membutuhkan cara menyimpan air kelapa di kulkas agar hal tersebut tidak terulang lagi.

Oleh karena itu, dapat diatasi dengan menyimpan air tersebut dan menerapkan cara penyimpanan air kelapa di kulkas yang benar agar layak untuk dimanfaatkan di esok hari. Yang perlu diketahui adalah seberapa lama air kelapa di kulkas agar tetap bisa diminum di kemudian hari.

Penyebab Air Kelapa Cepat Basi

Seseorang harus mengetahui tentang apa penyebab air kelapa cepat basi, yang mana terjadi karena adanya tingkat asam sangat rendah di dalamnya terkandung nutrisi. Kemudian nutrisi ini cukup lengkap untuk pertumbuhan bakteri dan tidak bertahan lama apabila terus menerus dibiarkan pada suhu ruang atau kulkas.

Ketika air kelapa tersebut belum ingin diminum atau diolah, maka biarkan air tersebut untuk tetap di dalam buah kelapanya agar selalu segar di kulkas. Adanya suhu yang dingin ini hanya akan membuat air kelapa bertahan cukup singkat misalnya hanya bisa 1 hari saja.

Berapa Lama Air Kelapa Bisa Disimpan di Kulkas?

Untuk ketahanan air kelapa memang berbeda-beda satu sama lain seperti kelapa yang masih berbatok relatif tahan lama jika disimpan di kulkas. Kemudian berbeda dengan kelapa yang sebelumnya sudah dikupas dari tempurungnya, tetapi belum dibelah sama sekali dapat bertahan sampai 3 hari dalam kulkas.

Selain itu, kelapa yang dikupas dapat bertahan lebih dari 1 minggu jika seseorang menyimpan dengan cara dibungkus dahulu dengan plastik, atau membuat tidak cepat kering. Hal ini mengingat kelapa yang sudah terbelah batoknya akan lebih cepat berlendir dan berbau tidak enak.

Namun, jika diterapkan dengan cara yang tepat, maka air kelapa tersebut akan dapat bertahan dari 3 sampai 5 hari ke depan. Jadi, seseorang harus mengatasi permasalahan terkait penyimpanan kelapa ini agar air kelapa bisa layak dan tahan lama di kulkas.

Cara Menyimpan Air Kelapa Di Kulkas

Cara menyimpannya agar kualitas dari air kelapa terjaga dengan baik tanpa menimbulkan bau menyengat akibat pembusukan, yaitu bisa dilakukan dengan beberapa hal. Untuk proses penyimpanannya tidaklah sulit, berikut adalah cara menyimpan air kelapa di kulkas bisa diikuti:

1. Menyimpan Air Kelapa di Kulkas Bawah

Air kelapa mudah untuk terfermentasi ketika langsung terpapar udara sehingga secara otomatis dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Pada dasarnya air kelapa perlu disimpan sesegera mungkin setelah dibuka batoknya dengan menyaring air kelapa terlebih dahulu menggunakan sebuah kain tipis.

Pengguna dapat menyimpannya dengan menggunakan sebuah botol dengan wadah tertutup rapat tanpa seka. Kemudian dinginkan selama 30 menit dalam freezer dengan sedikit cela terbuka dan tutup rapat botol tersebut.

Setelah melakukan beberapa proses sebelumnya, pengguna dapat langsung menyimpan air kelapa dalam kulkas masing-masing. Kemudian lumerkan kembali air kelapa dalam suhu ruang jika hendak digunakan.

Apabila air kelapa tersebut belum ingin dikonsumsi, maka sebaiknya biarkan saja untuk tetap berada dalam kulkas tanpa disentuh sedikitpun. Untuk proses pendinginan dapat menurunkan kualitas air kelapa yang digunakan tersebut.

2. Menyimpan Air Kelapa dalam Freezer

Ini adalah cara utama yang bisa dilakukan para pengguna secara mudah hanya dengan meletakkan air kelapa dalam freezer. Hal ini dilakukan dengan air kelapa dibungkus dengan wadah dari plastik yang digunakan sudah tertutup rapat dan segera dimasukkan dalam freezer.

Dijamin air kelapa bisa tahan cukup lama yaitu sampai 3 bulan. Tentunya untuk berbagai kebutuhan, cara ini sangat layak untuk dicoba.

Demikian informasi tentang berapa lama air kelapa disimpan, penyebab, dan cara menyimpan air kelapa di kulkas yang bisa diterapkan oleh para pengguna. Penyimpanan air kelapa jadi lebih mudah dan tidak cepat basi seperti sebelumnya.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *