Ketahui Cara Instalasi AC Split, Pilihan Tepat, Cepat dan Hemat

  • Ahli HVAC
  • Mar 23, 2023

AC yang banyak digunakan masyarakat sebagai pendingin ruangan, memerlukan tahap yang tepat untuk melakukan pemasangan atau instalasinya. Cara instalasi AC split bisa diperhatikan pengguna jika tidak memakai jasa teknisi agar mendapatkan hasil yang optimal nantinya.

AC split sendiri merupakan jenis pendingin ruangan yang memiliki dua komponen terpisah atau unitnya berada di tempat berbeda. Bagian tersebut adalah komponen pendingin atau indoor dan komponen pembuang udara panas atau outdoor. Berikut cara pemasangannya:

1. Menentukan Lokasi Pemasangan AC

Penentuan lokasi pemasangan AC perlu diperhatikan pengguna dengan baik. Selain bertujuan agar tidak merusak tampilan ruangan, tetapi juga untuk mengoptimalkan kinerja pendingin itu sendiri serta beragam fungsi lainnya.

Posisi pemasangan AC juga perlu diperhatikan seperti jarak pemasangan dari lantai, langit-langit dan sebagainya. Ada baiknya unit indoor maupun outdoor diletakkan tidak terlalu berjauhan agar memaksimalkan performa AC serta memudahkan perawatannya.

Jadi, penentuan lokasi sangat penting diperhatikan baik untuk meletakkan unit AC indoor maupun outdoor. Tentunya untuk mengantisipasi potensi masalah yang disebabkan jika salah menentukan letak pemasangan.

2. Menyiapkan Perlengkapan Pemasangan AC

Tidak hanya unit AC sebagai komponen utama, tetapi ada perlengkapan pendukung lainnya yang perlu dipersiapkan pengguna dalam pemasangan pendingin tersebut. Perlengkapan keseluruhan yang dibutuhkan tentu saling berkaitan dan membantu melancarkan proses pemasangan AC.

Beberapa perlengkapan pendukung atau peralatan lainnya dalam pemasangan AC antara lain seperti bor, palu, obeng, dynabolt, meteran dan lain-lain.

3. Memastikan Hal-hal Terkait Pemasangan AC

Pengguna juga perlu mematikan hal-hal lain terkait pemasangan AC sebelum pemasangan tersebut dilakukan. Misalnya, dengan memastikan kondisi dinding yang siap dipasangkan unit AC atau bahkan memastikan adanya pelindung unit outdoor untuk pemasangan di lokasi tertentu.

Setelah memastikan juga semua peralatan atau perlengkapannya telah tersedia, barulah pengguna bisa melanjutkan ke tahapan pemasangan unit AC itu sendiri.

4. Melakukan Pemasangan Bracket dan Pembuatan Pipa Instalasi

Baik unit AC indoor maupun outdoor, sebelumnya  harus dilakukan pemasangan Bracket terlebih dahulu. Komponen itu dapat berguna sebagai penyangga unit AC yang nantinya dipasang. Pemasangannya harus dipastikan tepat agar dapat berfungsi kuat menyangga unit AC.

Selain itu, pembuatan jalur pipa instalasi dapat dilakukan dengan melakukan pengeboran pada dinding di dekat Bracket indoor. Nantinya, lubang jalur pipa instalasi tersebut akan terhubung ke unit AC outdoor yang  biasanya terletak di luar ruangan.

5. Memasang Unit AC Indoor

Tahapan terkait cara instalasi AC split selanjutnya tentu adalah memasang unit pendingin tersebut. Terdiri dari unit AC indoor dan outdoor, pemasangannya tentu dilakukan secara terpisah. Meskipun begitu, pemasangan keduanya juga harus dilakukan dengan tepat.

Pemasangan unit indoor dilakukan dengan meletakkannya pada Bracket yang telah terpasang sebelumnya. Pastikan unit indoor tersebut terpasang dengan kencang atau terkunci kuat pada Bracket. Kabel-kabel terkait juga harus dipastikan terpasang dan terhubung dengan benar.

6. Memasang Unit AC Outdoor

Pada pemasangan unit outdoor tidak jauh berbeda. Hanya saja, unit AC ini biasanya terletak di luar ruangan. Pengguna bisa meletakkannya di lokasi yang teduh tidak berpotensi terkena hujan maupun panas yang berlebih.

Hal itu bertujuan agar pembuangan udara panas dapat bekerja maksimal serta meminimalisir potensi kerusakan pada unit AC outdoor jika peletakannya telah sesuai. Nantinya, dapat membantu penggunaan AC sehingga lebih awet atau tahan lama juga.

7. Finishing

Setelah semua komponen AC terpasang dengan tepat, baik unit AC indoor maupun outdoor beserta dengan komponen lain seperti kabel kabel atau pipa terkait, tahap terakhir dari pemasangan AC tersebut adalah finishing.

Pengguna dapat melakukan pengecekan kebocoran, proses pemvakuman serta menjalankan tes penghidupan AC tersebut. Jika semua prosesnya telah dilakukan dengan tepat dan dipastikan tidak ada masalah, unit AC dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna.

Dengan mengetahui tahapan terkait cara instalasi AC split, pengguna dapat melakukan pemasangan tersebut pada perangkat pendinginnya. Namun, jika dirasa tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, sebaiknya menggunakan jasa pemasangan oleh ahlinya.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *