Ketahui 7 Cara Memperbaiki Kulkas Bocor Tertusuk, Sangat Sederhana Atasi Kendala

  • Ahli HVAC
  • Nov 25, 2022

Kulkas yang digunakan sebagai alat pendingin dalam aktivitas kehidupan masyarakat tentu tidak terlepas dari masalah yang ada. Salah satunya adalah kebocoran di bagian tertentu pada kulkas. Cara memperbaiki kulkas bocor tertusuk pun dapat dilakukan dengan mudah oleh pengguna.

Kebocoran tersebut biasanya terjadi pada bagian dalam kulkas yakni bagian freezer dan disebabkan oleh benda-benda tajam. Pengguna perlu mengetahui penyebabnya lebih rinci lagi dan cara memperbaiki kendala yang ada. Berikut ini uraian singkatnya:

Penyebab Kebocoran pada Bagian Kulkas

Bagian kulkas yang biasanya menemui masalah kebocoran adalah Freezer. Pada bagian pembekuan ini, seringkali pengguna tidak berhati-hati dalam penggunaannya. Penyebab tersebut terjadi akibat tertusuk oleh benda-benda tajam sepertiĀ  garpu, obeng, pisau atau benda tajam lainnya.

Bahan beku seperti batu es atau lainnya yang menempel lengket ke bagian evaporator, dilepaskan dengan benda tajam tersebut akan mengakibatkan kebocoran gas freon. Dengan begitu, nantinya freezer tidak dapat digunakan lagi secara maksimal.

Cara Memperbaiki Bagian Kulkas yang Bocor Tertusuk

Dalam hal cara memperbaiki kulkas bocor tertusuk, pengguna juga bisa melakukan beberapa cara yang bisa dicoba secara mandiri terlebih dahulu sebelum menemui ahlinya. Berikut penjelasannya:

1. Menambal Evaporator

Kerusakan yang tidak terlalu parah pada bagian ini, dapat melakukan penambalan evaporator dengan beberapa bahan perekat, di antaranya: lem hijau, kawat dan las aluplatinum, lem dextone dan lainnya. Pastikan letak kebocoran pada bagian evaporator sebelum melakukan proses penambalan.

2. Mengganti Evaporator

Cara ini dilakukan jika tidak memungkinkan lagi untuk melakukan penambalan pada evaporator. Biasanya, hal tersebut terjadi karena lubang kebocoran pada evaporator melebihi ukuran 5 mm, atau lebih dari satu bulan tidak melakukan perbaikan kebocoran. Jadi, penggantian evaporator baru perlu dilakukan.

3. Melakukan Penggantian Oli Kompresor

Masalah kebocoran yang terjadi dapat menyebabkan oli kompresor bercampur air. Oleh karena itu, perlu adanya penggantian oli kompresor. Pastikan terlebih dahulu pengecekan bagian tersebut secara menyeluruh, bersih atau tidaknya.

Jika bersih, dapat menggunakan oli lama. Sedangkan apabila telah tercampur, penggantian oli kompresor dapat dilakukan.

4. Melakukan Pengisian Gas Freon

Gas freon merupakan bahan pendingin pada bagian kulkas di freezer. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan proses pendinginan jika terjadi kebocoran adalah dengan melakukan pengisian gas freon pada proses evaporasi tersebut. Pastikan juga langkah pengecekan dan perbaikan kebocoran lainnya telah teratasi.

5. Mengganti Pipa Kapiler

Cara ini dilakukan jika terjadi kebocoran pipa pada saat proses pengisian ulang gas freon. Maka dari itu, perlu adanya penggantian pada pipa kapiler agar rangkaian proses terkait pendinginan bisa berjalan lagi dengan baik.

6. Mengganti Filter

Penggantian filter harus dilakukan secara hati-hati karena bagian ini tidak terlalu tebal. Filter sendiri pada kulkas berperan penting pada proses penyaringan kotoran yang berpotensi menghambat kebersihan udara pada saluran terkait. Agar nantinya, proses pendinginan pun dapat bekerja secara maksimal.

7. Melakukan Penyegelan pada Pipa Pengisian

Bagian cara ini dilakukan penyegelan di mana tekanan gas freon yang kecil agar tetap terjaga. Selain itu, agar tidak terjadi kerusakan pada tingkatan dingin di freezer yang dapat mempengaruhi proses pendinginan pada bagian terkait.

Dengan mengetahui penyebab serta cara memperbaiki kulkas bocor tertusuk, pengguna dapat lebih bijaksana dan paham lagi dalam penggunaan alat pendingin ini. Tentunya pengguna juga harus memastikan kondisi kulkas tidak tersambung ke aliran listrik ketika masalah itu terjadi.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *