Inilah Cara Mengganti Pipa Kapiler Ac Split Dengan Mudah

  • Ahli HVAC
  • Mar 27, 2023

Pipa kapiler merupakan komponen yang sangat penting dalam AC split, fungsinya ialah mengatur aliran yang ada dalam refrigeran ke evaporator. Maka dari itu penting juga untuk mengerti cara mengganti pipa kapiler AC split agar tidak terjadi permasalahan berarti.

Cara tersebut sangatlah berfungsi, karena terkadang jika terdapat masalah pada AC split, salah satunya adalah dengan mengganti pipa kapiler. Dan juga menggantinya harus dengan teliti dan benar caranya. Berikut untuk cara lebih detailnya.

Cara Mengganti Pipa Kapiler AC

Untuk cara mengganti pipa kapiler AC split membutuhkan kesabaran saat prosesnya, karena harus membongkar sedikit dari bagian komponennya. Kemudian dilanjutkan dengan melepas pipa kapiler dan menggantinya.

Namun sebelumnya juga membutuhkan beberapa peralatan seperti pipa kapiler baru, tang, las dan obeng. Kemudian jika sudah lengkap semua, lanjut pemasangannya seperti berikut:

  • Siapkan pipa kapiler baru untuk mengganti yang lama.
  • Bongkar body AC (outdoor) hingga terlihat pipa kapilernya.
  • Kemudian potong ujung-ujung dari pipa kapiler yang lama. Berhati-hatilah karena akan terdapat tekanan angin kuat yang keluar saat memotongnya.
  • Kemudian nyalakan AC kembali, untuk memastikan tekanan masih keluar dari lubang (yg telah dipotong) atau tidak,
  • Jika tekanan masih aman (masih terdapat tekanan yang stabil), maka matikan AC kembali.
  • Sebelum memasang pipa kapiler yang baru, pastikan telah tergulung melingkar dengan rapi agar mudah saat pemasangan.
  • Kemudian pastikan pipa kapiler baru telah dilubangi pada ujung-ujungnya. Pengguna bisa mencoba meniup salah satu ujung pipanya, bila angin dapat keluar dengan lancar, maka pipa kapiler aman dan siap dipakai.
  • Lalu masukkan ujung pipa kapiler kepada lubang (yang tadi telah dipotong) dan jepit menggunakan tang. Agar pipa kapiler lebih merekat pada lubangnya, pastikan tidak ada celah untuk angin keluar pada lubang tersebut.
  • Barulah las lubang tersebut dengan menambahkan timah secukupnya. Lakukan proses ini dengan teliti, agar hasil las terlihat lebih rapi.
  • Setelah itu coba nyalakan kembali AC-nya, untuk mengecek apakah tekanan angin dapat keluar dengan lancar pada pipa kapiler (yang baru).
  • Jika dirasa sudah aman, maka lanjutkan untuk memasukkan ujung pipa kapiler lainnya pada lubang satunya. Caranya sama dengan sebelumnya, cukup masukkan pada lubang lalu eratkan dengan tang.
  • Jangan lupa untuk mengelasnya kembali (seperti yang pertama) dengan rapi.
  • Lalu ikat gulungan pipa agar lebih rapi.
  • Jangan lupa cek kembali, apakah pipa kapiler berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak.
  • Jika dirasa sudah aman semua maka pasangkan kembali body AC seperti semula.

Manfaat Mengganti Pipa Kapiler AC Split

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa pipa kapiler mempunyai peranan penting dalam komponen AC. Saking pentingnya, jika terjadi kerusakan atau kebuntuan pada pipa kapiler, maka akan terjadi kerusakan pada mesin pendingin AC.

Selain itu juga dapat menyebabkan oli yang terdapat pada kompresor akan naik ke jalur pipa lalu mengendap di sana. Hal itu yang akan menyebabkan sirkulasi pada freon tidak lancar dan AC susah mencapai suhu dinginnya.

Maka dari itu penting sekali untuk mengganti atau mengontrol pipa kapiler pada AC split. Untuk menjaga kesehatan AC dan beberapa komponen lainnya. Jika semua komponen sehat tanpa gangguan, maka AC akan berfungsi secara maksimal.

Itulah cara mengganti pipa kapiler AC split, jangan lupa untuk mempraktikkannya dengan sabar dan teliti. Kemudian saat mengisi freon juga harus diperhatikan dan dilakukan dengan baik. Karena jika tidak maka pipa kapiler akan mampet kembali.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama