Cara Mengurangi Bunga Es Di Kulkas

  • Ahli Teknik HVAC
  • Oct 11, 2022

Hal yang bisa membuat bunga es yang ada di kulkas cepat penuh adalah, dikarenakan karet yang ada di pintu kulkas tidak menutup rapat ke bodynya. Sesuai judul, kali ini kita akan membahas, hal-hal yang tanpa disangka, yang akan membuat bunga es yang ada di kulkas cepat sekali menjadi penuh.

Hal yang pertama, yang tanpa disangka, yang akan membuat bunga es di kulkas kita cepat penuh adalah, salah meletakkan lemari es. pada dasarnya meletakkan lemari es, bebas saja ya, kalau untuk dalam rumah, tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu: Jangan pernah, atau hindari meletakkan kulkas tepat berada di depan pintu masuk rumah. ilustrasinya kurang lebih seperti ini sobat. permasalahannya, bukan karena diletakkan didepan pintu, maka nantinya akan menghalangi orang yang mau lewat ya, bukan, tapi kalau penempatannya seperti ini, apalagi pintu kulkas juga tepat menghadap pintu jalan masuk rumah, maka yang terjadi adalah begitu pada saat kita buka pintu lemari es nya, dan angin berhembus dengan kencang, maka angin itu akan menerobos masuk ke dalam lemari es atau kulkas, hasilnya uap dingin yang ada di dalam lemari es jadi musnah! Hilang semua, dan digantikan dengan angin yang berasal dari luar rumah.

Pada akhirnya angin yang baru masuk tadi, akan langsung terikat pada bunga es yang memang sudah ada, dan langsung membuat lapisan tambahan bunga es. Inilah yang membuat bunga es cepat penuh, oke. pertanyaannya, kalau untuk lemari es jenis Showcase bagaimana Pak? kalau lemari es jenis Showcase yang bentuk pintunya sliding, seperti yang kalian lihat gambar ini, ini mungkin agak lebih aman ya. Dikarenakan, biasanya arah angin yang masuk pasti dari samping, bukan dari atas, sementara pintu sliding kulkas tadi diletakkan di atas, jadi masih aman dari hembusan angin yang beasal dari pintu.

Tapi kalau untuk kulkas jenis showcase yang seperti ini, ini Saya rasa tidak tepat juga kita letakkan di depan pintu masuk, karena apa? logikanya pintu kulkas Showcase kan terbuat dari kaca atau plastik. kaca atau plastik pastinya akan tertembus sinar matahari. ingat! Sinar matahari itu sifatnya panas, dan panas ini pasti akan langsung menembus ke bagian dalam lemari es atau kulkas, alhasil, pastinya juga akan mengurangi kinerja lemari es kita. Jadi, kalau kita tempatkan lemari es atau kulkas, benar-benar posisinya di depan pintu, sedang kita tidak punya teras, pasti proses pembekuan makanan yang di dalam kulkas akan terganggu, dan pasti juga akan menyebabkan lebih boros listrik, oke. hal kedua yang tidak disangka-sangka, yang bisa membuat bunga es di kulkas kita cepat penuh adalah, salah dalam mengemas makanan di lemari es, atau tepatnya di dalam freezer. jadi, untuk meletakkan makanan seperti ikan, atau daging, atau mungkin es batu, usahakan ditempatkan pada wadah yang memang bisa menampung air ya. permasalahannya, mungkin dikarenakan beberapa hal, seperti ketiadaan wadah, sebagian dari kita memilih mengganti wadahnya, yaitu dengan meletakkan atau mengemas ikan atau bahan makanan tersebut ke plastik.

Permasalahannya, apabila kita tidak mengeringkan sisa air yang ada di bagian luar plastik, tetesan air yang ada di luar plastik tersebut, pastinya akan menetes ke bawah, ke bagian rak freezer. tetesan air inilah yang menjadi cikal-bakal cepatnya terjadi proses bunga es. Oh, iya, selain ikan, ada beberapa hal yang juga mesti diperhatikan, yang bisa menyebakan hal yang sama, misalnya saat membuat es batu, pasti sebagian dari kita menggunakan plastik, iya kan? usahakan air yang ada dibagian luar plastik dikeringkan terlebih dahulu, seperti yang saya Sebutkan sebelumnya, agar tetesan air tidak menggenangi. Oke, sekarang kita masuk ke hal yang ketiga. Hal ketiga yang bisa membuat bunga es yang ada di kulkas jadi cepat penuh, adalah dikarenakan karet yang ada di pintu kulkas tidak menutup rapat ke body kulkasnya.

Kurang lebih gambarnya seperti ini. dengan posisi seperti ini, maka akan terjadi hal yang hampir sama, seperti poin pertama tadi, yaitu udara yang ada di dalam kulkas, dan yang ada di luar, akan Gampang sekali keluar masuk. Dan, udara yang ada di luar tersebut, akan mempengaruhi udara dingin yang ada di dalam kulkas. Selain itu udara atau angin yang baru masuk, akan langsung terikat pada bunga es yang memang sudah tercipta sebelumnya, dan ini juga lah yang membuat lapisan bunga es yang baru kembali terbentuk, yang akhirnya akan mempertebal lapisan bunga es. Oh iya, ada hal-hal yang mau saya tambahkan. Untuk kondisi pintu kulkas yang tidak rapat, sebenarnya ada tiga penyebabnya, yang pertama, disebabkan oleh pintu kulkas yang miring. kondisi pintu kulkas yang miring, biasanya dialami kulkas-kulkas yang berumur di atas lima tahunan. Penyebabnya bisa jadi karena mungkin pintu kulkas dijadikan mainan anak-anak, atau mungkin lubang as pada bagian pintu kulkasnya sudah mulai keropos. yang kedua, penyebab karet di pintu kulkas tidak bisa rapat, bisa disebabkan karena baut yang mengikat karet di pintu kulkas mengalami kekenduran.

Solusinya tinggal kencang ya. hal ketiga, yang bisa membuat karet pada pintu kulkas tersebut tidak rapat, adalah dikarenakan karet tersebut sudah mulai keras teksturnya. sebenarnya untuk solusi hal yang ketiga ini, yaitu karet kulkas yang mengeras.

Oke, kita masuk ke hal keempat yang tidak disangka, yang akan membuat bunga es yang ada di kulkas kita, jadi cepat sekali penuh. Dan hal keempat tersebut adalah, kesalahan pada saat mengatur tombol suhu yang ada di dalam lemari es. untuk mengatur tombol suhu yang ada di lemari es, paling enak patokannya adalah berdasarkan isi freezernya. Jadi, tinggal sesuaikan saja. Kalau freezernya penuh, silakan atur pada suhu yang maksimal. Tetapi kalau misalnya isi freezerya sedikit, atau bahkan tidak ada, silakan diatur pada suhu yang minimal saja. kalau mau sedikit lebih dingin, baru silahkan kalian tambah suhunya yaitu diangka 5, sementara kalau kita buka freezernya ,maka freezernya terlihat kosong.

Kalau freezernya kosong tidak ada isinya, silakan kalian atur tombolnya di posisi tengah saja, kalau memang ingin mendapatkan suhu yang lebih dingin. yang bisa mempercepat proses terjadinya bunga salju yang ada di kulkas adalah, kebiasaan membuka dan menutup pintu lemari es dalam kurun waktu yang berdekatan.

Hal ini masih terkait dengan nomor 1 dan nomor 3 ya. Jadi, membuka dan menutup pintu lemari es kalau bisa hanya seperlunya saja ya, jangan terlalu sering, karena hal yang saya sebutkan tadi akan terjadi, yaitu udara yang ada di luar akan masuk, kemudian akan mempengaruhi dan akan membentuk kembali lapisan bunga salju, menjadi lebih tebal. hanya saja, hal ini mungkin sulit dihindari, kalau ternyata di rumah tersebut banyak anak-anaknya, atau mungkin kulkas tersebut diperuntukkan buat dagang es. untuk mengurangi resikonya, silakan, jangan pernah lakukan hal yang pertama sampai hal yang nomor 4 tadi.

Author Profile

Ahli Teknik HVAC
Ahli Teknik HVAC
Selama bekerja sebagai ahli HVAC, saya mulai memperhatikan kurangnya sumber daya online yang khusus membahas topik HVAC. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem HVAC dan bagaimana memilih, merawat, dan memperbaikinya. Itulah saat saya memutuskan untuk menggabungkan dua minat saya yang kuat: HVAC dan menulis.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama