4 Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor dengan Lem Besi

  • Ahli HVAC
  • May 26, 2022

Kebanyakan orang yang mengalami masalah freezer yang bocor akan sedikit bingung cara mengatasinya. Karena tidak ada yang tahu cara menambal freezer kulkas bocor. Biasanya, jika ada kerusakan seperti ini, kulkas langsung di bawah ke tukang servis. Biayanya yang harus dikeluarkan juga cukup besar.

Jika, tidak ada dana yang bisa digunakan, maka pemilik kulkas akan membiarkan kulkas untuk sementara waktu dalam kondisi tidak terpakai. Padahal, ada cara sederhana yang bisa dilakukan para pemilik kulkas untuk memperbaikinya. Yaitu, dengan menggunakan campuran lem bersih. Cara ini bisa dilakukan sebagai bentuk penangan sementara pada kulkas yang freezernya bocor.

Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, freezer kulkas yang bocor bisa ditambal dengan menggunakan lem besi. Namun, hal ini hanyalah langkah sementara saja. Walaupun begitu, cukup efektif untuk membuat freezer tetap bekerja sebelum benar-benar di bawah ke tempat servisnya. Berikut cara untuk memperbaikinya.

1. Bongkar Freezer Kulkas pada Bagian Evaporator

Jika ingin menambal kulkas yang bocor, tentu saja para pemilik kulkas harus mencari lubang atau bagian mana yang menyebabkan bocor. Karena itu, para pemilik kulkas harus membongkar kulkas sedikit sampai terlihat bagian evaporatornya.

Evaporator sendiri merupakan tempat untuk menampung freon. Zat yang membuat kulkas bisa menjadi sangat dingin. Pada bagian inilah, biasanya kebocoran bisa terjadi. Kemudian, periksa seluruh bagian evaporator.

Cari bagian yang bocor dan perlu untuk ditambal. Sebelum melakukan penambalan, pastikan bahwa evaporator sudah tidak memiliki tekanan freon. Jika masih ada, harus ditunggu sampai tekanan freonnya mati terlebih dahulu.

Hal yang paling penting yang harus diingat, saat menambal kulkas ini harus dilakukan dalam keadaan kulkas mati. Kulkas tidak boleh tersambung dengan listrik sama sekali.

2. Amplas dan Bersihkan Bagian yang Ingin Ditambal

Setelah bagian yang bocor ditemukan dan tekanan freon sudah dikosongkan dari evaporator. Barulah, para pemilik kulkas bisa memulai proses penambalan. Pertama, para pemilik kulkas perlu mengamplas sekitar bagian yang bocor tersebut.

Amplas sampai bersih, hingga tidak ada bagian yang tertutup cat atau lapisan lain di sekitar bagian yang bocor. Selanjutnya, bersihkan bagian yang bocor dengan kain yang bersih. Hal ini untuk membersihkan sisa-sisa pengamplasan sebelumnya. Jadi, lem yang akan digunakan bisa menempel dengan sempurna.

3. Campurkan Lem Besi

Setelah bagian yang bocor siap untuk ditambal, berikutnya para pemilik kulkas perlu menyiapkan lemnya. Campurkan dua jenis lem besi, pertama lem bersih berwarna hitam dan yang kedua, adalah lem bersih berwarna putih.

Berikan takaran yang sama untuk setiap jenisnya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Aduk terus sampai campuran ini merata. Jangan sampai para pemilik kulkas membiarkan lem besi tidak teraduk dalam waktu yang lama.

Karena jenis lem besi ini, cukup cepat waktu pengeringannya. Karena itu, pastikan untuk selalu mengaduknya sebelum digunakan.

4. Tempelkan Pada Lubang yang Menyebabkan Kebocoran

Setelah campuran lem besi sudah merata, begitu pula dengan lubang bocor pada evaporator sudah siap. Para pemilik kulkas tinggal mengoleskan campuran lem besi yang sudah dibuat sebelumnya pada lubang bocor di evaporator tersebut.

Oleskan secara rata dan secukupnya saja. Jangan menggunakan lem terlalu banyak, hal ini malah membuat akan sulit untuk bertahan menutupi lubang. Setelah dioleskan, tunggu lem besi mengering, biasanya lem besi membutuhkan waktu 5 menit untuk benar-benar mengering.

Itulah cara menambal freezer kulkas bocor yang bisa dilakukan sendiri di Rumah. Caranya hanya bermodalkan lem besi saja. Namun, jika kebocoran terus berlanjut dan terjadi lagi.  Mungkin, kulkas memang butuh untuk diservis.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama