5 Cara Menambal Evaporator Kulkas dengan Lem Besi yang Benar

  • Ahli HVAC
  • May 14, 2022

Evaporator pada kulkas 1 pintu umumnya mudah mengalami kebocoran khususnya pada jalur sirkulasi freon kulkas. Kerusakan pada evaporator ini dicungkil saat mengambil es dari freezer sehingga evaporator menjadi bolong. Cara untuk menambal evaporator bolong bisa menggunakan jenis lem khusus seperti lem besi. Cara menambal evaporator kulkas dengan lem besi tentu berbeda dengan menggunakan lem lainnya.

Tentu saja caranya tidak semudah yang dibayangkan sebab bahan evaporator terbuat dari aluminium sehingga tergolong sukar untuk menambal kebocorannya. Penting bagi yang mengalami masalah ini untuk mengetahui cara menambal evaporator menggunakan lem besi dengan benar. Di bawah ini bagi yang masih bingung untuk menambal evaporator bolong dengan lem besi:

1. Siapkan Lem Besi

Pertama kali yang perlu disiapkan untuk menambal evaporator tentu saja harus menyiapkan terlebih dahulu lem besinya. Nantinya lem besi inilah yang akan mengatasi kebocoran pada evaporator.

Lem besi bisa didapatkan di toko toko peralatan terdekat. Kalau tidak menemukan dapatkan lem besi ini di di marketplace lebih praktisnya. Harganya juga terjangkau tidak jauh berbeda dengan harga lem penambal evaporator lainnya.

2. Campur Lem Besi Warna Putih dan Hitam

Walaupun sebenarnya untuk menambal evaporator yang bolong bisa menggunakan lem hijau tetapi lebih efektifnya menggunakan lem besi. Sebab, evaporator sendiri itu terbuat dari aluminium yang sulit sekali untuk menyatu dengan lem jika penambahannya salah.

Membuat lem besi bisa dengan mencampurkan lem berwarna putih dan hitam. Takaran lem tersebut yaitu 1:1. Ketika lem ini sudah digunakan untuk menambal evaporator yang bolong akan mengeras sehingga kulkas bisa berfungsi dengan optimal lagi.

3. Panaskan Area Kebocoran

Apabila lem besi tidak menempel sempurna ke bagian yang bolong pada evaporator, tentu saja akan mengalami kebocoran lagi. Cara menambal evaporator kulkas dengan lem besi agar menempel kuat adalah dengan pemanasan terlebih dahulu area kebocoran.

Gunakan las hicook untuk hasil lebih maksimal. Jenis las ini sudah banyak digunakan oleh teknisi atau orang yang mengalami masalah evaporator kulkas bolong akibat tertusuk atau faktor lainnya. Jadi tidak perlu ragu untuk mengandalkan las hicook cukup dalam memperbaiki kerusakan pada evaporator dengan lem besi.

4. Oleskan Lem pada Lubang Evaporator

Setelah mencampur lem warna hitam dan putih sesuai dengan takaran dan memanaskan area evaporator kulkas yang bolong, langkah berikutnya oleskan lem besi pada lubang evaporator. Oles perlahan sampai lubang kebocoran tertutup sempurna atau sesuai panduan agar kebocoran evaporator bisa tertutup sempurna dengan memakai lem besi ini.

5. Diamkan Lem sampai Mengeras

Proses pemanasan area lubang dan penambalan evaporator dengan lem besi tentu sedikit memakan waktu. Tetapi setelah mengoleskan lem besi pada evaporator yang mengalami kebocoran tentu saja harus mengeringkan lem besi pada evaporator kulkas.

Diamkan lem yang ditempelkan ke lubang evaporator sampai kering dan mengeras sesuai dengan panduan pemakaian lem besi ini. Apabila lem bisa menempel sempurna ke evaporator maka masalah kebocoran sudah bisa teratasi. Ketika dipasang nanti maka kulkas bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Dengan begitu tidak perlu panik lagi kulkas bermasalah.

Itulah cara menambal evaporator kulkas dengan lem besi yang benar. Tapi perlu diingat setelah selesai, pasang sistem pemipaannya. Sebelum menambal evaporator yang bocor tentunya melewati pencopotan sistem pemipaan kan? Oleh karena itu, setelah selesai menambal evaporator dengan lem besi secara benar pastikan pipa tersebut terpasang dengan baik.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama