Cara Mengatasi Kompresor AC Lemah Termudah - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Kompresor AC

Cara Mengatasi Kompresor AC Lemah Termudah

Ada kalanya kondisi kompresor AC mulai menunjukan gejala melemah. Tapi jangan khawatir, sebab ada beberapa cara mengatasi kompresor AC lemah dengan mudah. Perangkat AC tidak bisa dilepaskan dengan komponen kompresor. Faktanya, ada beberapa hal yang bisa dijadikan tanda bahwa kompresor AC sudah mulai melemah

Mulai dari AC yang tak mampu lagi mendinginkan ruangan secara maksimal. Selain itu, kompresor AC mulai lemah juga ditandai dengan mengeluarkan suara berisik. Bila tidak segera ditangani, hal ini akan membuat AC bisa cepat rusak. Maka, jika mendapati kompresor AC sudah mulai melemah, silakan lakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Bersihkan Karat Dan Debu Yang Menempel Pada Kompresor

Langkah awal dari cara mengatasi kompresor AC lemah adalah segera lakukan pembersihan. Buka komponen kompresor AC lalu bersihkan semua debu atau karat yang kemungkinan menempel. Jika memang ada karat, bersihkan menggunakan cairan anti karat. Bisa juga dengan menggunakan amplas 1000 yang paling halus.

Selain itu, pastikan juga bagian kompresor AC sudah bebas dari debu-debu. Ingat, debu-debu yang menumpuk bisa berpotensi membuat freon tersumbat atau bahkan sampai bocor. Jika itu terjadi, besar kemungkinan kipas tidak akan bisa berputar dengan maksimal. Cara ini bisa jadi merupakan tindakan awal ketika mendapati kompresor AC menunjukkan tanda mulai lemah.

2. Ganti Oli Kompresor Dengan Yang Baru

Ketika kompresor AC sudah dipastikan bersih, lakukan langkah selanjutnya. Oli kompresor harus diganti dengan yang baru. Namun, jika seandainya oli kompresor memang diketahui habis, segera isi ulang. Mengingat fungsi oli pada kompresor AC ini cukup penting.

Salah satunya adalah sebagai bahan pelumas. Oli pada kompresor akan mengurangi gesekan antar komponen logam sehingga tidak akan terjadi suara berisik. Isi atau ganti oli kompresor dengan rutin untuk menghindarkan dari resiko kerusakan komponen.

3. Cek Kondisi Kabel Kompresor

Bila sudah dibersihkan dan diberikan oli pelumas, namun AC masih tidak mau menyejukkan ruangan, mungkin masalah ada pada kipas. Saat AC masih dalam kondisi hidup, lihat komponen kipas. Cek apakah putaran kipas normal, lemah, atau mungkin justru tidak mau berputar sama sekali.

Kondisi bahaya jika kipas menunjukkan tanda tidak mau berputar sama sekali. Jika sudah begitu, bisa diperiksa bagian kabel pada kompresor. Bisa jadi kabel pada kompresor ada yang terputus atau terbakar. Ketika memeriksa bagian kabel kompresor, pastikan perangkat AC sudah mati. Demi mencegah kemungkinan tersengat listrik.

4. Pastikan Tidak Ada Bagian Kompresor Yang Rusak

Kompresor AC mulai lemah bisa juga disebabkan karena salah satu bagiannya ada yang mengalami kerusakan dan harus diganti. Meskipun tidak rusak sepenuhnya, kondisi bagian kompresor yang hanya cacat saja sudah bisa menyebabkan kompresor mulai lemah. Apa saja bagian kompresor yang dimaksud?

Mulai dari dinding silinder, piston, sampai klep yang biasanya mengalami patah. Bagian-bagian kompresor yang rusak tersebut harus diganti. Sehingga, kinerja kompresor AC akan kembali bekerja dengan baik.

5. Panggil Teknisi

Mulai lemahnya kompresor AC sudah pasti menyebabkan banyak masalah pada kinerja perangkat itu sendiri. Jika tidak segera ditangani dengan benar, maka akan membuat AC makin cepat mengalami kerusakan sampai harus melakukan pergantian perangkat. Jadi, ketika cara-cara sebelumnya sudah dilakukan namun kompresor tidak menunjukkan tanda perbaikan bisa langsung memanggil teknisi saja.

Cara ini bisa dipergunakan bagi yang tidak terlalu paham mesin. Lebih aman menyerahkan langsung pada tenaga ahli saja. Meskipun biaya yang dikeluarkan lebih besar, namun akan ada jaminan perangkat langsung bisa bekerja dengan baik.

Itu tadi bagaimana cara mengatasi kompresor AC lemah dengan mudah. Mulai lemahnya kompresor AC ini harus segera ditangani. Lakukan cara-cara di atas untuk membuat kinerja kompresor AC bisa kembali maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + three =