Ayo Simak Dan Ikuti Cara Mengisi Freon AC Secara Mandiri Dengan Mudah, Benar Dan Cepat

  • Ahli HVAC
  • Dec 15, 2022

Seseorang perlu untuk mengetahui cara mengisi freon AC agar dapat menggantinya atau mengisinya secara berkala. Serta tidak harus menunggu hingga freon AC benar-benar habis terlebih dahulu. Tujuannya supaya udara dingin yang dikeluarkan tetap stabil dan kondisi AC tetap sehat dan terawat.

Sebab jika pengguna telat mengisi freon AC, dapat menyebabkan ruangan terasa panas. Serta juga bisa berakibat membuat kerja AC tidak bisa maksimal dan bahkan sampai terjadi kerusakan. Padahal untuk mengisi freon AC tidaklah sulit untuk dilakukan sendiri sehingga pengguna tidak perlu memanggil tukang service.

Penjelasan Seputar Freon AC

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui apa itu freon AC. Sebab selama ini bisa saja kebanyakan orang hanya sekedar memakai AC saja tanpa mencari tahu komponen di dalamnya. Sebenarnya freon AC adalah satu contoh komponen yang begitu penting pada alat pendingin ruangan tersebut.

Fungsi dari freon AC sendiri yaitu sebagai pengalir udara dingin yang segar ke ruangan. Sehingga seseorang akan merasa ruangan tersebut sejuk ketika ditempati. Namun jika AC sering dipakai atau dinyalakan terus menerus, tentu akan menipiskan volume freon yang ada didalam mesin pendingin ruangan tersebut.

Apabila semakin lama akan kehabisan, maka AC yang telah kehabisan freon akan terasa tidak dingin walau sudah dinyalakan. Jika sudah seperti itu, maka pengguna perlu untuk mengisi freon kembali. Bahkan jika perlu pengguna bisa menggantinya dengan yang baru.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengisi Freon AC

Pengguna perlu mengetahui beberapa hal penting sebelum melakukan pengisian freon. Tujuannya supaya pengguna tidak mengalami hambatan ketika akan mengisi kembali. Adapun pun hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum pengisian freon yaitu sebagai berikut:

  • Jenis Freon AC. Pengguna perlu mengetahui terlebih dahulu jenis freon pada AC yang digunakan. Hal itu dikarenakan ada beberapa AC memiliki jenis freon yang berbeda. Semua itu tergantung dari merk AC itu sendiri.
  • Takaran Freon AC Yang Digunakan. Hal kedua yang harus diperhatikan pula yaitu takaran dari freon itu sendiri. Setiap jenis freon memiliki standar takarannya sendiri. Jadi pengguna harus mencari tahu takaran yang dimiliki jenis freon yang terpasang pada AC tersebut.
  • Siapkan Alat dan Bahan. Jika pengguna sudah mengetahui jenis dan juga jumlah takaran yang diperlukan, maka ada baiknya harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk mengisi freon AC tersebut.
  • Periksa AC Terlebih Dahulu. Apabila tiga hal penting di atas sudah pengguna ketahui, selanjutnya pengguna perlu untuk memeriksa AC terlebih dahulu sebelum mengisi freon. Periksalah apakah terdapat kebocoran atau hanya sekedar kehabisan freon saja.

Cara Mengisi Freon AC Secara Mandiri

Selanjutnya pengguna harus paham akan cara untuk mengisi freon kembali. Langkah-langkahnya cukup mudah untuk pengguna lakukan sendiri di rumah. Dimana langkahnya seperti di bawah ini:

  • Langkah pertama, silahkan pengguna pasang selang biru di sebelah kiri pada manifold ketika sudah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.
  • Lalu isikan freon dengan membuka kerannya dan juga perhatikan jarum indikator pada manifold. Tujuannya agar pengguna mengetahui kadar freon yang masuk.
  • Silahkan lakukan dengan pelan agar tidak mengalami kerusakan pada klep kompresor.
  • Apabila dirasa pipa instalasi berembun, maka itu tandanya freon telah terisi sesuai dengan kadar takaran yang tepat.
  • Jika sudah seperti itu, maka tutup kran freon dan lepaskan selang dengan cara perlahan
  • Kemudian lakukan pengecekan tekanan dan arus listrik terlebih dahulu menggunakan ampere meter pada AC.
  • Bila sudah sesuai, lepaskan selang manifold pada AC dan pasang kembali rangka AC dengan benar.

Demikianlah tadi cara mengisi freon AC secara mandiri dengan benar serta mudah. Sehingga pengguna tidak perlu untuk memanggil tukang service ke rumah. Namun pengguna haruslah memahami beberapa hal penting seperti yang telah dijelaskan di atas sebelum mengisi freon AC.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama