Begini Serangkaian Cara Membuang Freon AC Split dengan Benar!

  • Ahli HVAC
  • Apr 01, 2023

Bagaimana cara membuang freon AC split yang benar harus diperhatikan secara teliti agar tidak ada cairan lain yang turut terbuang. Dalam hal ini, freon sama halnya dengan komponen pendukung alat elektronik umumnya yang bisa terkendala.

Ketika ingin mengetahui bagaimana caranya sendiri maka pengguna juga harus tahu seperti apa freon tersebut. Untuk itu agar pengguna tidak lagi bingung, maka berikut akan diberikan uraian perkenalan freon dan cara untuk membuang cairan tersebut.

Mengenal Apa Itu Freon dan Fungsinya

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuang freon AC split maka ada baiknya untuk mengenal apa freon itu sendiri. Karena pada dasarnya seseorang yang menggunakan AC untuk kesejukan ruangan rumahnya memang harus mengetahui apa saja komponen penyusunnya.

Freon sendiri merupakan sebuah cairan utama pada sebuah perangkat AC yang menjadi pertanda apakah AC berjalan dengan baik atau tidak. Sejatinya freon merupakan sebuah gas yang memiliki yang diisikan pada komponen khusus di dalam AC.

Ketika freon masuk ke dalam AC, maka gas tersebut akan diproses sehingga menjadi sedikit berbentuk butiran air yang terasa sejuk. Namun dalam hasilnya nanti isi freon yang dikeluarkan tetap akan berupa udara yang akan menyebar.

Apa saja fungsi utama dari freon memang harus diketahui maka dengan begitu pengguna bisa tahu seperti apa freon yang rusak. Dengan mengetahui fungsi utama itu pula, pengguna dapat mengantisipasi kapan freon harus dibuang dan diganti.

Penggantian ini biasanya dengan melakukan pengisian ulang dengan freon yang baru yang masih ada di dalam tabung khusus. Berikut akan disebutkan apa saja fungsi utama dari freon yaitu sebagai berikut:

  • Gas Pendingin. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika freon memang merupakan gas pendingin yang disebut sebagai kunci utama berjalannya sebuah AC. Itulah mengapa ketika merasa udara sudah tidak lagi dingin maka bisa dianggap ada yang bermasalah pada freon.
  • Penahan Agar AC Tidak Bocor. Freon dengan kemampuan gasnya yang kencang akan menjaga AC agar tidak mengalami kebocoran sehingga masih aman terkendali. Jika pengguna merasakan AC bocor dengan adanya tetesan air pada perangkat tersebut maka freon harus sudah diganti.

Cara Membuang Freon AC Split

Kini pengguna sudah mengetahui seperti apa itu freon dan bagaimana fungsi hingga ciri yang dimunculkan untuk kemudian melakukan penggantian. Dalam prosesnya sudah pasti penggantian harus dimulai dari proses pembuangan freon sisa yang lama di dalamnya.

Karena sebenarnya posisi dari tempat pengisian freon berdekatan dengan tempat pengisian oli sehingga dikhawatirkan juga turut terkena imbasnya. Ketidak telitian dari pembuangan freon bisa saja akan membuat oli juga ikut bocor dan kendala semakin meluas.

Dalam prosesnya agar tidak kebingungan maka berikut adalah cara untuk membuang freon atau gas pendingin untuk AC adalah sebagai berikut:

  • Siapkan peralatan untuk membongkar perangkat mesin pendingin ruangan tersebut.
  • Buka kap AC dan membuka tempat dimana freon dimasukkan.
  • Gunakan media penghubung seperti selang atau botol air mineral untuk mencoba membuangnya. Pastikan jika pembuangan freon langsung berada pada air yang disediakan.
  • Selama melakukan pembuangan tersebut, pastikan pengguna tidak melakukan pergerakan pada beberapa kabel yang ada di sekitarnya.
  • Selesai. Dengan ketelitian melakukan pembuangan freon maka beberapa komponen di sekitarnya tidak akan terpengaruh.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara membuang freon AC split yang baik dan benar agar tidak salah langkah dalam membongkarnya. Kesalahan tersebut patut dihindari karena bisa saja menyebabkan kerusakan pada komponen yang lainnya seperti oli misalnya.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama