Cara Kerja Kompresor AC Mobil - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0

Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Kompresor merupakan bagian terpenting dari semua jenis AC mobil. Dimana, komponen penyusun dari kompresor meliputi, kondensor, evaporator, receiver dryer, dan expansion Valve. Semua komponen tersebut berpengaruh pada pendingin. Berikut ini, cara kerja kompresor AC mobil, yaitu :

1. Mengatur Sirkulasi Sistem Kerja AC

Cara kerja kompresor AC yang pertama, adalah atur terlebih dahulu sirkulasi sistem kerja. Tujuan pengaturan ini adalah, untuk mensinkronkan fungsi freon dan refrigerant agar berjalan maksimal. Sehingga, AC mobil akan memberikan rasa sejuk dan nyaman bagi pengguna.

Selain itu, sistem kerja dari sebuah kompresor terbagi dua. Pertama, berbasis piston dan kedua adalah rotary. Cara kerja dari kompresor juga dapat difungsikan untuk menggerakkan kualitas perputaran secara penuh. Yaitu, dengan cara menekan serta menghisap area freon.

Adapun untuk tipe piston yang digunakan, adalah tipe bolak-balik. Artinya, tipe yang menggunakan bentukan silinder yang bisa di tempatkan pada ujung kompresor. Sehingga, saat terjadi penekanan pada freon, area AC tidak mengalami penghisapan secara tiba-tiba.

2. Kompresor Menghisap Penekanan Gas

Berikutnya, cara kerja kompresor AC mobil yang kedua, adalah melakukan penekanan pada gas. Artinya, bahwa dalam proses kerja kompresor gas akan mengalami penekanan ke tahap rendah. Sehingga, gas akan mengalami perubahan dari berusuhu panas menjadi sangat dingin.

3. Gas Akan Dipompa Menuju Kondensor

Proses kerja dari kondensor yang ketiga, adalah gas yang masuk akan dipompa oleh kondensor. Artinya, yaitu gas dari suhu paling tinggi, akan melewati batas kondensor menjadi lebih tetap. Selanjutnya, terciptalah proses kondensasi yang akan mengubah gas menjadi cair.

Proses jalannya gas diantara kondensor, juga merupakan bentuk reflektif dari kerja AC. Dimana, proses kerja kompresor AC akan berpengaruh pada kandungan freon di dalamnya. Karena itulah, kompresor yang bekerja di AC dapat mengubah hawa panas, walaupun dalam keadaan tertutup.

4. Cairan Dialirkan Menuju Expansion Valve

Cara kerja kompresor AC pada mobil yang keempat adalah, cairan akan dialirkan menuju expansion. Dimana, cairan yang dimaksud tentu saja yang bersuhu tinggi. Dalam hal ini, kompresor akan bekerja dengan sangat baik. Lalu, penyaluran cairan kompresor, akan dibantu oleh sistem Valve didalamnya.

Selanjutnya, sebelum cairan tertampung di dalam expansion, maka cairan terlebih dahulu melewati bagian lainnya. Aliran yang dilewati, yaitu receiver dryer. Fungsi dari komponen ini adalah, menyaring bakteri serta kotoran yang akan masuk ke dalam kompresor.

5. Penyaringan di Receiver Dryer

Proses kelima yang dilalui oleh kompresor AC mobil, adalah melewati tahap penyaringan. Dimana, proses ini adalah pengubahan tekanan, dari suhu tinggi ke rendah. Setelah itu, penyaringan bisa dilakukan menggunakan receiver dryer. Pengubahan yang dilakukan, mempengaruhi struktur gas.

Kondensor yang bekerja pada rangkaian AC, akan bergerak menuju expansion valve. Dalam hal ini, kerja evaporator akan mengubah gas panas menjadi dingin. Serta, pada proses akhir pengubahan gas, akan dibantu blower. Tujuannya agar gas yang terhembus masuk ke area ke bagian mobil.

Akhir dari proses penyaringan kompresor adalah mengubah gas panas menjadi dingin. Pengubahan energi dimulai dari tipe evaporator, lalu dihisap oleh bagian kecil dari kompresor. Dengan demikian, sistem kerja dari sirkulasi freon di AC terus bekerja saat mobil dihidupkan.

Demikianlah informasi akurat dan terpercaya, seputar tentang hal-hal menarik dari cara kerja kompresor AC pada mobil. Semoga, info ini bermanfaat dan memberikan nilai edukasi. Tetap selektif dalam memilih yang terbaik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 5 =