Begini Cara Memperbaiki Kompresor AC yang Rusak dengan Mudah

  • Ahli HVAC
  • Jul 30, 2022

Menggunakan alat elektronik seperti Air Conditioner saat ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang terbaik terutama untuk diletakkan di kamar tidur. Namun, jika ada permasalahan pada bagian kompresornya, maka nantinya alat yang menarik dan menguntungkan ini tidak bisa dipakai dengan semestinya. Kemudian cara memperbaiki kompresor AC yang rusak pun semakin dicari..

Secara garis besar, Air Conditioner memang dibuat dari berbagai aneka komponen yang penting untuk memastikan alatnya berfungsi sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu jenis komponen yang paling penting adalah yang dinamakan dengan kompresor untuk memudahkan angin atau suhu dingin tersebar luas. Namun ketika ada kerusakan komponennya, maka simak caranya di sini:

1. Memeriksa Suara Kompresor

Silahkan mulai tata cara ini dengan melakukan proses pemeriksaan terlebih dahulu pada bagian kompresor tersebut terutama terkait suara yang dikeluarkan. Apalagi tidak dapat dielakkan bahwa suara yang aneh atau terdengar bising menunjukkan seberapa parah kondisi dari kompresor AC yang dipakai. Coba dekatkan telinga pada bagian tersebut dan cek suara bisingnya.

2. Mengecek Aliran Angin

Selain memeriksa bagian suara yang keluar dari bagian yang penting berupa kompresor AC tersebut, ada juga jenis cara penting lainnya. Kali ini, setiap orang juga perlu memeriksa seperti apa aliran angin yang dimiliki dan dikeluarkan oleh AC yang sedang digunakan. Coba cek dengan hati-hati dan lihat juga bagian pipa luarnya.

3. Memeriksa Rembesan Oli

Hal yang selanjutnya bisa dilakukan sebagai bagian dari cara memperbaiki kompresor AC yang rusak adalah melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut. Hanya saja kali ini, proses pemeriksaan yang dimaksud ini adalah dengan melihat apakah sudah ada rembesan oli ke tempat sekitarnya. Jika memang ada, maka sebaiknya segera atasi dengan cara berikutnya.

4. Membongkar Air Conditioner

Selanjutnya, setelah melakukan aneka proses pemeriksaan yang detail dan lengkap seperti sebelumnya, maka lanjutkan dengan mencoba proses pembongkaran AC. Namun bagi yang belum pernah mencoba cara ini sebelumnya, lebih direkomendasikan untuk memanfaatkan bantuan dari orang yang ahli atau berpengalaman. Belum lagi jika diperlukan alat khusus untuk membuka alat tersebut.

5. Mengeluarkan Komponen Kompresor

Jika sudah berhasil melakukan setiap cara memperbaiki kompresor AC yang rusak di atas, maka lanjutkan dengan mengeluarkan setiap komponen AC-nya. Hanya saja, cara yang selanjutnya ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan sehingga mulai dengan mengeluarkan komponen yang paling depan. Setelah itu, letakkan semua komponennya di posisi yang memang aman.

6. Membersihkan Bagian Tertentu

Sementara itu, untuk tata cara yang keenam ini sebenarnya tidak kalah sederhana untuk dipraktekkan langsung tanpa harus menghabiskan waktu lama. Selain itu, setiap orang hanya perlu mengambil dahulu bagian yang khusus seperti bearing bambu yang sudah ada di dalam kompresornya. Kemudian silahkan bersihkan secara langsung dengan zat khusus untuk anti karat.

7. Mengganti Kompresor AC

Terakhir, untuk cara yang bisa dilakukan sebagai solusi yang paling baik dan akhir adalah dengan mencoba mengganti bagian kompresor AC. Hanya saja, jika dibandingkan dengan adanya cara yang sebelumnya, jenis cara ini memerlukan harga lebih karena harus membeli yang baru. Namun sebaiknya beli saja kompresor baru di tempat yang dipercaya.

Penjelasan yang mencoba memberikan solusi berupa cara memperbaiki kompresor AC yang rusak tersebut bisa dimanfaatkan oleh setiap orang dengan mudah. Namun tetap saja, setiap orang perlu melakukan setiap cara yang sudah dijelaskan tersebut dengan teliti agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan. Belum lagi jika beberapa caranya terkadang asing bagi para pemiliknya.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama